Kisah Keteladanan Mohammad Natsir

Mohammad Natsir memperoleh ilmu tafsir Alquran, syariat, serta dialektika selama dirinya berada di Bandung. Bukan cuma itu, Natsir juga berguru kepada Ahmad Hassan yang di kemudian hari menjadi tokoh besar dari organisasi Persatuan Islam

Reidfile - Kemerdekaan Indonesia tidak luput dari dukungan para cendekiawan muslim. Salah satunya adalah seorang Mohammad Natsir. Politikus yang terkenal kritis dengan pemikirannya ini menjadi salah satu ikon pejuang tanah air. Meskipun, dia dikenal sangat keras kepala oleh pemerintahan terdahulu.

Kehidupan

Mohammad Natsir adalah pria kelahiran Alahan Panjang, kabupaten Solok, Sumatera Barat. Dia menjalani kehidupan masa kecilnya di sana. Sebelum akhirnya memilih untuk melanjutkan sekolah ke Bandung.

Sedari kecil, Mohammad Natsir telah terbiasa bergaul dengan masyarakat adat di Alahan Panjang. Keluarga Natsir cukup terpandang. Mengingat ayahnya yang memang seorang Ulama sekaligus Pemangku Adat.

Mohammad Natsir dan ketiga saudaranya hidup bersama orang tuanya di rumah seorang saudagar kopi terkemuka. Beliau bernama Sutan Rajo Ameh. Rumah tersebut dibaginya menjadi dua. Bagian kiri ditempati oleh keluarga Sutan Rajo Ameh, sedangkan kanan dihuni oleh keluarga Mohammad Idris Sutan Saripado, ayah Mohammad Natsir.

Mohammad Natsir memperoleh pendidikan yang sangat layak. Dia bersekolah di Sekolah Rakyat Maninjau lalu pindah ke Hollandsch-Inlandsche School (HIS) yang berlokasi di Padang. Tidak hanya itu, dia pun dibekali dengan pendidikan agama yang mumpuni dari Madrasah Diniyah yang diikutinya.

Sejak bersekolah di Meer Uitgebreid Lager Onderwejis (MULO), Mohammad Natsir kemudian mulai mengikuti organisasi kepemudaan. Tidak hanya satu, namun beberapa perhimpunan diikutinya, diantaranya adalah Jong Islamieten Bond. Natsir menjadi lebih matang dalam berorganisasi tatkala dirinya mulai menuntut ilmu di Bandung.

Mohammad Natsir memperoleh ilmu tafsir Alquran, syariat, serta dialektika selama dirinya berada di Bandung. Bukan cuma itu, Natsir juga berguru kepada Ahmad Hassan yang di kemudian hari menjadi tokoh besar dari organisasi Persatuan Islam. Giat dalam belajar agama tidak membuatnya lupa akan pentingnya penguasaan bahasa.

Tidak main-main, Mohammad Natsir mampu berkomunikasi menggunakan 5 bahasa. Tercatat Natsir mampu berbahasa Inggris, Arab, Jerman, Esperanto, Belanda, dan Perancis. Jumlah yang luar biasa dengan segala keterbatasan belajar di zamannya.

Kemampuannya berbahasa Belanda dengan baik, didukung pula dengan keterampilannya bermain musik, mendekatkannya dengan Douwes Dekker. Terlebih pemikiran dan gagasan perihal politik yang juga sejalan. Hal yang mana membuat keduanya semakin akrab.

Terlepas dari segala kiprah dan kelebihannya, Mohammad Natsir terkenal sangat santun. Kesederhanaannya dalam berbusana acapkali mengundang tanya. Bahkan tatkala menerima amanat sebagai seorang perdana menteri, beliau tidak pernah menunjukkan kesan glamor. 

Karier

Pergaulan Mohammad Natsir dengan berbagai tokoh Islam membuat pemikirannya tumbuh dengan matang. Dia pun menjadi ketua Masyumi yang merupakan partai Islam terbesar kala itu.  Bukan cuma itu, Natsir juga ditunjuk sebagai ketua Komite Nasional Indonesia Pusat. Peran yang dilakoninya persis setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Mohammad Natsir kemudian menerima mandat untuk menjadi perdana menteri ke-5 dari Indonesia pada 17 Agustus 1950. Pengetahuannya mengenai politik dan pemerintahan menjadikannya tidak mengalami kesulitan menjalani amanat tersebut.

Namun, banyaknya kritik yang dilayangkannya terhadap Soekarno membuatnya mengalami berbagai masa sulit. Atas sikapnya ini, dia pun dianggap sebagai pembangkang. Terlepas dari itu, karier Mohammad Natsir tetap bersinar.

Mohammad Natsir yang kaya akan pemikiran agama Islam ditunjuk menjadi Presiden Liga Muslim se-Dunia (World Moslem Congress). Dia kemudian juga menjadi ketua Dewan Masjid Dunia. Bahkan, sebagai bentuk pengabdiannya terhadap perkembangan Islam di tanah air, Natsir mendirikan Dewan Dakwah Islamiyah. Organisasi yang hingga detik ini aktif mencetak dan mendidik ulama berkualitas. 

Penghargaan

Terlepas dari segala kontroversi perihal kritiknya terhadap pemerintahan, Mohammad Natsir adalah pribadi yang sangat berjasa. Raja Tunisia bahkan menganugerahkan Nichan Istikhar (Grand Gordon) sebagai bentuk penghargaan atas kontribusinya terhadap kemerdekaan Afrika Utara. Natsir juga mendapatkan Faisal Award dari Raja Fahd dari Arab Saudi. 

Dan masih banyak lagi penghargaan kelas internasional yang diraihnya. Meskipun, namanya baru diabadikan sebagai seorang pahlawan ketika masa pemerintahan B.J. Habibie. Pada masa itulah, Natsir diberikan penghargaan Bintang Republik Indonesia Adipradana.

Mohammad Natsir adalah sosok yang patut ditiru. Pribadi yang giat menuntut ilmu, kritis, dan peduli terhadap sekitarnya. Dialah salah satu contoh cendekiawan dan pejuang Indonesia yang sesungguhnya.

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Kisah Keteladanan Mohammad Natsir
Kisah Keteladanan Mohammad Natsir
Mohammad Natsir memperoleh ilmu tafsir Alquran, syariat, serta dialektika selama dirinya berada di Bandung. Bukan cuma itu, Natsir juga berguru kepada Ahmad Hassan yang di kemudian hari menjadi tokoh besar dari organisasi Persatuan Islam
https://1.bp.blogspot.com/-xBSb_YJ-ER4/WZ7wN7FHAuI/AAAAAAAAADw/nAPt1P2avbwMoHkDz1eOai3eJTh6e0SHACLcBGAs/s320/Kisah%2BKeteladanan%2BMohammad%2BNatsir.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xBSb_YJ-ER4/WZ7wN7FHAuI/AAAAAAAAADw/nAPt1P2avbwMoHkDz1eOai3eJTh6e0SHACLcBGAs/s72-c/Kisah%2BKeteladanan%2BMohammad%2BNatsir.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/08/Kisah-Keteladanan-Mohammad-Natsir.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/08/Kisah-Keteladanan-Mohammad-Natsir.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy