Recep Tayyeb Erdogan - Sang Penakluk Sekulerisme Turki

Inilah teladan. Sosok Erdogan layak untuk diteladani oleh siapapun bahkan mereka yang saat ini duduk menjadi seorang pemimpin. Erdogan memberikan contoh sebagai seorang politisi dan pemimpin yang tidak larut dalam kekuasaan apalagi melupakan identitas keislamannya. Track record nya dalam membela kaum muslimin yang tertindas, terutama di Palestina sudah tidak diragukan lagi.

Reidfile - Inilah wajah baru Turki dengan manajemen politik Recep Tayyeb Erdogan yang menakjubkan. Pemuda yang layak dijuluki “pemuda pemberani” yang juga tercermin dari namanya. Dalam bahasa Turki, “Er” artinay orang yang kuat atau pemberani dan “Dogan” artinya nakan kecil atau pemuda.  Namanya kini menjadi perbincangan hangat di berbagai media. Politikus yang kini menjabat sebagai Presiden Turki ini terkenal berkat sejumlah gebrakannya ketika menjadi Perdana Menteri Turki yang membuat Turki melesat menjadi sebuah kekuatan baru di Eropa, dengan ambisinya yaitu mengembalikan kejayaan Turki, Sang Penakluk sekulerisme Turki.

Sejumlah kebijakan yang dibuatnya banyak membawa kemajuan bagi Negaranya. Langkah-langkah politik luar negerinya banyak mendapat respon positif dari berbagai negara.  Recep Tayyeb Erdoğan kecil dilahirkan pada tanggal 26 Februari 1954 di Istanbul, Turki.  Ia memiliki istri bernama Emine Gülbaran dan memiliki anak berjumlah 4 orang. Ayahnya bernama Ahmed yang merupakan keturunan Batumi Georgia. Ayah Erdogan pindah ke Istanbul sekitar tahun empat puluhan untuk bekerja sebagai penjaga pantai Laut Hitam di Kota Rize.

Masa kecilnya Erdogan dihabiskan di dekat Laut Hitam, ayahnya sendiri seorang pelaut dari Kota Rize. Masa sekolahnya ia habiskan untuk belajar agama di Sekolah Imam Hatib kemudian dari sana ia kemudian memilih untuk melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di jurusan Ekonomi dan Bisnis di Universitas Marmara, Turki. Ia juga sempat menjalani wajib militer, hingga akhirnya menjadi penasehat keuangan di beberapa perusahaan finance.

Hobi Erdogan sendiri adalah bermain bola bahkan ia sempat menjadi seorang pemain sepakbola semi profesional ketika umurnya 16 tahun namun berhenti dan lebih memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan angkutan di Istambul. Meski sedang dalam bel;ajar dan bekerja, ia juga tidak meninggalkan hobi favoritnya itu. Minat dan bakatnya dalam sepak bola pun telah mengantarkan Erdogan kecil hingga dewasa bergabung di tiga klub sepaka bola yang berbeda di Istanbul.

Selama menempuh pendidikan yang berbeda-benda, Erdogan turut serta membantu orang tuanya untuk mencari nafkah. Ia berjualan jus semangka dan lemon di jalan-jalan Kota Istanbul ketika masih sekolah dasar hingga menengah. Erdogan yang mencapai tangka sekolah menengah atas pun masih tetap berjualan kue semolina (yang terkenal di Turki).

Karir politik Recep Tayyeb Erdoğan sendiri dimulai ketika ia mulai bergabung dengan Partai Islam yang bernama Milli Selâmet Partisi, namun partai tersebut bubar sebab terjadi kudeta militer pada tahun 1980 yang mengakibatkan semua partai yang ada di Turki dibubarkan. Setelah stabilitas politik di Turki sudah mulai pulih, kemudian Recep Tayyeb Erdogan menjadi ketua partai kesejahteraan yang didirikan oleh para bekas anggota partai Milli Selâmet Partisi. Sudah mempunyai kendaraan politik kemudian ia mulai mencoba mencalonkan diri sebagai walikota di Istanbul Tengah dan juga sebagai calon Dewan Nasional Agung Turki namun gagal.

Di tahun 1991, Erdogan terpilih sebagai Anggota Parlemen melalui partainya namun posisinya sebagai anggota parlemen di cabut oleh Komisi Pemilihan Pusat Turki. Nama Recep Tayyeb Erdoğan kemudian mulai dikenal luas oleh masyarakat Turki ketika ia berhasil terpilih sebagai walikota Istanbul Raya dan membawa partainya yaitu Partai Kesejahteraan sebagai Partai Terbesar di Turki. Dari situ ia juga menjadi presiden dari Dewan Metropolitan Istanbul Raya.

Keberhasilannya dalam merancang tata kota Istanbul yang nyaman dan modern membuat ia semakin terkenal apalagi ketika ia berhasil memerangi masalah umum di ibukota seperti berhasil mengurangi pengangguran, memberikan air bersih bagi warga Istanbul, pengurangan kadar polusi kota, memerangi prostitusi, pengurangan kadar polusi melalui aksi penanaman ribuan pohon di Istanbul, serta pelarangan minum minuman keras di tempat umum sehingga menjadikan Erdogan semakin populer dimata masyarakat.

Langkah politik Erdogan selanjutnya adalah mendirikan partai AKP (Adalet ve Kalkinma Partisi) atau yang dikenal sebagai Partai Keadilan Pembangunan pada tahun 2001 yang berhaluan islam. Partainya kemudian melesat menjadi salah satu partai terbesar di negara bekas kekhalifahan Ottoman tersebut.

Berjuang Untuk Bangsa, Dunia dan Agama

Kini Turki tumbuh menjadi bangsa yang besar dengan tatanan pemerintahan baru yang religious dan monderat, setelah sekian lama sekulerisme mencengkeramnya. Hadirnya Erdogan menjadikan bangsa ini pun semakin berbenah menjadi lebih baik, serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat.  Namun, di setiap kebaikan pasti diikuti dengan kejahatan. Pun sama, para sekuleris menjadikannya sebagai musuh utama.

Para sekuleris menjuluki Erdogan dengan “Islamis Reaksioner” dan memprovokasi politisi Turki bahwa pandangan Erdogan sangat berbahaya bagi sistem pemerintahan demokrasi sekuler. Tidak hanya itu, bahkan negara-negara yang notabenennya dengan julukan negara islam, mencurigainya sebagai pendukung kebijakan Amerika dan menghapus beberapa dasar keislaman.

Erdogan pun menyebut dirinya sendiri dengan “Pemimpin Religius di Negara Sekuler”, dan memberikan defisi baru tentang faham sekuler, yang salah satu programnya yaitu menjaga keamanan agama dan orang-orang yang menjalankannya bukan memeranginya. Konsep yang dilontarkannya pun akhirnya direalisasikan hingga mencakup ke tingkat regional, nasional bahkan internasional. Tahun 2003 yang juga menjadi waktu tonggak pertamanya menjadi perdana menteri, Erdogan menjalin perdamaian, menebar cinta dengan Armenia dan Azerbaijan serta Iran, Irak dan Syiria. Erdogan juga tidak melupakan suku bangsanya, yaitu Suku Kurdi. Olehnya, Suku Kurdi diperbolehkan untuk berbicara dengan Bahasa Kurdi di forum resmi, bahkan diperkenankan untuk mendirikan stasiun televisi berbahasa Kurdi.

Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya pun menjadikan sebagian besar  negara-negara Arab menghormati Turki. Negara-negara Arab merasa bangga bersaudara dengan Turki, karena di tahun 20013, Erdogan melarang wilayahnya dijadikan pangkalan militer Amerika ketika negera itu akan menyerang Irak.  Tahun 2006, Erdogan juga menolak Israel, negeri Zionis itu melakukan agresi militer ke Lebanon serta mengepung Gaza, Palestina. Ia juga menolak ikut serta dalam latihan perang bersama (Anatolian Eagle Maneuvers) dan memilih membuat sendiri (Anatolian Eagle ) bagi jutaan umat islam dan Arab.

Recep Tayyeb Erdogan menjadi sosok yang memperbaiki citra bangsanya di mata dunia sehingga mereka kembali menghormati Turki. Ialah yang disebut dengan “Sultan Turki Usmani Modern” dengan kebijakan-kebijakannya dalam rangka menghapus hukum-hukum Turki yang bersifat negatif, serta meluruskan fakta-fakta sejarah Turki yang sebenarnya dalam buku-buku sejarah. Hal ini dilakukannya karena pengaruh negara-negara Barat yang melakukan pendistorsian sejarah Turki Ustmani. Pendistorsian sejarah pun semakin tak terkendali ketika Attartuk memiliki keinginan untuk bergabung bersama Barat.

Kini,  turki kembali terkendali dari citra negatif dengan hadirnya Erdogan. Kehadirannya layak untuk diperhitungkan. Erdogan semkain tumbuh menjadi pemimpin yang besar dengan menyatukan kekuatan cinta, kemuliaan dan rasa bangga seluruh umat islam di dunia, meski tengah hidup dalam tantangan demokrasi sekuler. Erdogan pun menjadi lebih istimewa dengan pemimpin-pemimpin Turki lainnya. Mengapa demikian?

Karena laki-laki ini memiliki hidup berbeda. Sejak kecil kehidupan dan pendidikannya pun berbeda. Bahkan sejak berjuang membangun Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), ia pun berbeda dengan pemimpin-pemimpin Turki maupun para pemimpin di Timur Tengah. Cita-cita mega proyeknya menjadi bukti bahwa ia mencintai dunia politik demi kemajuan negaranya, bahkan ia telah mengalami masa-masa sulit, pengejaran bahkan penjara.

Orang-orang yang Berpengaruh dalam Kehidupan Erdogan

Erdogan yang berkembang menjadi sosok pemimpin yang istimewa bagi Turki, tentu memiliki inspirator dan motivator dalam hidupnya. Rasulullah SAW merupakan teladan utama baginya. Sosok idola lainnya, yaitu Necmettin Erbakan (Pemimpin Partai Keselamatan Nasional Islam Turki), yang memberikan pendidikan kepemimpinan kepada Erdogan hingga menunjukknya menjadi pemimpin di bidang kepemudaan di partai tersebut. Pendidikan dan kemampuannya ini selanjutnya mengantarkan Erdogan untuk memimpin Partai Refah saat berumur 35 tahun serta menjadi walikota Istanbul Raya di tahun 1994 M.

Erdogan selalu menghormati Erbakan sebagai gruu sehingga setelah dia keluar dari penjaran para 24Juli 1999, ia menyatakan mundur dari Partai Refah dan mendirikan partai bartu yang bernama Adalet ve Kalkinma Partisi (AKP). Sejak mendirikan partai ini, ia menghindari setiap perkara-perkara yang mencurigakan dan menjadikan islam sebagai ideologinya, sehingga membuat geram kelompok sekuler.

Karakter istimewa Erdogan juga terbentuk dari peran pendidikan kedua orang tuanya yang agamis. Tokoh yang paling berpengaruh lainnya yaitu dua orang penyair muslim bernama Muhammad ‘Akif (wafar 1936) dan Necip Fadlil (wafat 1958) yang mengajarkan banyak syair dan sastra.

Pernikahan Erdogan

Fahmi Jalmouk menulis dalam bukunya tentang biografi Erdogan yang didalamnya membahas tentang kisah penikahan Erdogan dengan Emine, seorang wanita muslimah militant dari Partai Keselamatan Nasional. Kisah ini bermula di thaun 1977, seorang Emine, gadis keturunan Arab dari Kota Sard, Tenggara Anatolia, bermimpi melihat laki-laki yang sedang berpidato di hadapan orang banyak, ia pun takjub padanya. Pada suatu hari, Emine bersama para penulis muslim yang tergabung dalam “Flame Lukselchenlr” melakukan pertemuan dengan Partai Keselamatan Nasional. Dalam pertemuan itu, Emine melihat pemuda yang sama dalam mimpinya, hingga akhirnya diketahui bahwa pemuda itu bernama Recep Tayyeb Erdogan.

Keduanya menikah pada tanggal 4 Juli 1978 dan terus melanjutkan hidup yang penuh cinta dan perjuangan hingga menjadi pejabat pemerintahan di Turki. Kehadiran Emine yang duduk di pemerintahan dengan jilbabnya, juga menimbulkan kemarahan pihak militer dan oposisi sekuler.

Erdogan memiliki 4 orang anak yang bernama Ahmad Buraq, Necmettin Bilal (seperti nama gurunya), Isra’ dan Sumayya.  Kehidupan anak-anaknya pun diliputi darah perjuangan, bagaimana tidak, masing-masng dari mereka merasakan banyak goncangan dan intimidasi, misalnya  Necmettin Bilal yang hampir terbunuh dalam rencana pembunuhan organisasi ekstrim sayap kiri ketika ia menjadi saksi pernikahan putri Perdana Mnteri Italia, Silvio Berlusconi. Putri Erdogan yang bernama Sumayya, juga terpakasa melanjutka studi di Amerika karena 8 tahun silam, negara yang dipimpin ayahnya itu melarang kaum muslimah untuk berjilbab di sekolah atau perguruan tinggi. Sepertinya di Indonesia juga masih ada yang seperti itu.^^

Keberhasilan Erdogan

Erdogan yang sangat sekat dengan orang-orang disekitarnya terutama rakyatnya, menjadikan dirinya begitu dicintai. Rakyat merasa merindukan sosok yang berbeda dalam kehidupan mereka. Rakyat sangat mencintainya, karena beberapa hal di antaranya;
  1. Erdogan memiliki watak lembut dan antusias, sehingga tak heran nama “Teyyeb” yan berarti baik layak digelarnya. Ia sangat supel dalam bergaul. Dengan perawakan tinggi ideal serta memiliki suar yang keras tidak menutup ketertarikan orang lain kepadanya karena ia tidak hanya pembicara yang handal namun seorang pendengar yang baik.
  2. Erdogan sangat menghormati orang-orang yang lebih tua. Ia tidak ragu untuk mencium tangan orang-orang mulia serta para tamu ketika menjadi tuan rumah dalam kegiatan keislaman, sehingga tidak heran jika ia memperoleh penghargaan  dari pemuka islam di seluruh dunia.
  3. Erdogan menjadi orang pertama yang memberikan kepercayaan kepada penyandang tuna netra untuk duduk di parlemen. Bahkan, Erdogan memberikan fasilitas dan layanan istimewa bagi orang-orang cacat.
  4. Erdogan merupakan sosok pemberani, terbukti ia berani menolak konspirasi proyek yang terjadi di walikota dan memberikan kesempatan proyek tersebut kepada orang lain. Ia juga pernah mengeksekusi villa tokok terpandang yaitu mantan presiden Thurgut Ozal yang tidak sesuai dengan UU.
  5. Erdogan menegakkan hukum, keadilan dan persamaan tanpa memandang hubungan apapun termasuk hubungan kekeluargaan. Pernyataan ini pun terbukti dengan tetap dijalankannya hukuman bagi keponakan Erdogan yang terlibat dalam perdagangan narkoba tahun 2010.
  6. Erdogan tidak merasa minder dengan sedikit pengetahuannya, sehingga ia menginisias dengan mengumpulkan para professor dari berbagai bidang untuk membantunya menyelesaikan banyak program.
  7. Erdogan tidak ragu dengan keputusan-keputusan besar, khususnya dalam rangka menjalankan perintah Allah. Tak tanggung-tanggung, Erdogan memilih mengirimkan puterinya untuk melanjutkan studi di luar negeri supaya bisa menggunakan jilbab  Tidak sampai disitu, ketika ia bersama istrinya menunaikan iabdah haji, seluruh media menghujatnya, menyerangnya hingga dijuluki sebagai Presiden Haji.
  8. Erdogan tidak pernah ketinggalan ikut takziyah atau berbelasungkawa kepada orang Turki dan keluarganyaa, bahkan tak jarang ikut serta ke pemakaman. Ia juga selalu memenuhi undangan para pemuda. 
Dari hari ke hari, Erdogan merasa dimiliki oleh rakyat bukan elit politik yang hanya mementingkan organisasi dan berbicara tentang hal-hal yang tidak dipahami oleh masyarakat. dia menjadi sangat dekat dengan rakyat bahkan sejak tahun 2006, rakyat bebas berbicara dengan perdana menteri melalu telepon bebas pulsa untuk mengajukan saran, kritik serta keluhan.

Jika masyarakat sudah mencintai para pemimpin mereka, maka akan turut disanjung pula. Demikian pula yang terjadi di Turki pada beberapa tahun terakhir, bahkan menurut catatan sipil yang mencatat kelahiran (disebutkan dalam koran Yeni Syafaq pada tanggal 03 September 2009), bahwa 77 orang menggunakan nama Recep Tayyeb Erdogan untuk anak-anaknya. Jumlaha nama tambahan dengan Recep Tayyeb menacapai 2150 orang. Dari data statistik tahun sebelumnya, 2005-2005 menyebutkan bahwa ada 403 keluarga juga menyebut anak-anak mereka dengan Recep Tayyeb. Maha Suci Allah.

Inilah teladan. Sosok Erdogan layak untuk diteladani oleh siapapun bahkan mereka yang saat ini duduk menjadi seorang pemimpin. Erdogan memberikan contoh sebagai seorang politisi dan pemimpin yang tidak larut dalam kekuasaan apalagi melupakan identitas keislamannya. Track record nya dalam membela kaum muslimin yang tertindas, terutama di Palestina sudah tidak diragukan lagi. Bagi Erdogan, ketika kekuasaan sudah di tangan, maka tidak ada alasan untuk tidak berkhidmat pada bangsa dan negara. Barakallahu... (Sandy Kun)



COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Recep Tayyeb Erdogan - Sang Penakluk Sekulerisme Turki
Recep Tayyeb Erdogan - Sang Penakluk Sekulerisme Turki
Inilah teladan. Sosok Erdogan layak untuk diteladani oleh siapapun bahkan mereka yang saat ini duduk menjadi seorang pemimpin. Erdogan memberikan contoh sebagai seorang politisi dan pemimpin yang tidak larut dalam kekuasaan apalagi melupakan identitas keislamannya. Track record nya dalam membela kaum muslimin yang tertindas, terutama di Palestina sudah tidak diragukan lagi.
https://3.bp.blogspot.com/-0uetd-Yj9pE/V6q0CEiD6dI/AAAAAAAAFU4/tgMq9CRN6D4Ee_PO8WgyJiqiuqE7htFyACLcB/s320/Recep%2BTayyeb%2BErdogan%2B-%2BSang%2BPenakluk%2BSekulerisme%2BTurki%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-0uetd-Yj9pE/V6q0CEiD6dI/AAAAAAAAFU4/tgMq9CRN6D4Ee_PO8WgyJiqiuqE7htFyACLcB/s72-c/Recep%2BTayyeb%2BErdogan%2B-%2BSang%2BPenakluk%2BSekulerisme%2BTurki%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/08/recep-tayyeb-erdogan-sang-penakluk_9.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/08/recep-tayyeb-erdogan-sang-penakluk_9.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy