Mengulik Sejarah Olimpiade, Perayaan Olahraga Internasional

Pada olimpiade pertama pada 1896, ada 14 negara yang ikut berpartisipasi. Sebanyak 43 pertandingan dan 241 atlet berlaga di sana

Reidfile - Pesta olahraga terbesar di dunia yang diadakan sekali dalam empat tahun ini memiliki sejarah yang panjang. Pada awalnya, olimpiade hanya diadakan di Yunani Kuno. Namun, pada 393 M pelaksanaannya dihentikan. Olimpiade kembali diadakan pada 1896 atas inisiatif seorang bangsawan Perancis yaitu Pierre Fredy Baron de Coubertin.

Coubertin mendirikan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mengurus pelaksanaan olimpiade modern ini. Athena, ibu kota Yunani, mendapat kehormatan sebagai penyelenggara olimpiade pertama. Indonesia pertama kali mengikuti olimpiade pada 1952 di Finlandia.

Olimpiade Pada Masa Lalu

Bagi bangsa Yunani, olahraga menjadi sebuah ajang untuk melatih ketangkasan dan kesigapan saat bertempur. Olimpiade kuno pertama kali diadakan pada 776 SM. Tujuan pelaksanaan ajang ini adalah sebagai penghormatan kepada Dewa Zeus, dewa tertinggi di Yunani Kuno. Nama olimpiade sendiri diambil dari tempat Zeus bermukim, yaitu Gunung Olimpus. Seperti olimpiade modern, olimpiade kuno ini pun diadakan 4 tahun sekali dan diikuti oleh seluruh olahragawan paling baik di Yunani.

Saat itu, mereka membawa nama perseorangan. Sebelum bertanding, mereka harus berlatih selama 10 bulan. Kini, kita bisa menyaksikan sisa-sisa reruntuhan gelanggang yang pernah digunakan sebagai tempat pertandingan di wilayah Olympia.

Uniknya, dalam masa perhelatan berskala besar ini, sering tercapai perjanjian perdamaian di antara bangsa-bangsa. Ada pula yang melakukan berbagai transaksi seperti jual beli anggur dan makanan. Pertandingan yang diadakan pada ajang olimpiade kuno adalah cabang atletik yang terdiri atas lari, loncat, dan lempar.

Sayangnya, olimpiade kuno ini tidak boleh diikuti atau ditonton oleh perempuan. Para atlet harus bertanding tanpa mengenakan pakaian. Ini adalah sebuah cara untuk menunjukkan kebanggaan terhadap bentuk tubuh mereka yang sempurna.

Sebagai penghargaan terhadap pemenang, hadiah yang diberikan sebagai pengganti medali adalah mahkota yang terbuat dari dedaunan. Mereka juga dibebaskan dari pajak dan memperoleh makanan gratis. Di beberapa kota, para atlet yang berhasil memenangkan pertandingan akan diberikan bonus berupa uang.

Olimpiade Masa Kini

Sebelum Coubertin mendirikan IOC, William Penny Brookes terlebih dahulu telah mendirikan Olimpiade Wenlock di Inggris. Ajang tersebut masih ada hingga  sekarang. Nama lain yang berperan dalam kebangkitan ajang olimpiade adalah Evangelis Zappas. Zappas menawarkan diri untuk membantu pendanaan olimpiade. Terinspirasi dari kedua orang tersebut, Courbertin berhasil menjadikan IOC sebagai awal bangkitnya olimpiade hingga saat ini.

Pada olimpiade pertama pada 1896, ada 14 negara yang ikut berpartisipasi. Sebanyak 43 pertandingan dan 241 atlet berlaga di sana. Meskipun sudah memasuki abad modern, pada olimpiade pertama ini, wanita tetap belum diizinkan untuk ikut karena dianggap tidak tepat, tidak menarik, dan tidak praktis. Keikutsertaan wanita baru dibolehkan pada Olimpiade Paris tahun 1900.

Ada pula yang disebut dengan olimpiade musim dingin, yaitu ajang kompetisi untuk cabang olahraga seperti ice skating. Selain ajang olahraga untuk para atlet yang sehat secara jasmani, kita juga mengenal istilah paralimpiade. Paralimpiade adalah ajang olahraga yang awalnya ditujukan untuk para prajurit yang mengalami keterbatasan fisik akibat Perang Dunia II. Paralimpiade pertama diadakan di Roma pada 1960. Paralimpiade juga dilakukan selama 4 tahun sekali.

Untuk para remaja yang berusia 14-18 tahun, mereka diikutsertakan di ajang olimpiade remaja. Olimpiade Remaja yang pertama diadakan pada 2010 di Singapura. Hingga saat ini, olimpiade masih terus diadakan dan menjadi ajang yang prestisius bagi para atlet. Indonesia pun tetap menunjukkan antusiasme untuk mengirimkan para atletnya terutama di cabang-cabang olahraga andalan.

COMMENTS

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Biografi,9,Islam,1,Jejak,7,Jelajah,1,Komunis,5,Konflik,16,Konspirasi,1,Kota,1,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,45,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Mengulik Sejarah Olimpiade, Perayaan Olahraga Internasional
Mengulik Sejarah Olimpiade, Perayaan Olahraga Internasional
Pada olimpiade pertama pada 1896, ada 14 negara yang ikut berpartisipasi. Sebanyak 43 pertandingan dan 241 atlet berlaga di sana
https://3.bp.blogspot.com/-wKVEJanIhX4/WQIUQ1o6nII/AAAAAAAAHIY/Z24b7jV-Qr0vTmvKILQ69Fb0QWS-VSRwQCLcB/s1600/Mengulik%2BSejarah%2BOlimpiade%252C%2BPerayaan%2BOlahraga%2BInternasional%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wKVEJanIhX4/WQIUQ1o6nII/AAAAAAAAHIY/Z24b7jV-Qr0vTmvKILQ69Fb0QWS-VSRwQCLcB/s72-c/Mengulik%2BSejarah%2BOlimpiade%252C%2BPerayaan%2BOlahraga%2BInternasional%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2017/04/mengulik-sejarah-olimpiade-perayaan.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2017/04/mengulik-sejarah-olimpiade-perayaan.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy