Pembangunan Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan - Saat Pribumi Dipaksa Bekerja Sampai Mati

Pembangunan Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan - Saat Pribumi Dipaksa Bekerja Sampai Mati, Motif Pembangunan Jalan Raya Pos, Pemberian Upah dan Pemaksaan Kerja, Pembangunan Jalan di Bawah Tekanan Militer, Korban Pembangunan Jalan Raya Pos, Reidfile.com

Reidfile - Salah satu mahakarya dari Daendels ketika memerintah di Indonesia pada tahun 1808-1811 adalah dibangunnya jalan raya pos dari Anyer hingga Panarukan. Jalan raya ini menghubungkan banyak sekali kota penting sehingga memudahkan Belanda dalam hal komunikasi dan perdagangan. Sayangnya, dalam pembangunan jalan raya ini, pribumi harus dipaksa bekerja dengan keras sehingga kematian bisa terjadi setiap saat. Berikut sejarah pembangunan jalan raya pos Anyer-Panarukan yang mengerikan itu.

Motif Pembangunan Jalan Raya Pos 

Jalan raya pos yang dicanangkan oleh Daendels memiliki panjang lebih dari 1.000 kilometer mementang di pesisir utara Jawa. Jalan ini dibangun untuk memberikan akses mudah bagi bangsa Belanda dalam melakukan komunikasi. Sebelumnya, pengiriman surat dari Batavia (Jakarta) menuju Surabaya memerlukan waktu sekitar 40 hari. Setelah pembangunan jalan ini selesai, pengiriman surat hanya memerlukan waktu 7 hari saja.

Selain digunakan untuk jalur komunikasi pos, jalan ini juga memudahkan Belanda dalam melakukan perdagangan. Jalan ini membantu pengangkutan hasil panen dari penduduk pribumi saat tanam paksa terjadi. Belanda akan dengan mudah menyalurkan hasil panen dari semua daerah ke pusat untuk dijual kembali ke pedagang Tionghoa atau Eropa yang singgah di Batavia atau Surabaya.

Pemberian Upah dan Pemaksaan Kerja

Awalnya, pembangunan jalan raya pos ini dilakukan dengan memberikan upah kepada para pekerja. Mereka akan bekerja dengan keras dengan dibekali peralatan dan disediakan ransum. Pembayaran ini akan dilakukan oleh Belanda kepada Residen lalu dari Residen inilah pembayaran diberikan langsung kepada Bupati yang menguasai daerah tersebut. Dalam catatan sejarah, Belanda melakukan pembayaran dengan tepat waktu. Namun, belum ada catatan yang menunjukkan para Bupati membayarkan upah kepada rakyat yang akhirnya dipaksa bekerja dengan sekuat tenaga.

Seiring dengan berkembangnya waktu, keadaan keuangan dari Belanda semakin menipis. Bahkan mereka mulai defisit anggaran sehingga tidak mampu membayar upah kepada pekerja. Akhirnya, pemerintah Belanda yang kala itu dipimpin oleh Daendels memutuskan untuk menetapkan aturan yang cukup kontroversial. Mereka ingin setiap warga di kawasan pembangunan diberi wajib kerja.

Pemberlakuan wajib kerja ini akan mengurangi biaya untuk upah dan juga ransum. Semua pria yang ada di kawasan itu dipaksa bekerja tanpa diberi makan. Mereka juga akan dihukum dengan berat jika ketahuan beristirahat atau bekerja tidak maksimal.

Pembangunan Jalan di Bawah Tekanan Militer

Pemberlakuan kerja secara paksa tentu membuat beberapa orang menjadi protes. Banyak dari mereka memilih untuk tidak bekerja. Mengetahui keadaan yang semakin tidak menguntungkan ini, Daendels mengirimkan banyak pasukan untuk bekerja di kawasan jalan raya pos. Pasukan militer ini bekerja untuk mengawal pembangunan dan menghukum penduduk yang malas bekerja.

Para pasukan militer ini diberi kewenangan untuk memukul, menyiksa, bahkan membunuh dengan senapan. Walhasil, banyak warga yang ketakutan sehingga mau bekerja dengan keadaan yang sangat mengenaskan. Mereka rela bekerja hingga sakit-sakitan meski akhirnya ditembak dan mayatnya dibuang begitu saja di sekitar area pembangunan jalan raya pos.

Korban Pembangunan Jalan Raya Pos

Sejarah mencatat bahwa pembangunan jalan raya pos dari Anyer ke Panarukan memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Setidaknya ada lebih dari 12.000 penduduk pribumi yang harus menjadi korban. Mereka meninggal dunia karena sakit akibat kelelahan atau dibunuh dengan sangat kejam oleh serdadu yang ditugaskan untuk mengawasi jalannya kerja paksa.

Demikianlah sejarah tentang pembangunan jalan raya pos dari Anyer ke Panarukan (Jalur Pantura). Meski jalan ini memakan banyak sekali korban jiwa, keberadaannya telah terbukti membantu banyak sekali orang hingga sekarang.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Pembangunan Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan - Saat Pribumi Dipaksa Bekerja Sampai Mati
Pembangunan Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan - Saat Pribumi Dipaksa Bekerja Sampai Mati
Pembangunan Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan - Saat Pribumi Dipaksa Bekerja Sampai Mati, Motif Pembangunan Jalan Raya Pos, Pemberian Upah dan Pemaksaan Kerja, Pembangunan Jalan di Bawah Tekanan Militer, Korban Pembangunan Jalan Raya Pos, Reidfile.com
https://1.bp.blogspot.com/-XTLd7ZRYlmE/V8Jg1SwC5VI/AAAAAAAAFYc/JTjv00FzXAoeIVRUqVdN8PAWtHLwcG1XwCLcB/s320/Pembangunan%2BJalan%2BRaya%2BPos%2BAnyer-Panarukan%2B-%2BSaat%2BPribumi%2BDipaksa%2BBekerja%2BSampai%2BMati%2B-%2Breidfile.com.png
https://1.bp.blogspot.com/-XTLd7ZRYlmE/V8Jg1SwC5VI/AAAAAAAAFYc/JTjv00FzXAoeIVRUqVdN8PAWtHLwcG1XwCLcB/s72-c/Pembangunan%2BJalan%2BRaya%2BPos%2BAnyer-Panarukan%2B-%2BSaat%2BPribumi%2BDipaksa%2BBekerja%2BSampai%2BMati%2B-%2Breidfile.com.png
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/09/pembangunan-jalan-raya-pos-anyer.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/09/pembangunan-jalan-raya-pos-anyer.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy