Bung Hatta - Lebih dari Sekadar Bayang-bayang Soekarno

Pendidikan Bung Hatta, Awal Keorganisasian Bung Hatta, Bung Hatta Mulai Berpolitik di Belanda, Bung Hatta Kembali ke Indonesia, Penghargaan - Penghargaan Bung Hatta, Bung Hatta - Lebih dari Sekadar Bayang-bayang Soekarno

Reidfile - Sebagian orang mungkin menganggap Bung Hatta sebagai pendamping Soekarno. Ia hanya dianggap sebagai bayang-bayang yang tak lebih besar dari sosok sang presiden sendiri. Seakan-akan, namanya muncul hanya karena berada d sisi Soekarno yang pada suatu hari Jumat 71 tahun yang lalu itu memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Seakan-akan, tidak ada perjuangan yang dilakukannya sendiri cukup berarti bagi negeri ini.

Padahal, ia juga seorang pahlawan nasional. Pun seorang aktivis dan negarawan yang mencurahkan pikiran, tenaga, dan raganya bagi Indonesia. Berbagai gelar turut disandangkan padanya. Lantas, mengapa masih saja menganggap bahwa sosoknya tak lebih dari bayang-bayang Soekarno?

Putra Bukittinggi

Bung Hatta dilahirkan di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902 dengan nama Muhammad Athar. Ayahnya merupakan keturunan ulama terkenal dan ibunya berasal dari golongan pedagang. Ia memiliki satu saudara kandung, sementara empat saudara perempuan lainnya berasal dari pernikahan ibunya dengan seorang pedagang dari Palembang. Ayah kandungnya meninggal pada saat Bung Hatta baru berumur tujuh bulan.

Pendidikan Bung Hatta

Setelah belajar hanya dalam dua tahun di Sekolah Rakyat dan ELS (sekolah dasar untuk kaum Eropa) di Bukittinggi, Bung Hatta kemudian pindah ke ELS Padang mulai kelas lima sampai tujuh. Ia lalu hendak melanjutkan ke HBS pada tahun 1917 yang hanya ada di Jakarta. Namun karena sang ibu keberatan melepas anaknya yang baru berusia 15 tahun itu, Bung Hatta lalu melanjutkan studi di MULO Padang.

Awal Keorganisasian Bung Hatta

Bung Hatta bergabung ke dalam organisasi Jong Sumatranen Bond dan menjabat sebagai bendahara. Setahun kemudian, ia juga merangkap jabatan seketaris. Sejak saat itulah sikap kritis dan geliat berpolitik Bung Hatta muncul dan terus berkembang, terlebih setelah bertemu dengan sejumlah tokoh seperti Abdoel Moeis dan Haji Agus Salim.

Bung Hatta Mulai Berpolitik di Belanda

Bung Hatta sampai di Rotterdam, Belanda, pada tahun 1902 untuk studi. Ia kemudian bergabung dengan Indische Vereniging yang berganti menjadi Indonesische Vereniging pada 1922. Akibat pengaruh dari tokoh-tokoh Indische Partij, perhimpunan tersebut mulai bergerak ke arah politik dan mengubah lagi namanya menjadi Perhimpunan Indonesia. Kemerdeakaan Indonesia merupakan tujuan politik yang dicita-citakan Perhimpunan Indonesia.

Bung Hatta Kembali ke Indonesia

Pada tahun 1932 Bung Hatta kembali ke Indonesia dan sibuk dengan menulis berbagai artikel politk dan ekonomi serta melakukan kegiatan pollitik melalui kaderisasi anggota Partai Pendidikan Nasional Indonesia. Di saat yang sama, Soekarno diasingkan ke Ende karena gerakan-gerakan yang dilakukannya meresahkan pemerintah kolonial Belanda. Bung Hatta bereaksi keras terhadap perlakuan pemerintah kolonial tersebut dan semakin gencar mempublikasikan tulisannya terkait pengasingan tersebut.

Atas tindakannya tersebut, Bung Hatta bersama pimpinan Partai Pendidikan Nasional Indonesia lalu dibuang ke Digul, sebuah daerah di Papua yang dikelilingi hutan rimba. Setelah itu, ia diasingkan ke Banda Neira sebelum kembali ke Jawa pada masa pendudukan Jepang.

Persiapan Prokalamasi

Bung Hatta bertemu dengan Soekarno setelah masing-masing kembali ke Jawa dari pengasingan di Banda Neira dan Bengkulu. Bersama dengan yang lain mereka lantas mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, mulai dari BPUPKI sampai PPKI. ia diminta Soekarno untuk menyusun teks proklamasi yang singkat. Atas usul Soekarni, naskah proklamasi akhirnya cukup ditandatangani oleh Sokekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Penghargaan - Penghargaan Bung Hatta

Banyak gelar yang diberikan pada Bung Hatta. Ia mendapat gelar sebagai Bapak Koperasi Indonesia karena begitu besar jasanya dalam gerakan koperasi pada Kongres Koperasi Indonesia di Bandung pada 1953. Selain itu, Bung Hatta juga mendapat gelar kehormatan Doctor Honoris Causa dalam ilmu hukum dari UGM dan UI, Doctor Honoris Causa dalam bidang ekonoi dari Universitas Hasanudin, dan sebagai guru besar dalam politik dan perekonomian dari Univesitas Padjadjaran.
Bung Hatta jelas lebih dari sekedar bayang-bayang Soekarno. Sejarah telah mencatatnya sebagai pejuang dan negarawan yang berkontribusi besar terhadap kemerdekaan Indonesia, bahkan sejak sebelum bertemu Soekarno.

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Bung Hatta - Lebih dari Sekadar Bayang-bayang Soekarno
Bung Hatta - Lebih dari Sekadar Bayang-bayang Soekarno
Pendidikan Bung Hatta, Awal Keorganisasian Bung Hatta, Bung Hatta Mulai Berpolitik di Belanda, Bung Hatta Kembali ke Indonesia, Penghargaan - Penghargaan Bung Hatta, Bung Hatta - Lebih dari Sekadar Bayang-bayang Soekarno
https://2.bp.blogspot.com/-oxkxgkA8Ta8/WYsTU8J0z2I/AAAAAAAAABA/QSdeQ7RnHGEwkmJ-5cfUYdOw_34nCuFqACLcBGAs/s320/Bung%2BHatta%2BLebih%2Bdari%2BSekadar%2BBayang-bayang%2BSoekarno%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-oxkxgkA8Ta8/WYsTU8J0z2I/AAAAAAAAABA/QSdeQ7RnHGEwkmJ-5cfUYdOw_34nCuFqACLcBGAs/s72-c/Bung%2BHatta%2BLebih%2Bdari%2BSekadar%2BBayang-bayang%2BSoekarno%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/08/bung-hatta-lebih-dari-sekadar-bayang.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/08/bung-hatta-lebih-dari-sekadar-bayang.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy