Sutan Sjahrir - Perancang Kemerdekaan yang Terabaikan

Sutan Sjahrir - Perancang Kemerdekaan yang Terabaikan, Sjahrir Kecil dan Masa Remaja, Hijrah ke Belanda Sampai Bertemu Hatta, Proklamasi dan Masa Mempertahankan Kemerdekaan, Sutan Sjahrir, Sutan Sjahrir, Reidfile.com

Reidfile - Nama Sutan Sjahrir memang tercatat dalam buku sejarah, namun gaungnya bisa jadi tak sehebat Soekarno dan Hatta yang memangku jabatan sebagai presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia. Padahal, selain dikenal ahli dalam berdiplomasi sebagaimana yang diceritakan turun temurun, Sjahrir juga pernah menjadi pemangku kekuasaan di Indonesia. Mungkin banyak yang lupa –atau bahkan tidak tahu–bahwa ia adalah perdana menteri pertama Indonesia.

Sjahrir Kecil dan Masa Remaja

Sutan Sjahrir di Padang Panjang, Sumatra Barat, pada tanggal 5 Maret 1909. Ia berasal dari kaum bangsawan Minangkabau Ayahnya bernama Muhamad Rasad dengan gelar Maharajo Sultan dan ibunya bernama Siti Rabiah. Muhammad Rasad sendiri adalah seorang kepala jaksa sekaligus penasihat di Kesultanan Deli.

Lelaki berdarah Minang ini mengenyam pendidikan di level yang bergengsi, yakni ELS yang tidak lain adalah sekolah dasar bagi kaum peranakan Eropa. Ia kemudian melanjutkan ke MULO di kota yang sama, yakni Medan. Setelah lulus dari MULO, Bandung menjadi piilihan Sjahrir melanjutkan studi di AMS (setara dengan SMA) yang paling bergengsi pada tahun 1926.

Sjahrir yang kala itu masih berusia 18 tahun bertemu dengan Soekarno yang sudah berusia 26 tahun. Pertemuan tersebut terjadi ketika Sjahrir bersama teman-temannya mendirikan sebuah klub diskusi politik bernama Patriae Scientiaque. Melalui keaktfannya dalam diskusi tersebut, takdir mempertemukannya dengan Soekarno yang kala itu menjadi pimpinan klub debat di Bandung Technische Hogeschool yang kini bernama ITB.

Selain aktif dalam kegiatan berpolitik, Sjahrir muda juga aktif dalam kegiatan sosial Ia mendirikan sekolah rakyat bernama Tjahja Volksuniversiteit. Sekolah ini ditujukan bagi anak-anak kurang mampu di Bandung agar dapat membaca dan menghitung.

Hijrah ke Belanda Sampai Bertemu Hatta

Sjahrir mendapat kesempatan untuk menempuh pendidikan di bidang hukum di Universitas Amsterdam dan sempat pula di Leiden. Namun ia tidak menyelesaikan studinya karena lebih mementingkan gerakan nyata dibandingkan selembar ijazah dan gelar.

Ketika di Belanda itulah ia bertemu dengan Hatta. Hatta yang kala itu menjabat sebagai ketua Perhimpunan Indonesia segera meminang Sjahrir untuk membantu pergerakan Perhimpunan Indonesia sebagai sekertaris. Organisasi yang bercita-cita Indonesia merdeka ini rupanya tidak berjalan mulus. Sementara sebagian besar anggotanya menginginkan perjuangan kemerdekaan Indonesia ke arah komunis, sebagian sisanya temasuk Sjahrir dan Hatta menginginkan ke arah sosialis. Dua tokoh ini pun kemudian dikeluarkan dari Perhimpunan Indonesia.

Kembali ke Indonesia

Sekembalinya ke Indonesia, Sjahrir semakin gelisah karena rupanya perjuangan kemerdekaan di Indonesia tidak mengalami banyak perubahan. Ia kemudian bergabung dengan PNI yang dipimpin oleh Soekarno. Melalui kongres pada 1932, ia terpilih menjadi ketua PNI Barus setelah Soekarno ditangkap dan diasingkan ke Ende. Setahun kemudian ketika Hatta kembali ke Indonesia, Sjahrir menyerahkan kemudi organisasi kepada Hatta.

Sejak itu perjuangan Sjahrir tidak pernah berhenti untuk kemerdekaan Indonesia. Bersama dengan Hatta ia aktif melakukan pergerakan politik dan menjadi begitu vokal menentang pemerintahan kolonial melalui tulisan-tulisannya. Sjahrir juga turut diasingkan ke Digul dan Banda Neira sebelum akhirnya kembali ke Jawa pada masa pendudukan Jepang.

Proklamasi dan Masa Mempertahankan Kemerdekaan

Setelah Soekarno, Hatta, Sjahir, dan tokoh lainnya kembali berkumpul di Jawa pada 1943, mereka membentuk panitia persiapan kemerdekaan Indonesia. Cita-cita kemerdekaan yang tidak bisa lagi dibantah semakin mengobarkan semangat perjuangan.

Kemampuan berdiplomasi Sjahrir semakin jelas terlihat setelah kemerdekaan. Berbagai usaha untuk mendapat pengakuan internasional dan mempertahankan kemerdekaan ia lakukan melalui jalur diplomasi dengan negara-negara internasional. Sjahrir juga menjabat sebagai perdana menteri pertama pada 14 November 1945 sampai 20 Juni 1947.

Ada banyak pelajaran yang dapat kita petik dari kisah Sjahrir yang sejak muda tidak menyia-nyiakan waktunya hanya untuk bersenang-senang, sekalipun orang tuanya memiliki status dan materi. Sikap visioner dan nasionalis seperti Sjahrir inilah yang seharusnya kita jadikan teladan sebagai generasi penerus bangsa.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Sutan Sjahrir - Perancang Kemerdekaan yang Terabaikan
Sutan Sjahrir - Perancang Kemerdekaan yang Terabaikan
Sutan Sjahrir - Perancang Kemerdekaan yang Terabaikan, Sjahrir Kecil dan Masa Remaja, Hijrah ke Belanda Sampai Bertemu Hatta, Proklamasi dan Masa Mempertahankan Kemerdekaan, Sutan Sjahrir, Sutan Sjahrir, Reidfile.com
https://3.bp.blogspot.com/-qIm4zn4vem8/V8VUMo48KzI/AAAAAAAAFak/yaI9BDkd44U4BROaJI9iB73nhNIJ2UULQCLcB/s320/Sutan%2BSjahrir%2B-%2BPerancang%2BKemerdekaan%2Byang%2BTerabaikan%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-qIm4zn4vem8/V8VUMo48KzI/AAAAAAAAFak/yaI9BDkd44U4BROaJI9iB73nhNIJ2UULQCLcB/s72-c/Sutan%2BSjahrir%2B-%2BPerancang%2BKemerdekaan%2Byang%2BTerabaikan%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/09/sutan-sjahrir-perancang-kemerdekaan.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/09/sutan-sjahrir-perancang-kemerdekaan.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy