Inilah Sejarah Penemuan Kereta Api

Kereta api adalah salah satu sarana transportasi umum yang tergolong cepat dan praktis. Di Indonesia, kereta api cukup populer meskipun tidak di semua daerah. Bentuk pertama dari kereta api yang kita kenal saat ini adalah kereta uap. Seperti namanya, kereta ini digerakkan oleh uap air yang berasal dari ketel uap. Diperlukan bahan bakar, yaitu kayu bakar, minyak bakar, dan batu bara untuk memanaskan ketel tersebut.

Reidfile - Kereta api adalah salah satu sarana transportasi umum yang tergolong cepat dan praktis. Di Indonesia, kereta api cukup populer meskipun tidak di semua daerah. Bentuk pertama dari kereta api yang kita kenal saat ini adalah kereta uap. Seperti namanya, kereta ini digerakkan oleh uap air yang berasal dari ketel uap. Diperlukan bahan bakar, yaitu kayu bakar, minyak bakar, dan batu bara untuk memanaskan ketel tersebut. Itulah sebabnya kereta uap juga disebut sebagai kereta api.

Perkembangan Awal

Mesin uap pertama disempurnakan oleh James Watt pada 1769. Inilah awal mula ditemukannya transportasi kereta api yang bisa mengangkut beban dalam jumlah yang cukup banyak. Meskipun demikian, kereta dalam bentuk yang lebih sederhana telah digunakan sejak 2000 tahun yang lalu di Mesir Kuno, Babylonia, dan Yunani. Pada saat itu, kereta digerakkan oleh hewan, seperti kuda atau sapi.

Sejarah mencatat, mesin uap pertama mulai dijalankan pada 1804. Pada waktu yang hampir bersamaan, sebuah alat bernama Penydarren diciptakan oleh Richard Trevithick. Penemuan ini disebut-sebut menyita perhatian masyarakat karena kemampuannya. Ini adalah sebuah lokomotif yang mampu membawa 70 orang dan 25 ton beban sekaligus. Pada 1820, kereta api baru digunakan untuk kepentingan komersial.

Ada pula nama George Stephenson yang justru dikenal sebagai penemu kereta api. Suatu saat, George mendapat tugas dari sekolah untuk membuat sebuah mesin yang bisa mengganti kuda untuk menarik kereta. Dari tugas itu, terciptalah mesin yang diberi nama blucher, mesin yang digerakkan oleh uap.

Selain kereta api, rel kereta pun harus dibangun untuk melancarkan jalur transportasi. Jalur kereta api pertama yang dibangun adalah rel antarkota dan terowongan bawah tanah di London. Proyek yang mulai dibangun pada 1983 ini dikenal dengan nama London Underground.

Perkembangan Mesin

Setelah mesin listrik dikenal, kereta uap tampaknya mulai tidak populer. Mesin listrik membuat kualitas kereta api menjadi lebih canggih dan modern. Waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain pun semakin singkat. Selain itu, muncul pula mesin Diesel yang lebih andal daripada lokomotif uap. Kombinasi mesin Diesel dan listrik menciptakan sarana transportasi yang lebih mumpuni.

Kereta bermesin Diesel mulai dioperasikan pertama kali pada 1925. Kelebihan mesin penemuan Rudolft Diesel yang menggantikan lokomotif uap ini adalah berupa tenaga yang lebih besar. Sementara itu, penemuan listrik pun memberi dampak yang cukup besar terhadap perkembangan kereta api. Michael Faraday sebagai penemu listrik berkolaborasi dengan Diesel menciptakan alat transportasi yang lebih efisien.

Selain menggunakan mesin Diesel dan listrik, perkembangan selanjutnya adalah kereta api yang menggunakan magnet. Jenis ini bisa ditemui di Jepang. Kereta yang dikenal dengan nama KA Super Ekspres Shinkanzen ini diciptakan pada 1960-an. Awalnya, kereta ini hanya melayani rute antara Tokyo dan Osaka. Kini, seluruh kota di Jepang sudah bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi Shinkanzen.

Perkembangan di Indonesia

Di Indonesia, kereta pertama dibangun pada 1867, tepatnya di Semarang. Pembangunan ini dilakukan atas perintah Raja Willem I. Kereta ini digunakan untuk keperluan militer dan mengangkut hasil bumi. Jalur kereta api pertama yang dibuat adalah jalur Semarang-Tanggung dengan jarak 26 Km. Setelah itu, Pemerintah Belanda pun mulai membangun sarana transportasi kereta api pada 1876 dari Jakarta hingga Surabaya.

Kini, jika kita ingin melihat dari dekat sejarah perkeretaapian di Indonesia, kita bisa mengunjungi Ambarawa maupun Taman Mini Indonesia Indah. Di sana terdapat museum kereta api yang merekam perubahan yang terjadi di Indonesia, khususnya terkait transportasi kereta api.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Inilah Sejarah Penemuan Kereta Api
Inilah Sejarah Penemuan Kereta Api
Kereta api adalah salah satu sarana transportasi umum yang tergolong cepat dan praktis. Di Indonesia, kereta api cukup populer meskipun tidak di semua daerah. Bentuk pertama dari kereta api yang kita kenal saat ini adalah kereta uap. Seperti namanya, kereta ini digerakkan oleh uap air yang berasal dari ketel uap. Diperlukan bahan bakar, yaitu kayu bakar, minyak bakar, dan batu bara untuk memanaskan ketel tersebut.
https://2.bp.blogspot.com/-p-IkgV90NmM/V_iifj9qOgI/AAAAAAAAGU4/FRtoZHLH0ognE319p7FoJYtCiCR01MYiwCLcB/s320/Inilah%2BSejarah%2BPenemuan%2BKereta%2BApi%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-p-IkgV90NmM/V_iifj9qOgI/AAAAAAAAGU4/FRtoZHLH0ognE319p7FoJYtCiCR01MYiwCLcB/s72-c/Inilah%2BSejarah%2BPenemuan%2BKereta%2BApi%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/10/inilah-sejarah-penemuan-kereta-api.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/10/inilah-sejarah-penemuan-kereta-api.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy