Mengenang Inggit Garnasih, Wanita Hebat Pengantar Soekarno ke Gerbang Kejayaan

Gadis Cantik dari Tanah Sunda, Kisah Cinta Inggit Garnasih Sebelum Bertemu Soekarno, Inggit Garnasih Bertemu Soekarno, Inggit Garnasih Setia Mendampingi Soekarno, Bengkulu, Pengasingan Terakhir Soekarno dan Inggit Garnasih Bersama

Reidfile - Pesona Soekarno yang karismatik membuat siapa pun menghormati dan mengaguminya. Tidak sedikit wanita yang bertekuk lutut di hadapan sosok gagah dan tampan itu. Masyarakat mungkin hanya mengenal sosok Fatmawati, akan tetapi, ada satu nama wanita lagi yang begitu berjasa peranannya dalam hidup Bung Karno bahkan sebelum kehadiran Fatmawati.

Gadis Cantik dari Tanah Sunda

Inggit Garnasih lahir di Banjaran, Bandung, pada tahun 1888 dengan nama Garnasih saja. Nama Inggit merupakan julukan yang diberikan padanya dari lingkungannya yang merujuk pada kata seringgit. Tumbuh menjadi seorang gadis cantik yang berperilaku santun, banyak lelaki yang mengejarnya. Kala itu, mereka beranggapan bahwa mendapat senyum dari seorang Ganarsih ibarat bernilai seringgit. Dari situlah nama Inggit kemudian diberikan sebagai nama depannya.

Kisah Cinta Inggit Garnasih Sebelum Bertemu Soekarno

Menurut cerita, ada seorang pemuda yang memendam rasa kepada Inggit dan balas dicintai oleh gadis cantik tersebut. Namanya Sanusi. Namun suatu hari, tiba-tiba Inggit mendapat kabar bahwa Sanusi akan menikah dengan wanita lain. Tidak terima diperlakukan demikian, alih-alih merengek kepada Sanusi, Inggit lantas menerima pinangan Nataadmadja yang menjabat sebagai Kopral Residen Bandung. Sayang, pernikahan mereka hanya berumur empat tahun dan tanpa kehadiran anak.

Setelah bercerai, Inggit kemudian bertemu kembali dengan Sanusi yang ternyata juga bercerai. Dua insan yang masih memendam cinta itu kemudian memutuskan untuk menikah. Keharmonisan pasangan tersebut rupanya juga tak berlangsung lama. Inggit yang belum juga dikaruniai anak dan Sanusi yang semakin sering keluar malam dan bermain biliar menimbulkan suasana rumah tangga yang kurang menyenangkan.

Inggit Garnasih Bertemu Soekarno

Soekarno pergi ke Bandung untuk mengenyam pendidikan teknik arsitektur di Technische Hoge School (THS) yang kini dikenal dengan ITB. Soekarno yang saat itu sudah beristri Oetari, putri HOS Tjokroaminoto, tinggal indekos di rumah Sanusi. Di sanalah ia bertemu dengan Inggit yang 13 tahun lebih tua darinya.

Aktivis itu terpikat pada Inggit bahkan sejak pertama bertemu. Singkat cerita, setelah menceraikan Oetari dan kembali ke Bandung (hubungan keduanya memang lebih seperti kakak adik dibandingkan suami istri), Soekarno menikahi Inggit. Sanusi yang sejak awal menyadari bahwa Soekarno memendam rasa pada istrinya dengan berbesar hati merelakan Inggit. Lelaki itu percaya bahwa Soekarno mampu memberi kebahagiaan kepada Inggit lebih baik dari yang mampu ia berikan kepada wanita penuh kasih tersebut.

Inggit Garnasih Setia Mendampingi Soekarno

Perjuangan cita-cita kemerdekaan di darah Soekarno terus menggeliat. Ia begitu aktif dalam organiasasi politik dan pergerakannya selalu menimbulkan keresahan bagi pihak kolonial Belanda. Sudah berkali-kali ia menjadi tahanan dan diasingkan dari satu tempat ke tempat lain. Dan di tengah kesusahan dan keadaan yang serba terbatas itu, tak sedetik pun Inggit mengeluh atau berpaling.
Bahkan ketika Soekarno diasingkan ke Ende yang membuatnya begitu frustasi dan nyaris menyerah, Inggit lah yang menguatkannya. Wanita itu yang membuat Soekarno kembali bangkit. Kepada wanita itu pula Soekarno berjanji akan merebut kemerdekaan sehingga ia tak lagi menempatkan Inggit dalam situasi yang menyusahkan dan memberinya kebahagiaan.

Bengkulu, Pengasingan Terakhir Soekarno dan Inggit Garnasih Bersama

Pada tahun 1939 Soekarno diasingkan ke Bengkulu selama empat tahun. Di sinilah awal perpisahan Inggit dan Soekarno. Soekarno bertemu dengan Fatmawati yang kala itu masih berusia 20 tahun dan terpikat pada gadis berparas ayu tersebut. Inggit yang sudah merasa ada sesuatu di antara keduanya kemudian menerima kenyataan pahit. Soekarno ingin memperistri Fatmawati.

Tidak ada niatan Soekarno untuk menceraikan Inggit yang begitu setia dan tulus kepadanya. Namun Inggit tak kuasa untuk dimadu dan memilih untuk dikembalikan saja pada orang tuanya. Keduanya kemudian berpisah dalam keadaan masih saling mencintai pada tahun 1943 tanpa seorang anak.
Demikianlah sepenggal kisah Inggit Garnasih, wanita hebat yang tidak akan tergantikan peranannya dalam hidup Soekarno. Kisahnya mengajarkan kita terutama wanita untuk benar-benar mengerti hakikat ikhlas dan kesetiaan dalam melayani suami, apa pun kondisinya.

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Mengenang Inggit Garnasih, Wanita Hebat Pengantar Soekarno ke Gerbang Kejayaan
Mengenang Inggit Garnasih, Wanita Hebat Pengantar Soekarno ke Gerbang Kejayaan
Gadis Cantik dari Tanah Sunda, Kisah Cinta Inggit Garnasih Sebelum Bertemu Soekarno, Inggit Garnasih Bertemu Soekarno, Inggit Garnasih Setia Mendampingi Soekarno, Bengkulu, Pengasingan Terakhir Soekarno dan Inggit Garnasih Bersama
https://4.bp.blogspot.com/-wL0Lfm2OEg8/WYsOirdIY1I/AAAAAAAAAAw/LkxZmFX-k_gF1VlT6ZkMiptA-twExgywgCLcBGAs/s320/Mengenang%2BInggit%2BGarnasih%252C%2BWanita%2BHebat%2BPengantar%2BSoekarno%2Bke%2BGerbang%2BKejayaan%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-wL0Lfm2OEg8/WYsOirdIY1I/AAAAAAAAAAw/LkxZmFX-k_gF1VlT6ZkMiptA-twExgywgCLcBGAs/s72-c/Mengenang%2BInggit%2BGarnasih%252C%2BWanita%2BHebat%2BPengantar%2BSoekarno%2Bke%2BGerbang%2BKejayaan%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/08/mengenang-inggit-garnasih-wanita-hebat.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/08/mengenang-inggit-garnasih-wanita-hebat.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy