Kilas Balik Kejayaan Konstatinopel

Konstantinopel kini telah berganti nama. Kota para kaisar tersebut saat ini dikenal dengan nama Istanbul. Nama yang merujuk pada pemerintahan Islam, meski sebagian mengartikannya pada makna bahasa Yunani yaitu “ke dalam”.

Reidfile - Inilah kota yang sempat meraih kejayaan pada abad ke-4 sampai ke-13. Kota Konstantinopel mengukir sejarah sebagai benteng pertahanan terkuat di Eropa. Hanya sedikit yang benar-benar menyusuri kisah di balik berdirinya kota Konstantinopel. Namun, cukup banyak yang mengenal kota ini dari peristiwa bersejarah tatkala bangsa Turki berhasil menaklukkannya.

Konstantinopel memiliki ciri khas yang masih dapat diadopsi oleh kota di era modern. Ciri yang tampak dari pondasi kota, sistem pemerintahan, dan tata kota yang kaya akan nuansa seni. Nah, untuk mengenal kota ini dengan lebih baik, berikut ini adalah ulasan mengenai Konstantinopel.

Latar Belakang Berdirinya Kota Konstantinopel

Konstantinopel didirikan oleh seorang kaisar Romawi bernama Konstantinus I. Memiliki julukan Konstantinus yang Agung, kaisar ini memang mempunyai latar belakang militer yang kuat. Kecakapannya dalam memimpin perang membawanya menjadi penguasa wilayah barat dan timur yang dahulu berada di bawah pemerintahan Kaisar Maxentius dan Licinius.

Bermula dari kesadaran Kaisar Konstantinus akan keterbatasan akses Roma sebagai pusat kota. Konstantinus kemudian merasa perlu untuk membangun Roma Baru di atas Byzantium. Kota yang kemudian disebut dengan Konstantinopel. Nama yang merujuk pada makna “kota milik Konstantinus”.

Sebagai pendukung atas konsep reformasi yang diusungnya, Konstantinus membagi kota tersebut menjadi 14 wilayah. Kontantinopel pun dibangun dalam kurun waktu yang terbilang cepat. Hanya 6 tahun. Kota ini kemudian berdiri dan diresmikan pada tahun 330 SM.

Konstantinopel tidak dibangun serapi pendahulunya. Tidak seperti Roma, Konstantinopel belum mempunyai sistem di mana terdapat prefek yang bertugas spesifik dalam menjalankan mandat pemerintahan. Bukan cuma itu, kota ini juga belum dilengkapi dengan pengurus administrasi kota.

Padahal, Konstantinus telah membangun berbagai sarana umum serta fasilitas kota layaknya Roma. Bahkan Kaisar pun mendesak pemindahan karya-karya seni khas Yunani agar segera menghiasi kota. Hal yang menunjukkan bahwa Konstantinus sangat tergesa-gesa dalam membangun kota. 
  
Namun, yang tidak luput dari perhatiannya adalah membangun sistem keamanan kota. Sebagai bentuk pertahanan, Kontantinus membangun sebuah tembok yang mengelilingi kota. Tembok yang berperan penting untuk membentengi Konstantinopel dari serangan bangsa lain. 

Tentu, kekuatan benteng ini sangat didukung oleh kondisi geografis kota. Konstantinopel memang terletak sejajar dengan Tanduk Emas dan Laut Marmara serta berada di lahan perbukitan. Tidak heran bila kota ini, sulit ditaklukkan. 

Pada kurun waktu antara tahun 395 sampai 527 SM, Konstantinopel nyaris dikuasai. Serangan dari kaum Visigoth dalam Perang Adrianopel berhasil mengusik pertahanan kota bersejarah ini. Maka, Theodosius II pun bergerak cepat. Dia menginisiasi pembangunan tembok pertahanan tambahan berjumlah 3 lapis, dengan tinggi yang mencapai 18 m.

Kekayaan Konstantinopel

Konstantinopel memang sejak awal mempunyai beragam kelebihan dibandingkan kota Yunani kuno lainnya. Byzantium konon telah dikenal memiliki segala aspek yang dibutuhkan sebuah pusat kota. Hal ini pula yang menarik perhatian Kaisar Konstantinus untuk membangun Nova Roma di lokasi tersebut.

Bukan sekadar lokasi strategis, Konstantinopel  berada pada jalur perdagangan terbesar di Laut Mediterania Timur. Tepatnya, berada pada titik sirkulasi antara Laut Marmara dengan Laut Hitam. Belum lagi berbicara tentang kekayaan alam serta sistem pertahanan yang mendukung Konstantinopel menjadi kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi serta perkembangan budaya terbesar. 

Kondisi di Masa Kini

Konstantinopel kini telah berganti nama. Kota para kaisar tersebut saat ini dikenal dengan nama Istanbul. Nama yang merujuk pada pemerintahan Islam, meski sebagian mengartikannya pada makna bahasa Yunani yaitu “ke dalam”.

Istanbul tetap kaya dengan kebudayaan dan artifak sejarah. Kota ini pun masih meraih predikat terbesar di Eropa, walau tidak lagi yang terkuat di dunia. Istanbul masih menjadi kota terpadat ke-6 di dunia. Posisinya yang strategis, hingga sekarang tetap memosisikannya sebagai kota yang berjaya. 

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Kilas Balik Kejayaan Konstatinopel
Kilas Balik Kejayaan Konstatinopel
Konstantinopel kini telah berganti nama. Kota para kaisar tersebut saat ini dikenal dengan nama Istanbul. Nama yang merujuk pada pemerintahan Islam, meski sebagian mengartikannya pada makna bahasa Yunani yaitu “ke dalam”.
https://2.bp.blogspot.com/-HDNRpx7RqAQ/WZ75jAG3CpI/AAAAAAAAAEM/APsoOFy5JgMz-LP03sLObb92f9WjpBe7ACLcBGAs/s320/Kilas%2BBalik%2BKejayaan%2BKonstatinopel.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-HDNRpx7RqAQ/WZ75jAG3CpI/AAAAAAAAAEM/APsoOFy5JgMz-LP03sLObb92f9WjpBe7ACLcBGAs/s72-c/Kilas%2BBalik%2BKejayaan%2BKonstatinopel.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/08/kilas-balik-kejayaan-konstatinopel.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/08/kilas-balik-kejayaan-konstatinopel.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy