Fatmawati Soekarno - Kisah Cinta Teratai dari Bengkulu: Perempuan Teguh yang Menolak Dimadu

Adapun dari Fatmawati, Soekarno memiliki lima anak keturunannya sendiri, yakni Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra.

"Bersabarlah. Aku benar-benar mencintaimu. Kulihat dari pancaran sinar matamu, kau juga bersedia menjadi istriku. Bagi dua insan yang saling mencintai, kesabaran ibarat embun kerinduan sekaligus menjadi bukti kematangan iman kita."

Reidfile - Pertemuan pertama. Fatmawati masuk pelataran rumah malu-malu. Di hadapannya nanti, akan muncul tokoh perjuangan Indonesia, yang ia kagumi, Bung Karno. Ia datang bersama ayahnya, Hassan Din dan istrinya, Siti Chadidjah. 

Fatmawati muda yang cantik dan bersemangat membuat Bung Karno langsung jatuh hati. Ia yang datang dengan baju kurung merah hati dan kerudung kuning berbordir, langsung membuat Soekarno terpikat. Padahal, waktu itu Fatmawati masihlah sangat muda, kira-kira seusia dengan anak angkat Soekarno, Ratna Djuami. 

Keinginan Fatmawati yang kuat untuk bersekolah, membuat Hassan Din akhirnya menitipkan Fatmawati kepada Bung Karno. Melalui tokoh karismatik itu, Fat belajar macam-macam, mulai dari bulutangkis, bahasa Inggris, hingga berdiskusi soal filsafat, politik, dan sosial. Tidak disangka, kedekatan keduanya memuncak. Suatu ketika, Soekarno ingin meminangnya.

“Begini Fat (Fatmawati), sebenarnya aku sudah jatuh cinta padamu sejak pertama kali aku bertemu denganmu. Saat itu, kau terlalu muda untuk menerima pernyataan cintaku. Nah, sekarang inilah aku menyatakan cinta padamu, Fat.”

Fatmawati Tidak Mau Dimadu

Fatmawati diam membisu mendengar penuturan Bung Karno. Sungguh, ia tidak pernah menyangka, Bung Karno akan jatuh hati padanya. Fatmawati bingung. Padahal, di saat yang sama barulah ia ingin meminta nasihat soal perjodohannya dengan seorang pemuda. Fatmawati butuh waktu untuk menjawab, sebab menerima atau menolak, keduanya tetap keputusan yang sulit. Fatmawati juga menyukai Soekarno, namun menyakiti hati sesama wanita, jelas bukan pilihan buatnya.
  
Fatmawati memang telah tumbuh menjadi seorang perempuan yang teguh dan kuat. Apalagi, Bung Karno-lah gurunya. Kendati masih berusia 15 tahun, ia sudah mampu diajak berbincang dan berdiskusi perihal filsafat Islam, termasuk pandangan gender dalam Islam. Fatmawati tidak sekadar patuh pada tradisi, termasuk di antaranya: menolak poligami.

Maka ketika Bung Karno menyatakan cintanya pada Fatmawati, ia tidak menerimanya begitu saja. Bagaimanapun, poligami dianggap akan menyakiti kedudukan dan peranan wanita dalam kehidupan sosialnya.

"Aku baru akan menyetujui apabila Bung Karno bercerai baik-baik dengan Ibu Inggit Garnasih. Aku tidak dapat menerima poligami. Aku tak akan dimadu," jawabnya, sebagaimana tertulis di Fatmawati Sukarno, The First Lady (Nugroho : 2010). 

Soekarno tidak menyerah. Setiap hari, ia menulis surat cinta kepada Fatmawati. Sering kali, bahkan diberi gambar berbentuk kumbang dengan bunga. Di sisi lain, Soekarno menginginkan anak dari keturunannya sendiri.

Fatmawati menikah di satu hari bulan Juli 1943. Itu pun diwakilkan, sebab Soekarno harus tetap berada di Jakarta meneruskan gejolak perjuangan. Seusai menikah, Fatmawati menyusul Soekarno ke Jakarta. Itu pun bukan hnya memenuhi kewajibannya sebagai seorang istri, melainkan juga berperan aktif dalam kemerdekaan.

Fatmawati Berjuang untuk Kemerdekaan

Menyandang gelar first lady Republik Indonesia bukanlah perkara mudah baginya. Apalagi ia terlibat langsung dalam sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada satu kasus, ia yang seharusnya masih lemah lantaran kelahiran anak pertama, bahkan dengan rela mengikuti jejak Soekarno di Rengasdengklok, bersama beberapa anggota PETA.

Adapun saat terjadi agresi militer dan Yogyakarta diserang oleh tentara Belanda, presiden serta wakilnya ditawan dan diterbangkan ke Bangka. Sementara itu, Fatmawati, keluarga Hatta, dan beberapa menteri maupun ajudan tetap diizinkan tinggal di Gedung Kepresidenan Yogya sebagai tawanan. 

Meski pasukan Belanda sering mengawasinya, namun ia masih tetap menjalin kontak dengan para pejuang yang bergerilya. Secara sembunyi-sembunyi, ia bahkan membantu mengirim perbekalan para pejuang, baik dalam bentuk makanan, pakaian, hingga beberapa butir pelor yang tidak sengaja ia temukan di halaman rumah! 

Ia pula yang pertama memikirkan tentang arti sebuah bendera bagi kemerdekaan bangsa. Adapun dari Fatmawati, Soekarno memiliki lima anak keturunannya sendiri, yakni Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri,  Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra.

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Biografi,15,Islam,1,Jejak,10,Jelajah,4,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,1,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,48,Terpilih,17,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Fatmawati Soekarno - Kisah Cinta Teratai dari Bengkulu: Perempuan Teguh yang Menolak Dimadu
Fatmawati Soekarno - Kisah Cinta Teratai dari Bengkulu: Perempuan Teguh yang Menolak Dimadu
Adapun dari Fatmawati, Soekarno memiliki lima anak keturunannya sendiri, yakni Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra.
https://1.bp.blogspot.com/-UvYxE07AP4E/WYsKk9mp0cI/AAAAAAAAAAg/VPXdFWFTMbAfPPcbHPOocBfYGW-MsQABACLcBGAs/s320/FATMAWATI%2BSOEKARNO%2B-%2BKisah%2BCinta%2BTeratai%2Bdari%2BBengkulu%2BPerempuan%2BTeguh%2Byang%2BMenolak%2BDimadu%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UvYxE07AP4E/WYsKk9mp0cI/AAAAAAAAAAg/VPXdFWFTMbAfPPcbHPOocBfYGW-MsQABACLcBGAs/s72-c/FATMAWATI%2BSOEKARNO%2B-%2BKisah%2BCinta%2BTeratai%2Bdari%2BBengkulu%2BPerempuan%2BTeguh%2Byang%2BMenolak%2BDimadu%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/08/fatmawati-soekarno-kisah-cinta-teratai.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/08/fatmawati-soekarno-kisah-cinta-teratai.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy