Komunisme Internasional - Perjuangan Tanpa Pencapaian Gemilang (Sejarah Perkembangan Komunisme Bagian 2)

Dalam rangka menyamakan persepsi dan semakin mengukuhkan kedudukan komunisme di dunia Internasional, pada tahun 1864, Internationale menyelenggarakan kongresnya yang pertama di London dengan nama Internationale I

Reidfile - Komunisme tumbuh subur setelah Internationale/Komitern menyatukan pandangannya melalui serangkaian kongres international yang bertugas mengordinasi kegiatan komunis di seluruh dunia. Eropa Timur menjadi basis awal perluasan dan Rusia menjadi mesin penggerak yang berhasil menanamkan ideologi tersebut ke berbagai benua. Sejarah mencatat satu persatu kekuatan komunisme runtuh akibat pergolakan yang diciptakannya sendiri dan idealisme ini  tidak pernah mencapai kesuksesan gemilang hingga saat ini.

Penyebaran Ideologi Komunis di Dunia

Sebelum menjadi sebuah Ideologi, cita-cita mencapai kesetaraan kelas yang digaungkan oleh teori Marxis mulai dirintis oleh para tokoh-tokoh revolusioner di berbagai negara. Mereka kemudian membentuk sebuah wadah yang disebut Internationale untuk menaungi dan menjadi kanal bagi penyampaian cita-cita komunis ke seluruh dunia.

Internationale I

Dalam rangka menyamakan persepsi dan semakin mengukuhkan kedudukan komunisme di dunia Internasional, pada tahun 1864, Internationale menyelenggarakan kongresnya yang pertama di London dengan nama Internationale I.

Dalam kongres tersebut ditekankan bahwa kaum komunis tidak perlu lagi menyembunyikan pendapatnya dan harus mengumumkan secara terbuka bahwa tujuan mereka hanya dapat dicapai dengan merobohkan tatanan masyarakat melalui jalan kekerasan. Para buruh juga diajak untuk bersatu agar para penguasa merasa gentar dengan revolusi mereka.

Upaya menyamakan persepsi ini ternyata tidak cukup berhasil, karena setelahnya perbedaan aliran sosialisme masih tumbuh. Pada umumnya perbedaan tersebut berkisar pada cara bertindak dalam menyampaikan tujuan. Ada kelompok yang menjalankannya dengan cara Diktator Proletariat dan ada pula yang menguasai pemerintahan secara damai melalui perjuangan parlementer. Hal ini menyebabkan dibubarkannya Internationale I pada tahun 1876.

Internationale II

Pada tahun 1887 Internationale II pun dibentuk di Paris. Dari kongres ini lahirlah aliran Berntein yang berpendapat bahwa untuk memperbaiki nasib buruh atau untuk merubah keadaan, tidaklah harus dilakukan dengan pertentangan kelas 100%. Ajaran ini dianggap lebih mendekati realistis dan tidak terlalu dogmatis.

Pada tahun 1912 diadakan kongres di Bazel untuk menghadapi Perang Dunia I. Dalam kongres ini dinyatakan bahwa jika perang terjadi, maka kaum buruh harus melakukan perlawanan dan perombakan susunan masyarakat di negara masing-masing.

Namun dalam kenyataannya, hanya Rusia dan beberapa wilayah di Jerman saja yang melakukan hal tersebut, selebihnya mengutamakan kepentingan bangsanya masing-masing.

Internationale III

Pada tahun 1917 terjadi Revolusi Bolshevik di Rusia yang berhasil menggulingkan kekuasaan Tsar. Revolusi ini dianggap sebagai kemenangan besar bagi kelompok komunis, khususnya kaum Marxisme-Leninisme.

Setelahnya, ideologi komunis pun mulai resmi diterapkan secara internasional dan Moskow dijadikan sebagai pusat kegiatan komunis dunia.

Internationale atau yang disebut sebagai Komintern kemudian menyelenggarakan kongres  Internationale III dan mengukuhkan pandangan bahwa masyarakat sosial tidak mungkin terwujud melalui perjuangan parlementer, melainkan melalui perebutan kekuasaan secara Diktator Proletariat.

Doktrin inilah yang kemudian berkembang dan menjadi dasar berbagai revolusi komunis di berbagai belahan dunia

Mencari Celah di Tengah Ketidakstabilan Politik Negara Lain 

Walaupun sudah dideklarasikan secara resmi di banyak negara, komunisme masih dijalankan dalam bentuk gerakan-gerakan bawah tanah. Komintern belum bisa masuk terlalu banyak karena saat itu komunisme belum dapat menarik simpati dan meyakinkan banyak pihak.

Dan untuk mendapatkan  simpati, Komintern pun memberikan dukungan kepada gerakan-gerakan revolusi yang meletus di berbagai negara, walau tidak ada sangkut pautnya dengan komunis sekali pun.

Dari tahun 1918-1927 Komintern ikut mendukung gerakan revolusi dan mendapatkan simpati di negara-negara seperti, Jerman, Austria, Hongaria, Bulgaria, Turki, Marokko, Syria, dan Korea.

Komintern juga berupaya menyusupkan ideologinya pada negara-negara yang berstatus negeri jajahan, yaitu dengan membakar semangat mereka yang sedang berupaya merebut kemerdekan.

Negara- Negara Yang Pernah Mengecap Ideologi Komunisme 

Agen-agen Komintern berusaha dengan gigih untuk bisa masuk ke berbagai penjuru dunia dan menanamkan kuku untuk mencapai cita-cita mengomuniskan dunia. Berikut ini adalah negara-negara di dunia  yang pernah menggunakan komunisme sebagai ideologi pemerintahannya.

Eropa

Eropa menjadi tempat berkembang yang pesat bagi komunisme. Selain karena inspirasinya memang terlahir di sana, keberadaan Rusia sebagai bapak negara-negara komunis menjadikan komunis begitu berkembang di benua tersebut.

Selain dan Jerman Timur dan Uni Sovyet (Rusia, Armenia, Azerbaizan, Belarus, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kirgiztan, Latvia, Lituania, Moldova, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, dan Uzbekistan),  negara-negara yang pernah menjadi negara komunis adalah Polandia, Cekoslovakia, Hongaria, Yugoslavia (Bosnia, Herzegovina, Kroasia, makedonia, Montenegro, Serbia, Slovenia, dan Kosovo), Albania, Bulgaria, dan Rumania.

Selain negara-negara tersebut, masih banyak negara-negara lainnya di Eropa yang sempat mengecap ideologi komunisme, namun dengan masa pemerintahan yang cukup singkat. Beberapa di antaranya adalah Republik Soviet Alasce, Bayern, Finlandia, Slovakia, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini tidak ada satu pun negara di benua Eropa  yang masih menerapkan paham komunis. Hancurnya politik dan ekonomi akibat jatuhnya komunisme membuat negara-negara tersebut bangkit dan menjadi negara-negara besar.

Asia

Proses doktrin komunisme di daratan Asia berawal dari Negeri Tiongkok, kemudian menjalar ke India, negara-negara Arab, Korea Utara dan Asia Tenggara seperti, Burma, kawasan Indo China (Vietnam, Kamboja dan  Laos) Malaya, Indonesia, dan Filipina.

Hingga saat ini hanya tinggal beberapa negara di Asia yang masih setia menggunakan komunis sebagai ideologinya, yaitu Tiongkok, Vietnam, Laos dan Korea Utara.

Namun demikian secara praktik, selain Korea Utara, negara-negara tersebut sudah menjalankan perekonomian selayaknya negara-negara nonkomunis.

Lihat saja Tiongkok yang secara berangsur, sejak tahun 1970-an, merancang kebijakan pasar dan sudah bergabung dengan WTO atau organisasi perdagangan dunia. Tiongkok bahkan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Vietnam dan Laos juga bergantung pada investasi asing dan menggunakan kebijakan pro investasi kapitalis dalam menjalankan perekonomian negaranya. Mereka pun tergabung ke dalam organisasi perdagangan seperti WTO, APEC, dan ASEAN.

Hanya tinggal Korea Utara yang masih bertahan dan menjadi tontonan dunia saat ini. Kita bisa melihat bagaimana kediktatoran masih berkembang di negara tersebut dan masyarakatnya menjadi begitu tertutup. Selain itu hubungan ekonomi dan politik dengan negara-negara lain pun seakan begitu jauh.

Amerika

Komunisme hadir di benua Ameria melalui jalan revolusi sejak masa Perang Dunia I. Saat ini hanya Kuba yang menjadi satu-satunya negara di benua Amerika yang masih menganut paham komunisme.

Afrika

Komunisme di Afrika memang tidak terlalu pesat seperti di Asia atau Amerika Latin, namun demikian jejak-jejaknya sempat menapak di benua mutiara hitam tersebut.

Secara umum, komunisme di Afrika terbentuk sebagai bentuk perlawanan terhadap pemerintahan kolonial yang memperlakukan penduduk pribumi Afrika secara tidak adil.

Partai-partai komunis mulai bermunculan di negara-negara Afrika Utara seperti, Tunisia, Algeria, Maroko, dan Mesir. Sedangkan di bagian selatan, komunisme sempat masuk di negara Angola, Zimbabwe (dulu Rhodesia), Mozambik, dan Ethiopia, Namibia, dan ada beberapa negara lainnya.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai sejarah Komunisme di dunia Internasional. Bisa kita cermati bahwa sejarah mencatat betapa ideologi ini tidak pernah mencapai kesuksesan yang gemilang, bahkan kerap menjadi faktor disintegrasi dan kehancuran ekonomi di berbagai negara. Semoga bermanfaat.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Komunisme Internasional - Perjuangan Tanpa Pencapaian Gemilang (Sejarah Perkembangan Komunisme Bagian 2)
Komunisme Internasional - Perjuangan Tanpa Pencapaian Gemilang (Sejarah Perkembangan Komunisme Bagian 2)
Dalam rangka menyamakan persepsi dan semakin mengukuhkan kedudukan komunisme di dunia Internasional, pada tahun 1864, Internationale menyelenggarakan kongresnya yang pertama di London dengan nama Internationale I
https://2.bp.blogspot.com/-QK2bOxGvzCQ/V7rYovAErJI/AAAAAAAAFW4/2Y8yyRVfmyIdcgTaawm1xybgmYIHpDh3gCLcB/s320/Komunisme%2BInternasional%2B-%2BPerjuangan%2BTanpa%2BPencapaian%2BGemilang%2B%2528Sejarah%2BPerkembangan%2BKomunisme%2BBag.%2B2%2529%2Breidfile.com.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-QK2bOxGvzCQ/V7rYovAErJI/AAAAAAAAFW4/2Y8yyRVfmyIdcgTaawm1xybgmYIHpDh3gCLcB/s72-c/Komunisme%2BInternasional%2B-%2BPerjuangan%2BTanpa%2BPencapaian%2BGemilang%2B%2528Sejarah%2BPerkembangan%2BKomunisme%2BBag.%2B2%2529%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/08/komunisme-internasional-perjuangan.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/08/komunisme-internasional-perjuangan.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy