Photophone: Penemuan Terhebat Graham Bell yang Terlupakan

Photophone: Penemuan Terhebat Graham Bell yang Terlupakan,Awal Mula Komunikasi Optik, Kemunculan Photophone , Cara Kerja Photophone, Photophone Sebagai Cikal Bakal Komunkasi Optik Modern, Photophone, Photophone, reidfile.com

Reidfile - Jauh sebelum maraknya sistem komunikasi optik yang menggunakan fiber optic sebagai media transmisinya, lebih dari seabad lalu Alexander Graham Bell menciptakan sebuah komunikasi optik. Photophone adalah penemuan terhebatnya yang menjadi cikal bakal komunikasi optik modern seperti saat ini.

Awal Mula Komunikasi Optik

Komunikasi optik pada dasarnya adalah komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai pembawa sinyal informasi, apa pun jenis media transmisinya. Komunikasi optik bahkan merupakan jenis komunikasi yang sudah ada sejak zaman primitif, seperti menggunakan asap atau bahkan isyarat tangan tanpa suara. Kala itu, tanpa adanya cahaya yang dihasilkan oleh matahari, mustahil lawan bicara akan melihat asap atau isyarat tangan yang dikirimkan.

Berkembangnya peradaban dan pengetahuan kemudian mencatat sebuah penemuan telegraf optik. Claude Chappe bersama empat saudara laki-lakinya berhasil menggagas dan mendemonstrasikan telegraf optik pada masa revolusi Prancis. Tepatnya pada Mei 1971, Chappe bersaudara sukses mengirimkan sinyal dari satu kota ke kota lainnya di Prancis.

Pada saat itu, secara keseluruhan sistem optik yang digunakan masih terlalu sederhana. Informasi dikirim menggunakan pullen-driven array yang dapat diamati oleh mata telanjang selama ada cahaya. Prinsipnya sama dengan komunikasi menggunakan asap atau isyarat tangan yang hanya akan berhasil jika ada cahaya matahari. Telegraf optik berjaya cukup lama sampai akhirnya muncul telegraf listrik.

Kemunculan Photophone 

Anda tentu mengenal Alexander Graham Bell sebagai tokoh mahsyur penemu telepon listrik. Setelah penemuan telegraf listrik oleh Samuel F. B. Morse menggantikan telegraf optik gagasan Chappe, nama Alexander Graham Bell menggaung lantaran keberhasilannya menciptakan teknologi berkomunikasi baru yang lebih canggih. Di tahun 1876, ilmuwan asal Edinburgh, Skotlandia tersebut menciptakan telepon listrik.

Selayaknya seorang ilmuwan dan pencipta, Bell tidak lantas puas dengan keberhasilannya. Pada sekitar tahun 1880-1881, Bell bersama dengan Charles Summer Tainter selaku asistennya menemukan photophone. Sesuai namanya, photo yang berarti cahaya dan phone yang berarti telepon, Alexander Graham Bell menciptakan mahakarya lain, yakni telepon dengan perantara sinar matahari.

Cara Kerja Photophone

Photophone adalah versi optik telepon listrik yang sudah diciptakan. Sinyal suara dikirimkan menggunakan intensitas cahaya matahari yang sudah terefleksi untuk memodulasi (menumpangkan) sinyal suara. Pada percobaannya, photophone berhasil mengirimkan suara dari satu gedung ke gedung lain yang berjarak sekitar 200 meter.

Dalam sistem photophone, sisi pengirim dilengkapi dengan sebuah diafragma reflektif fleksibel dan cermin. Cermin dihadapkan persis ke arah matahari sehingga menimbulkan pantulan cahaya. Sementara itu sisi penerima dilengkapi oleh sebuh panel sel selenium yang dipasang sejajar dengan cermin di sisi pengirim sehingga pantulan matahari nanti akan lurus diterima. Selain itu, penerima juga dilengkapi dengan baterai dan earphone.

Cara kerja photophone adalah sebagai berikut. Ketika pengirim mengeluarkan suara pada diafragma, pantulan cahaya matahari akan memodulasikan sinyal suara tersebut dan meneruskannya ke sel panel surya yang bertindak seperti sensor cahaya. Sebagaimana cara kerja sensor cahaya, panel surya akan mengubah sinyal optik menjadi sinyal elektrik yang diteruskan pada earphone. Earphone lalu mengubah sinyal elektrik menjadi sinyal suara sehingga informasi yang dikirim dapat didengar.

Photophone Sebagai Cikal Bakal Komunkasi Optik Modern

Kendati photophone tidak sesukses telepon listrik, Alexander Graham Bell sendiri menganggap bahwa photophone adalah penemuan terpentingnya dan bahkan melebihi telepon listrik. Photophone membuktikan bahwa ternyata cahaya pun dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal.

Setelah photophone, tidak ada riset yang cukup berarti sampai seorang mahasiswa kedokteran di Jerman menggunakan cahaya untuk mendapatkan citra dari dalam perut untuk keperluan gastoskopi. Ia menggunakan serat optik sebagai media transmisinya. Sejak saat itu, riset komunikai optik terus berkembang hingga saat ini, termasuk layanan internet yang menggunakan fiber optic sebagai media transmisinya.

Itulah sekilas mengenai photophone, penemuan terhebat Alexander Graham Bell yang mulai terlupakan. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk tetap belajar dan berinovasi.

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Photophone: Penemuan Terhebat Graham Bell yang Terlupakan
Photophone: Penemuan Terhebat Graham Bell yang Terlupakan
Photophone: Penemuan Terhebat Graham Bell yang Terlupakan,Awal Mula Komunikasi Optik, Kemunculan Photophone , Cara Kerja Photophone, Photophone Sebagai Cikal Bakal Komunkasi Optik Modern, Photophone, Photophone, reidfile.com
https://1.bp.blogspot.com/-aetbwgaSgdo/V8TzZ9rts4I/AAAAAAAAFaM/Utty01zUrPscfmp-15_Hdp0n6eotg36qwCLcB/s320/Photophone%2BPenemuan%2BTerhebat%2BGraham%2BBell%2Byang%2BTerlupakan%2B-reidfile.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-aetbwgaSgdo/V8TzZ9rts4I/AAAAAAAAFaM/Utty01zUrPscfmp-15_Hdp0n6eotg36qwCLcB/s72-c/Photophone%2BPenemuan%2BTerhebat%2BGraham%2BBell%2Byang%2BTerlupakan%2B-reidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/09/photophone-penemuan-terhebat-graham.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/09/photophone-penemuan-terhebat-graham.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy