Kota Hangzhou Keindahan Surga di Bumi

Kota Hanzhou mulai dikenal oleh bangsa lain tatkala Marco Polo menapakkan kakinya di sana. Marco Polo kala itu menyebut Hangzhou dengan nama Quinsay (Kinsai)

Reidfile - Surga di bumi. Itulah ungkapan yang sering dilontarkan mereka yang menyaksikan keindahan kota Hangzhou. Kecantikan alamnya membuatnya kerap diabadikan oleh para seniman fotografi dari berbagai benua. Sebenarnya apa yang keistimewaan Hangzhou? Berikut ulasannya.

Letak Kota 

Kota yang terletak di bagian barat laut dari provinsi Zhejiang ini memang berdekatan dengan Sungai Yangtze. Tepatnya berada pada bagian tengah dari selatan delta sungai tersebut. Posisi kota Hangzhou juga tidak jauh dari kota Beijing. Jarak temouh antara keduanya hanya membutuhkan waktu 2 jam.

Sejarah Kota

Kota Hangzhou dahulu adalah sebuah prefektur yang dibentuk pada era Dinasti Sui tahun 581 SM. Saat itu, Hangzhou mulai ramai setelah delta sungai Yangtze selesai dibangun. Kanal Jiangnan—kini  dikenal dengan sebelah selatan dari Grand Canal—memengaruhi perkembangan prefektur Hangzhou menjadi pusat aktivitas masyarakat.

Dinasti pun silih berganti. Hangzhou sempat menjadi ibukota bagi beberapa negara dengan penguasa yang berbeda-beda. Mulai dari periode Shiguo, Song, hingga dinasti Jin (Juchen).

Hanzhou mulai dikenal oleh bangsa lain tatkala Marco Polo menapakkan kakinya di sana. Marco Polo kala itu menyebut Hangzhou dengan nama Quinsay (Kinsai). 

Hangzhou mengalami masa kejayaan pada periode dinasti Ming dan Qing. Saat itu, Hangzhou menjadi pusat pertanian padi terbesar. Bukan cuma itu, kota ini menjadi sentra industri penghasil sutra terbaik di Cina. 

Perkembangan budaya dan seni di kota Hangzhou pun patut diacungi jempol. Kota ini terkenal dengan beragam mahakarya seni. Sebut saja, puisi, lukisan, sampai tulisan kisah-kisah yang sarat makna. 

Kota Hangzhou kemudian mengalami penurunan, tatkala aktivitas pelabuhan beralih ke kota Shanghai. Jarak kedua kota tersebut memang terbilang dekat. Peralihan tersebut cukup memberi dampak penurunan perekonomian kota. 

Seakan belum cukup, Hangzhou sempat hancur ketika jatuh ke tangan pemberontak. Hal ini terjadi pada masa Pemberontakan Taiping tahun 1850-1864. Pada tahun 1896, Hangzhou kembali bangkit. 

Meskipun tidak lagi berperan sebagai pelabuhan utama, Hangzhou tetap mempunyai peran dalam aktivitas perdagangan dalam dan luar negeri. Industri komersil di Hangzhou semakin berkembang saat jalur kereta api dibangun. Tidak tanggung-tanggung, secara bertahap rel kereta api dibuat dengan jalur menuju Shanghai, Ningbo, provinsi Jian Xi, dan terakhir Hunan. 

Hangzhou kembali menjadi pusat aktivitas masyarakat. Khususnya bagi para pengguna kereta api yang hendak menuju kota-kota industri. Kota ini juga menjadi titik awal pembangunan jalan bagi kendaraan bermotor. Sayangnya, Hangzhou sempat jatuh ke tangan Jepang pada tahun 1937 sampai 1945. 

Perkembangan Kota

Hangzhou terus berkembang. Selain tetap menjalankan industri tekstil, Hangzhou juga terkenal dengan beragam industri lain, seperti, industri manufaktur elektronik, serta industri kimia. Hasil tekstil yang terkenal dari kota ini adalah bahan sutra dan katun yang berkualitas tinggi.

Kota ini kian maju dengan dikembangkannya jaringan kereta api dengan penambahan jalur-jalur baru. Hal ini menjadikan Hangzhou sebagai salah satu pusat perekonomian dan ekspor dari Cina. Tercatat hingga abad ke-20, Hangzhou telah memiliki bandara internasional sendiri yang—tentu saja—membuatnya semakin berkembang.

Saat ini, Hangzhou tidak hanya dikenal sebagai kota metropolitan yang sarat akan hasil industri. Namun, keindahan alam dan arsitekturnya membuat Hangzhou menjadi destinasi wisata terkemuka di Cina. Beberapa lokasi yang ternama di Hangzhou adalah Sungai Xi yang bersanding di antara nukit-bukit, Kuil Lingyan, Taman Nasional Xixi Wetland, Kebun Raya Hangzhou, Kebun Binatang Hangzhou, West Lake Cultural Square, Grand Canal, dan masih banyak lagi. 

Hangzhou juga dikenal sebagai pusat pendidikan. Di kota ini terdapat 2 universitas ternama. Universitas Zhejiang dan Universitas Hangzhou. Keduanya dikenal sebagai universitas terbaik dan paling bergengsi di Cina.

Itulah asal dari julukan ‘surga’ yang disematkan pada kota Hangzhou. Keindahan, kekayaan, serta pusat pendidikan yang saling melengkapi. Menjadikan kota ini tempat yang tepat untuk berkunjung dan melepas penat.

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Kota Hangzhou Keindahan Surga di Bumi
Kota Hangzhou Keindahan Surga di Bumi
Kota Hanzhou mulai dikenal oleh bangsa lain tatkala Marco Polo menapakkan kakinya di sana. Marco Polo kala itu menyebut Hangzhou dengan nama Quinsay (Kinsai)
https://3.bp.blogspot.com/-KHhi5lm9B2s/WZ7zFRe8dkI/AAAAAAAAAD8/HuHpbcBFdSklTRLi5LJ6JmKtHB8w8wZOgCLcBGAs/s320/Kota%2BHangzhou%2BKeindahan%2BSurga%2Bdi%2BBumi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-KHhi5lm9B2s/WZ7zFRe8dkI/AAAAAAAAAD8/HuHpbcBFdSklTRLi5LJ6JmKtHB8w8wZOgCLcBGAs/s72-c/Kota%2BHangzhou%2BKeindahan%2BSurga%2Bdi%2BBumi.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/08/Kota-Hangzhou.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/08/Kota-Hangzhou.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy