Sejarah Taj Mahal, Monumen Indah yang Menyimpan Kisah Pilu

Taj Mahal merupakan mausoleum yang dibangun Kaisar Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, yakni Mumtaz Mahal. Meski kedudukan Mumtaz Mahal sebagai istri ketiga, tetapi kaisar begitu mencintainya. Karena itulah, kaisar begitu merana ketika Mumtaz Mahal meninggal dunia saat melahirkan anak ke 14, yakni putri Gauhara Begum.

Reidfile - Taj Mahal merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di negara India. Tiap tahunnya, Taj Mahal dikunjungi oleh 7 hingga 8 juta wisatawan dari seluruh dunia. Bagaimana tidak, kemegahan dan keindahannya membuat siapa pun terpikat untuk menginjakkan kaki di sana. Namun, di balik  monumen indah tersebut, tersimpan kisah pilu yang akan terus dikenang sepanjang masa. Lalu, bagaimanakah sejarah Taj Mahal yang menjadi salah satu peraih gelar “7 Keajaiban Dunia Baru” ini? Berikut adalah penjelasannya.

Letak Geografis dan Bangunan Fisik Taj Mahal

Taj Mahal terletak di daerah Agra, Uttar Pradesh India. Taj Mahal diklaim sebagai bangunan tersimetris di dunia. Struktur bangunan utama mempunyai empat sisi yang identik. Selain itu, monumen ini juga mempunyai empat menara yang menjorok keluar untuk mencegah agar jika sewaktu-waktu  menara roboh tidak mengenai bangunan utama. Satu-satunya hal yang tidak simetris dalam monumen ini adalah makam kaisar Shah Jahan, yang memang tidak terdapat dalam rencana awal pembangunan.

Secara keseluruhan, pembangunan monumen ini membutuhkan waktu kurang lebih 22 tahun. Tak hanya menghabiskan banyak waktu, bangunan megah ini juga menghabiskan biaya yang sangat fantastis, yakni 32 juta rupee. Jika biaya tersebut dihitung dengan nilai mata uang sekarang, maka akan menjadi lebih dari 1 triliun rupiah.

Hal tersebut karena kaisar mengunakan marmer putih terbaik yang berasal dari berbagai negara, seperti Afganistan, Rajastan, Tiongkok, dan Tibet. Marmer putih tersebut digunakan untuk membangun kubah, menara, dan tiang. Tidak hanya itu, kaisar juga menghias marmer-marmer tersebut dengan berbagai batu mulia. Terdapat 43 jenis batu mulia, di antaranya adalah berlian, jed, kristal, nilam dan topaz.

Kemewahan lain yang terdapat di dalam mausoleum ini adalah prasasti-prasasti berbentuk kaligrafi indah yang dipasang di dalam maupun di luar bangunan. Kaligrafi terbesar terdapat pada makam Mumtaz Mahal yang berisikan sanjungan terhadap istri kaisar tersebut. Di samping makam ini juga terdapat kaligrafi yang bertuliskan 99 nama Allah.

Keunikan dari monumen Taj Mahal ini adalah perubahan warna bangunan yang disimbolkan sebagai perubahan perasaan yang dialami oleh seorang wanita. Pada waktu pagi, Taj Mahal akan terlihat berwarna merah muda. Pada siang hari, Taj Mahal akan berwarna putih, kemudian berubah menjadi berwarna keemasan di malam hari karena tertimpa sinar rembulan. Perubahan inilah yang kemudian dianalogikan sebagai perubahan suasana hati wanita, dalam hal ini adalah suasana hati Mumtaz Mahal. Setelah dilakukan penelitian, hal tersebut terjadi karena bahan material yang berasal dari marmer putih bisa memantulkan cahaya sehingga terlihat berubah warna dalam waktu tertentu.

Monumen makam yang indah ini pernah mengalami kerusakan sehingga dilakukan renovasi untuk memperbaikinya. Tepatnya pada tahun 1857, di India terjadi sebuah pemberontakan yang mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagian interior bangunan serta taman yang berada di muka monumen. Renovasi pun dilakukan pada abad ke 19 oleh Lord Curzon, yang saat itu menjabat sebagai raja muda. Renovasi yang selesai pada tahun 1908 tersebut tetap mempertahankan struktur dan bentuk bangunan yang asli.

Selain kemegahan monumen yang tersohor di seluruh dunia, sejarah Taj Mahal juga menyimpan mitos menyeramkan di balik proses pembangunannya. Dalam beberapa cerita dikabarkan bahwa sang Kaisar Shah Jahan memotong jari-jari jempol pekerja yang membangun Taj Mahal. Hal tersebut dilakukan agar para pekerja tidak bisa membuat bangunan duplikat Taj Mahal.

Sejarah Taj Mahal

Taj Mahal merupakan mausoleum yang dibangun Kaisar Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, yakni Mumtaz Mahal. Meski kedudukan Mumtaz Mahal sebagai istri ketiga, tetapi kaisar begitu mencintainya. Karena itulah, kaisar begitu merana ketika Mumtaz Mahal meninggal dunia saat melahirkan anak ke 14, yakni putri Gauhara Begum.

Perjalanan cinta kaisar Shah Jahan bermula ketika kaisar sedang berjalan-jalan melewati Meena Bazaar. Di sanalah Shah Jahan melihat Mumtaz Ul Zamani untuk pertama kali, yang saat itu sedang berdagang kain sutra dan manik-manik yang terbuat dari kaca. Mumtaz Ul Zamani adalah cucu dari seorang bangsawan Persia bernama Arjumand Banu Begum. Namun, Shah Jahan tidak bisa mempersunting Mumtaz Ul Zamani saat itu juga, baru lima tahun kemudian tepatnya tahun 1612, Shah Jahan bisa menikah dengan Mumtaz Ul Zamani.

Ketika Shah Jahan diangkat menjadi raja di tahun 1628, Mumtaz Ul Zamani diberi gelar Mumtaz Mahal yang berarti permata di istana. Mumtaz Mahal selalu mendampingi kaisar, baik di istana maupun tenda saat kaisar berperang. Pada tahun 1631, Mumtaz Mahal wafat saat melahirkan anak ke 14. Kaisar berjanji bahwa dirinya akan membangun sebuah makam termegah di atas kuburan Mumtaz Mahal. Beberapa saat kemudian, kaisar memberi perintah kepada arsitek terkenal Mughal, Ahmed Lauhari untuk membangun mausoleum  untuk mengenang Mumtaz Mahal. Ustad Ahmed Lauhari segera mengumpulkan 20.000 pekerja yang terdiri atas tukang kayu, tukang emas, dan seluruh pengukir dari seluruh penjuru dunia.

Setelah kaisar pensiun dan pembangunan Taj Mahal rampung, Shah Jahan dimasukkan ke dalam penjara oleh putranya sendiri. Shah Jahan berada dalam penjara hingga tutup usia. Kemudian Shah Jahan pun di makamkan di sebelah makam Mumtaz Mahal. Hingga saat ini, Taj Mahal diyakini sebagai lambang cinta suci kaisar Shah Jahan kepada Mumtaz Mahal. Seorang permaisuri merupakan bagian penting dalam kehidupan raja sehingga kematian Mumtaz Mahal membuat kaisar begitu berduka.

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Sejarah Taj Mahal, Monumen Indah yang Menyimpan Kisah Pilu
Sejarah Taj Mahal, Monumen Indah yang Menyimpan Kisah Pilu
Taj Mahal merupakan mausoleum yang dibangun Kaisar Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, yakni Mumtaz Mahal. Meski kedudukan Mumtaz Mahal sebagai istri ketiga, tetapi kaisar begitu mencintainya. Karena itulah, kaisar begitu merana ketika Mumtaz Mahal meninggal dunia saat melahirkan anak ke 14, yakni putri Gauhara Begum.
https://2.bp.blogspot.com/-0f889MzCNVo/WeXUPJmAj4I/AAAAAAAAIjE/RKrsSd40zjcTPtdzG-SCgjjpGDttM_CiACLcBGAs/s320/Sejarah%2BTaj%2BMahal%252C%2BMonumen%2BIndah%2Byang%2BMenyimpan%2BKisah%2BPilu.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-0f889MzCNVo/WeXUPJmAj4I/AAAAAAAAIjE/RKrsSd40zjcTPtdzG-SCgjjpGDttM_CiACLcBGAs/s72-c/Sejarah%2BTaj%2BMahal%252C%2BMonumen%2BIndah%2Byang%2BMenyimpan%2BKisah%2BPilu.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/10/sejarah-taj-mahal.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/10/sejarah-taj-mahal.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy