Sejarah Singkat Ken Arok dan Ken Dedes

Sejarah Singkat Ken Arok dan Ken Dedes, Ken Arok,Ken Dedes dan Tunggul Ametung, Pertemuan Ken Dedes dan Ken Arok, Menikahi Ken Dedes, Reidfile.com

Reidfile - Kerajaan Singasari adalah sebuah kerajaan Hindu yang terletak di Singasari, Malang, Jawa Timur. Raja Singasari yang terkenal, tebesar, dan sekaligus menjadi raja terakhir Singasari adalah Kertanegara yang bergelar Sri Maharaja Kertanegara. Ia mulai memerintah pada tahun 1268 dan bercita-cita untuk menyatukan seluruh nusantara.

Namun jika berbicara soal Singasari, ada satu nama lagi yang pasti akan diingat. Ia adalah pendiri sekaligus menjadi raja pertama Kerajaan Singasari, yakni Ken Arok. Dan tentu, bicara soal Ken Arok, nama Ken Dedes pasti juga tidak akan terabaikan. Berikut ini adalah kisah Ken Arok dan Kan Dedes yang melegenda.

Ken Arok

Menurut cerita, Ken Arok lahir dari rahim seorang wanita bernama Ken Ndok. Ayahnya sendiri sudah meninggal pada saat ia masih berada di dalam kandungan dan kala itu ibunya direbut oleh raja Kediri. Begitu lahir, bayi Ken Arok dibuang dan ditemukan oleh Lembong yang tak lain adalah seorang pencuri.

Tentu saja Ken Arok tumbuh menjadi pencuri dan berandalan pula. Ia gemar berjudi dan menghabiskan harta orang tuanya dan kemudian diusir. Singkat cerita, suatu hari di daerah Kerajaan Kadiri ia bertemu dengan Lohgawe, seorang brahmana dari India. Maksud kedatangan Lohgawe adalah mencari titisan Wisnu dan ia meyakini bahwa Ken Arok adalah sosok yang dicarinya.

Lohgawe kemudian membawa Ken Arok menemui Tunggul Ametung, seorang akuwu (penguasa seperti camat) Tumapel. Ken Arok kemudian diangkat menjadi pengawal kepercayaan Tunggul Ametung.

Ken Dedes dan Tunggul Ametung

Pada suatu hari Tunggul Ametung singgah ke Desa Panawijen dan di sanalah ia bertemu dengan Ken Dedes. Parasnya yang ayu dan tubuhnya yang molek membuat Tunggul Ametung terpesona. Keinginannya untuk memperistri Ken Dedes begitu kuat. Ketika menyatakan keinginannya untuk membawa pulang Ken Dedes, wanita itu keberatan lantaran ayahnya belum pulang dari bertapa. Ken Dedes adalah putri satu-satunya seorang pendeta Buddha aliran Mahayana, Mpu Purwa.

Akan tetapi Tunggul Ametung tak kuasa untuk bersabar. Dibawanya paksa Ken Dedes kembali ke Tumapel untuk dinikahi. Ketika Mpu Purwa pulang dan mendapati putri satu-satunya diculik, ia marah besar. Sang pendeta lalu mengutuk bahwa siapa pun yang telah menculik Ken Dedes akan mati terbunuh dengan keris dan tidak akan merasakan kenikmatan hidup.

Pertemuan Ken Dedes dan Ken Arok

Tunggul Ametung kembali ke pendopo dan memperkenalkan Ken Dedes sebagai istrinya kepada seluruh penghuni pendopo, termasuk Ken Arok. Kecantikan Ken Dedes juga menarik perhatian Ken Arok, tetapi bukan itu alasan Ken Arok kelak merebut dan memperistri Ken Dedes.

Pada suatu hari ketika Ken Arok membantu Ken Dedes turun dari kereta, kain wanita itu tersingkap. Ken Arok terkesiap melihat pangkal paha Ken Dedes yang bercahaya. Ia lalu bertanya kepada Lohgawe apa arti dari kejadian tersebut. Menurut sang pendeta, memperistri wanita dengan ciri-ciri seperti itu akan menjadi penguasa dan memberikan keturunan raja-raja Jawa. Atas dasar itulah kemudian timbul niat jahat Ken Arok untuk membunuh Tunggul Ametung.

Menikahi Ken Dedes

Ken Arok menikahi Ken Dedes setelah membunuh Tunggul Ametung dengan keris sakti yang dipesannya pada Mpu Gandring. Malam itu, Ken Dedes menyaksikan sendiri bagaimana suaminya dibunuh oleh sang pengawal kepercayaan. Namun entah karena bujuk rayu Ken Arok atau karena sedari awal Ken Dedes juga memiliki perasaan kepada Ken Arok, wanita itu mengiyakan saat Ken Arok memintanya menjadi istri.

Kisah Ken Arok dan Ken Dedes memang memiliki daya tarik tersendiri. Dan seperti yang diramalkan, Ken Dedes memang melahirkan keturunan yang menjadi raja-raja di Jawa, mulai dari Anusapati, Ranggawuni, dan Kertanegara yang merupakan pembesar di Kerajaan Singosari. Selain itu, keturunan Ken Dedes juga sampai hingga pada Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit dan Hayam Wuruk.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Sejarah Singkat Ken Arok dan Ken Dedes
Sejarah Singkat Ken Arok dan Ken Dedes
Sejarah Singkat Ken Arok dan Ken Dedes, Ken Arok,Ken Dedes dan Tunggul Ametung, Pertemuan Ken Dedes dan Ken Arok, Menikahi Ken Dedes, Reidfile.com
https://2.bp.blogspot.com/-QC94RFhCZk0/V8a047HIfsI/AAAAAAAAFa0/wLcUn_WbVlk45t38dvPUjzZ5cbN3hwS3wCLcB/s320/Sejarah%2BSingkat%2BKen%2BArok%2Bdan%2BKen%2BDedes%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-QC94RFhCZk0/V8a047HIfsI/AAAAAAAAFa0/wLcUn_WbVlk45t38dvPUjzZ5cbN3hwS3wCLcB/s72-c/Sejarah%2BSingkat%2BKen%2BArok%2Bdan%2BKen%2BDedes%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/09/sejarah-singkat-ken-arok-dan-ken-dedes.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/09/sejarah-singkat-ken-arok-dan-ken-dedes.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy