Sejarah Londo Ireng - Pasukan Militer Bayaran Belanda dari Afrika

Sejarah Londo Ireng - Pasukan Militer Bayaran Belanda dari Afrika, Prestasi Londo Ireng yang Diakui Belanda, Alasan Perekrutan Londo Ireng, Londo Ireng Pasca Kemerdekaan Indonesia, Reidfile.com

Reidfile - Saat menjajah Indonesia, Belanda tidak hanya menggunakan tentara yang berasal dari negaranya sendiri. Mereka justru lebih banyak merekrut tentara bayaran dari negara Eropa yang menjadi mitranya dalam perdagangan. Oh ya, selain tentara kulit putih yang berasal dari Eropa, Belanda juga tercatat merekrut londo ireng atau tentara dari Afrika yang kisahnya bisa Anda simak di bawah ini.

Alasan Perekrutan Londo Ireng

Belanda merekrut banyak pasukan dari Afrika bukan tanpa alasan. Setelah Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang berlangsung pada tahun 1825-1830, Belanda kehilangan banyak sekali pasukan. Dari 3.000 pasukan yang didatangkan langsung dari Eropa, 2.000 di antaranya meninggal dunia akibat dibunuh pemberontak atau sakit terkena malaria.

Keadaan ini membuat Belanda menjadi gusar karena takut kekuasaanya di dalam Keraton Yogyakarta akan diusik. Akhirnya mereka mengambil keputusan untuk merekrut pasukan yang berasal dari pos militer di Afrika. Pemuda-pemuda lajang dari negara seperti Ghana dipilih lalu dipersiapkan untuk melawan para pemberontak yang masih bertahan pasca penangkapan Pangeran Diponegoro.

Londo Ireng dipilih oleh Belanda karena mereka memiliki ketahanan fisik yang cukup tinggi. Mereka juga akan tahan dengan iklim di Indonesia yang panas dan kebal dengan penyakit tropis seperti malaria. Selain masalah fisik yang lebih unggul, bangsa dari Afrika ini juga memiliki bayaran yang cukup murah. Dibandingkan dengan tentara dari Eropa, bayaran dari tentara Afrika meringankan beban keuangan negara.

Prestasi Londo Ireng yang Diakui Belanda

Londo ireng atau zwarte hollander mulai dikirim secara bertahap ke Indonesia pada tahun 1830-1841. Rata-rata mereka dikontrak selama 12 tahun lalu boleh memperpanjang atau kembali ke negaranya di Afrika. Mereka akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kesepakatan dipotong biaya transportasi dan lain-lain.

Para tentara yang didatangkan ini disebar ke banyak sekali titik di Indonesia. Rata-rata mereka akan ditempatkan ke kawasan rawan konflik seperti di Sumatra, Jawa, dan juga Bali yang telah menjadi incaran Belanda selama bertahun-tahun. Mereka juga akan ikut ekspedisi ke pelosok-pelosok hutan untuk melakukan penyerangan ke suku-suku asli yang berpotensi menggoyahkan kekuatan Belanda.

Salah satu ekspedisi paling sukses dari londo ireng berlangsung di Bali pada tahun 1849. Berkat kegigihan dan semangat pantang menyerahnya, Bali bisa ditaklukkan dengan cepat oleh Belanda. Kemenangan ini semakin mengukuhkan dominasi londo ireng di Indonesia sehingga Belanda tidak segan-segan memberinya penghargaan hingga menaikkan pangkat mereka.

Londo Ireng Pasca Kemerdekaan Indonesia

Jauh sebelum Jepang akhirnya menguasai Indonesia pada tahun 1942, londo ireng sudah banyak yang tinggal di Indonesia. Mereka banyak yang menikah dengan pribumi lalu menetap di Indonesia untuk membangun sebuah keluarga yang harmonis. Mereka tidak ingin kembali ke Afrika karena menganggap cuaca di Indonesia jauh lebih baik dan pekerjaan lebih banyak menghasilkan uang.

Saat Jepang menguasai Indonesia dengan penuh, para tentara kulit hitam ini banyak yang ditangkap. Mereka dipenjara karena dianggap bagian dari Belanda. Setelah dipenjara selama beberapa saat, banyak dari londo ireng ini dikirim ke Belanda agar Indonesia benar-benar bersih dari tentara yang akan mengganggu kekuasaan dari Jepang.

Sisa-sisa peninggalan dari londo ireng di Indonesia sudah mulai habis. Jalan African di Purworejo yang dulu digunakan untuk tinggal sudah dipenuhi oleh orang Jawa. Pun bangunan yang dimiliki para londo ireng sudah berganti tangan dan keturunannya susah untuk dilacak.

Demikianlah sejarah londo ireng tentara Belanda dari Afrika. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat! (*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Sejarah Londo Ireng - Pasukan Militer Bayaran Belanda dari Afrika
Sejarah Londo Ireng - Pasukan Militer Bayaran Belanda dari Afrika
Sejarah Londo Ireng - Pasukan Militer Bayaran Belanda dari Afrika, Prestasi Londo Ireng yang Diakui Belanda, Alasan Perekrutan Londo Ireng, Londo Ireng Pasca Kemerdekaan Indonesia, Reidfile.com
https://3.bp.blogspot.com/-o9mY2M18dz8/V8Jj-IzshLI/AAAAAAAAFYo/yydOcUyygBoneW4VR6zHl9zdsObKuGx1gCLcB/s320/Sejarah%2BLondo%2BIreng%2B-%2BPasukan%2BMiliter%2BBayaran%2BBelanda%2Bdari%2BAfrika%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-o9mY2M18dz8/V8Jj-IzshLI/AAAAAAAAFYo/yydOcUyygBoneW4VR6zHl9zdsObKuGx1gCLcB/s72-c/Sejarah%2BLondo%2BIreng%2B-%2BPasukan%2BMiliter%2BBayaran%2BBelanda%2Bdari%2BAfrika%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/09/sejarah-londo-ireng-pasukan-militer.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/09/sejarah-londo-ireng-pasukan-militer.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy