Uruk: Kota Kuno yang Legendaris

Kota Uruk terletak di bagian selatan dari wilayah Sumer yang kini dikenal dengan kota Warka. Berlokasi di Irak, Uruk hanya berjarak 250 km dari kota Baghdad. Uruk disebut memiliki luas yang mencapai 4500 hektar.

Reidfile - Pernahkah kamu mendengar tentang kota Uruk? Kota inilah yang diduga menjadi asal mula dari nama Irak. Uruk adalah salah satu kota terpenting dalam peradaban Mesopotamia kuno.

Banyak yang tidak menyadari pentingnya peran kota Uruk terhadap perkembangan kebudayaan Mesopotamia. Bahkan dikatakan bahwa kebudayaan dan aspek religius masyarakat kota Uruk, menjadi alasan mengapa Babilonia dapat berkembang sangat pesat. Babilonia disebut mengadopsi kemampuan arsitektur dan literasinya. Karena memang Uruk adalah kota kuno yang menjadi bagian dari Babilonia.

Letak Kota

Kota Uruk terletak di bagian selatan dari wilayah Sumer yang kini dikenal dengan kota Warka. Berlokasi di Irak, Uruk hanya berjarak 250 km dari kota Baghdad. Uruk disebut memiliki luas yang mencapai 4500 hektar.

Sejarah

Uruk yang merupakan kota yang dibangun oleh Raja Enmerkar pada 4500 SM. Sejarah menyebutkan bahwa Uruk mencapai masa terbaiknya saat berada di bawah pemerintahan Raja Gilgamesh. Raja yang konon populer akan pencariannya untuk menjadi manusia yang abadi.

Wilayah Sumer diduduki oleh bangsa Uruk pada 4100 sampai dengan 2900 SM. Pada periode ini, Uruk menjadi kota yang sangat berpengaruh di seluruh Mesopotamia. Alasannya adalah karena kota ini menjadi pusat perdagangan dengan penduduk kota yang padat.

Kota Uruk terbagi ke dalam 2 distrik, yaitu Eanna dan Anu kuno. Keduanya dinamakan merujuk pada nama dewi dan dewa. Pada kedua distrik tersebut didirikan pula kuil bagi Dewi Eanna serta Anu. 

Kuil yang sangat dipelihara keberadaannya tersebut menunjukkan betapa masyarakat kota sangat religius. Penduduk meyakini bahwa segala aktivitas berkaitan dengan persetujuan para dewa. Hal ini dipercaya bangsa Uruk sebagai alasan mengapa kota ini menjadi sangat berkembang.

Dibangunnya dinding Uruk yang fenomenal bertujuan untuk keamanan sekaligus prestise bagi kota ini. Dinding yang terkenal ini didirikan atas perintah Raja Gilgamesh. Begitu kokohnya, dinding ini masih tetap tegak berdiri hingga kekuasan beralih beberapa kali sampai Lugal-Zage dari Dinasti Lagash berkuasa.

Begitu terpukaunya Lugal-Zage kepada kota Uruk, sampai dia menjadikannya sebagai ibukota pemerintahannya. Era Sargon yang kemudian dimulai pada 2334 SM, menginisiasi renovasi dan pemugaran atas fasilitas kota serta kedua distriknya. Berbeda dari kota lainnya di Mesopotamia yang secara bertahap mengalami kejatuhan, Uruk mampu bertahan. Bahkan tatkala dikuasainya Mesopotamia oleh kaum muslim pada tahun 630 M.

Uruk telah bertahan selama lebih dari 5000 tahun. Maka, tidak heran bila sangat sedikit informasi yang dapat digali mengenai kehidupan kota tersebut. Hal yang disebabkan oleh kurangnya relik peninggalan sejarah yang dapat memaparkan fakta-fakta penting mengenai Uruk.

Peninggalan dan Kebudayaan

Kota Uruk dikenal sebagai asal mula digunakannya tulisan. Bukan hanya itu, kota ini merupakan dasar dari arsitektur bangunan yang indah dan kokoh. Salah satunya adalah awal didirikannya Ziggurat.

Ziggurat adalah menara dengan kuil. Bangunan ini digunakan bangsa Mesopotamia kuno untuk memuja para dewa. Uruk tercatat sebagai kota pertama di dunia yang membangun bangunan semacam ini.

Bentuknya berupa piramida dengan tingkat-tingkat yang dilengkapi dengan tangga. Pada puncaknya terdapat kuil. Di kuil inilah para pendeta berdoa. Ziggurat dikenal juga sebagai piramida Mesir.
  
Uruk juga menjadi kota pertama yang menerapkan segel silinder. Segel ini biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan dokumen penting. Keberadaan segel tersebut diduga adalah petunjuk dimulainya karakter individual dari kehidupan bermasyarakat di sana.

Segel silinder berkembang menjadi barang yang sangat penting. Segel ini sering digunakan sebagai tanda tangan pribadi. Keberadaannya merujuk pada identitas diri berikut reputasi dari pemilik segel.

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Uruk: Kota Kuno yang Legendaris
Uruk: Kota Kuno yang Legendaris
Kota Uruk terletak di bagian selatan dari wilayah Sumer yang kini dikenal dengan kota Warka. Berlokasi di Irak, Uruk hanya berjarak 250 km dari kota Baghdad. Uruk disebut memiliki luas yang mencapai 4500 hektar.
https://2.bp.blogspot.com/-QPM1YjxefU0/WZ7rF67e-8I/AAAAAAAAADU/fkonOgqAN7Ms3ypLczQM-YUOfUNTmlEtwCLcBGAs/s320/Uruk%2BKota%2BKuno%2Byang%2BLegendaris.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-QPM1YjxefU0/WZ7rF67e-8I/AAAAAAAAADU/fkonOgqAN7Ms3ypLczQM-YUOfUNTmlEtwCLcBGAs/s72-c/Uruk%2BKota%2BKuno%2Byang%2BLegendaris.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/08/Uruk-Kota-Kuno-yang-Legendaris.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/08/Uruk-Kota-Kuno-yang-Legendaris.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy