Pembantaian Westerling - Saat Belanda Membunuh Rakyat Indonesia dengan Membabi Buta

Pembantaian Westerling - Saat Belanda Membunuh Rakyat Indonesia dengan Membabi Buta, sejarah Pembantaian Westerling, Metode Pembantaian Westerling, Tuntutan Hukum Pasca Pembantaian Westerling, Reidfile.com

Reidfile - Indonesia telah merdeka secara de facto pada tahun 1945 pasca proklamasi dikumandangkan oleh Soekarno-Hatta. Namun secara de jure, negeri ini masih perlu pengakuan dari negara-negara lain di seluruh dunia. Sebelum pengakuan dunia datang, Belanda dan sekutunya justru datang untuk membuat kekacauan.

Dibantu oleh tentara sekutu, Belanda mulai mengambil lagi apa yang mereka anggap sebagai hak miliknya. Kapal-kapal Belanda mulai mendarat dan menekan kekuatan dari rakyat Indonesia yang tidak mau menerima kedatangan Belanda. Akibat hal ini, pemberontakan terjadi di mana-mana termasuk di kawasan Sulawesi Selatan di mana peristiwa pembantaian Westerling terjadi.

Awal Mula Pembantaian Westerling

Sebelum diberlakukan Agresi Militer I, pasukan Belanda di seluruh negeri mulai kerepotan dengan ulah para pemberontak yang mempertahankan kemerdekaan Indoensia. Mereka melakukan serangan baik langsung atau secara gerilya kepada Belanda meski nyawa menjadi taruhannya. Pertarungan habisan-habisan yang terjadi di kawasan Indonesia membuat beberapa Komandan Pasukan Belanda mengambil langkah tegas dengan melakukan penumpasan terhadap pemberontak.

Di kawasan Sulawesi Selatan yang dipegang oleh Raymond Westerling, insiden penumpasan pemberontak berlangsung mengerikan. Raymond Westerling tidak segan-segan membunuh siapa saja tanpa diadili terlebih dahulu. Dia bisa langsung menembak di  tempat siapa saja yang dicurigai sebagai pemberontak meski kebenarannya perlu dipertanyakan.

Metode Pembantaian Westerling

Raymon Westerling memiliki metode penumpasan pemberontak yang mengerikan. Dia kerap meminta banyak sekali anak buahnya untuk mengumpulkan warga dari suatu desa yang dicurigai lalu membantainya satu persatu. Sebagai contoh, Raymon Westerling pernah melakukan penyisiran pemberontak di Desa Batua. Dibantu dengan 58 orang lain, dia mengumpulkan sekitar 3.000-4.000 warga yang akhirnya dipisah antara kelompok pria dan kelompok wanita serta anak-anak.

Setelah pemisahan ini, Raymon Westerling langsung menggunakan taktik liciknya. Dia meminta pada warga di hadapannya untuk menunjuk siapa saja yang merupakan pemberontak. Mengetahui keadaan yang mengancam, banyak warga akan saling tunjuk agar aman dari hukuman. Orang yang yang ditunjuk ini akan langsung dibantai tanpa pandang bulu apakah penunjukan itu bohong atau tidak.

Untuk memperlancar tindakan Raymond Westerling, Jenderal Spoor yang saat itu mengambil alih Indonesia memberlakukan keadaan darurat atau noodtoestand kepada Sulawesi Selatan. Pemberlakuan ini memberikan keleluasaan pada Raymond Westerling dalam membantai banyak orang tanpa ampun. Bahkan, selama tiga bulan sejak Desember 1946 hingga Februari 1947 sudah ada sekitar 40.000 penduduk yang dibantai dengan mengenaskan.

Tuntutan Hukum Pasca Pembantaian Westerling

Pasca pembantaian yang kejam ini, Raymond Westerling ditarik lagi ke Jawa. Dia dianggap berhasil mengendalikan situasi di Sulawesi Selatan dan menumpas para pemberontak yang menyusahkan. Keberhasilan dari Westerling ini ternyata tidak disambut baik oleh media di Belanda. Banyak yang mengatakan bahwa metode yang dilakukan oleh Westerling sangat mengerikan sehingga perlu diadakan penyelidikan.

Pasca Indonesia mendapatkan pengakuannya secara de jure, Raymond Westerling mulai kehilangan arah. Dia sempat melarikan diri ke Singapura meski akhirnya ditangkap oleh Tentara Inggris. Setelah ditangkap, Pemerintah Indonesia ingin agar dia diekstradisi ke Indonesia. Sayangnya, karena Westerling warga Belanda dia dikembalikan lagi ke negaranya.

Dalam sidang yang dilakukan di Pengadilan Belanda, Raymond Westerling tidak dianggap bersalah. Dia hanya menuruti kemauan dari Jenderal Spoor sehingga seluruh dakwaan tidak bisa dikenakan padanya. Keputusan ini tentu membuat pemerintah Indonesia kesal, tapi keputusan di negeri Belanda tidak bisa diganggu gugat hingga akhirnya Raymond Westeling meninggal pada tahun 1987.

Sepeninggal Raymond Westerling, penyidikan terhadap kasus ini sempat terhenti. Namun pada tahun 2013 lalu, pemerintah Belanda secara resmi meminta maaf untuk peristiwa pembantaian Westerling. Bahkan mereka memberikan kompensasi kepada janda yang suaminya dibunuh sebanyak €20.000.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Pembantaian Westerling - Saat Belanda Membunuh Rakyat Indonesia dengan Membabi Buta
Pembantaian Westerling - Saat Belanda Membunuh Rakyat Indonesia dengan Membabi Buta
Pembantaian Westerling - Saat Belanda Membunuh Rakyat Indonesia dengan Membabi Buta, sejarah Pembantaian Westerling, Metode Pembantaian Westerling, Tuntutan Hukum Pasca Pembantaian Westerling, Reidfile.com
https://4.bp.blogspot.com/-giV0xSkm2Lo/V8Jmt6cZBeI/AAAAAAAAFY0/yrR82V3TYhsrFfC49yqU2eH37OUg5Q9-gCLcB/s320/Pembantaian%2BWesterling%2B-%2BSaat%2BBelanda%2BMembunuh%2BRakyat%2BIndonesia%2Bdengan%2BMembabi%2BButa%2B-%2BReidfile.com.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-giV0xSkm2Lo/V8Jmt6cZBeI/AAAAAAAAFY0/yrR82V3TYhsrFfC49yqU2eH37OUg5Q9-gCLcB/s72-c/Pembantaian%2BWesterling%2B-%2BSaat%2BBelanda%2BMembunuh%2BRakyat%2BIndonesia%2Bdengan%2BMembabi%2BButa%2B-%2BReidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/09/pembantaian-westerling-saat-belanda.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/09/pembantaian-westerling-saat-belanda.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy