Komunisme di Indonesia dan Serangkaian Kegagalan Perebutan Kekuasaan di Tanah Air (Sejarah Perkembangan Komunisme Bagian 3)

Komunisme di Indonesia dan Serangkaian Kegagalan Perebutan Kekuasaan di Tanah Air, Sejarah PKI, PKI Indonesia, Komunis, Komunis Indonesia

Reidfile - Komunisme mulai lahir ketika Indonesia berada dalam tekanan imperialisme Belanda. Masuknya pemikiran-pemikiran garis kiri yang dibawa oleh para revolusioner yang sempat bermukim di Eropa, semakin menyuburkan ideologi yang menjunjung persamaan kelas ini. Tidak hanya kaum proletar, komunis juga menjadikan tokoh agama sebagai senjata propagandanya. Berbagai gerakan revolusi pun dilakukan untuk merebut kekuasaan namun semuanya berakhir dengan kegagalan. 

Cikal Bakal Masuknya Paham Komunis di Indonesia

Tatanan kolonial Belanda di awal abad ke-19 menumbuhkan kemelaratan dan represi politik di berbagai wilayah. Kebijakan-kebijakan politik dan ekonomi imperialis hanya mengeruk sumber daya dan menjadikan bangsa Indonesia miskin di negeri sendiri.

Tanpa adanya oposisi, Belanda bersikap semakin liberal sehingga menumbuhkan bibit-bibit pergolakan di dalam masyarakat, khususnya kaum buruh dan kaum muda terpelajar. Namun demikian pergerakan yang dilakukan masih berasal dari kaum elit dan lebih banyak dilakukan secara politis.

Berkembangnya paham komunis di Indonesia tidak lepas dari peran orang-orang buangan politik Belanda dan sejumlah mahasiswa lulusan Belanda yang berhaluan kiri.Di antaranya adalah H.J.F.M. Sneevliet, seorang komunis Belanda yang tinggal di Indonesia dan Tan Malaka seorang lulusan Belanda yang mendapatkan banyak inspirasi dari revolusi yang terjadi di Eropa.

Di tahun 1914, Sneevliet memprakarsai didirikannya ISDV (Indische Social Demokratische Vereeiniging), sebuah perhimpunan demokratis sosial Hindia yang beranggotakan orang-orang Belanda dan Indonesia.

Sebagai seorang yang berpengalaman dalam memimpin kaum buruh semasa di Belanda—dan sekaligus pernah menjadi wakil Komintern (perkumpulan komunis internasional) di Tiongkok atas penunjukan langsung dari Lenin—Sneevliet mampu mengubah serikat buruh moderat yang ada di Indonesia menjadi lebih modern dan agresif. Serikat buruh bentukannya lah yang kelak menjadi basis gerakan komunis di Indonesia.

Komunisme di Era Perang Kemerdekaan& Berdirinya PKI

Adalah Syarikat Islam (SI) pimpinan Haji Samanhudi, sebuah kumpulan pedangang-pedagang Islam penentang politik Belanda yang menjadi organisasi politik pertama yang dipengaruhi paham sosialisme revolusioner oleh Sneevliet melalui ISDV.

Awalnya usaha Sneevliet dan kawan-kawan tidak berjalan mulus, mengingat paham yang ditawarkannya tidak berakar di Indonesia melainkan hasil impor dari Eropa.

Mereka pun mulai menyusup menggunakan taktik infiltrasi ke tubuh SI, yaitu dengan mempengaruhi sejumlah tokoh utama untuk mencapai tujuan menentang kapitalisme & membela rakyat kecil dengan cara yang berbeda.

Usaha ini berhasil mempengaruhi sejumlah tokoh muda seperti Semaoen, Tan Malaka, Darsono, dan Alimin Prawirodidjo sehingga menyebabkan perpecahan di tubuh SI.

Organisasi ini pun terpecah menjadi dua kubu, yaitu SI-Putih pimpinan HOS Tjockroaminoto yang menentang komunisme dan SI-Merah pimpinan Samaoen yang beraliran sosialisme-komunis.

Di sisi lain, ISDV sendiri sudah mengorganisasi para buruh, serdadu dan pelaut-pelaut Indonesia, serta berhasil menarik 3000 pengikut dari angkatan bersenjata Belanda. Pada tahun 1919, tercatat ada sekitar 72000 orang yang sudah bergabung untuk  melakukan revolusi terhadap kolonisasi Belanda.

Sebagai tokoh yang menjalankan roda perjuangan komunis, Tan Malaka tidak begitu saja terbawa dengan doktrin komunis yang ada. Dia memiliki pandangan yang lebih moderat dan tidak setuju dengan paham atheis.

Disampaikannya bahwa Islam juga menentang imperialisme dan sebagian besar rakyat Indonesia adalah kaum muslim yang berpotensi melawannya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah merangkul umat islam dan bukan memusuhinya.  Jika kelompok komunis berusaha menghancurkan SI, maka perjuangan melawan imperialisme juga akan semakin melemah.

Pendapat Tan Malaka ini ditentang oleh Partai Komunis. Mereka tetap melakukan gerakan perlawanan dengan doktrin Marxisme yang kaku dan dogmatis.

***

Dalam perjalanannya, SI-Putih yang berpusat di Yogyakarta dan SI-Merah yang berpusat di Semarang mengalami konflik berkaitan dengan paham yang dianut. Akhirnya melalui kongres yang diselenggarakan atas usulan Haji Agus Salim, disepakati bahwa SI-Merah keluar dari Syarikat Islam.

Dengan basis kekuatan yang cukup banyak, pada tahun 1924, ISDV kemudian merangkul SI-Merah dan  membentuk organisasi baru yang dinamakan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Merasa tidak sepaham lagi dengan PKI, Tan Malaka kemudian membentuk PARI (Partai Republik Indonesia) dan selanjutnya partai Murba pada tahun 1945. Partai ini nantinya menjadi lawan yang berat bagi PKI.

Arah Pergerakan PKI Merangkul Umat Islam

Rezim kolonial melihat pergerakan PKI sebagai gerakan yang berbahaya. Tindakan tegas pun dilaksanakan dengan membubarkan berbagai aksi, menangkap orang-orang yang dianggap berbahaya, dan memusnahkan dokumen-dokumennya.

Namun demikian PKI semakin gencar melakukan perlawanan dan hal ini mendapat simpati dari rakyat yang berada dalam kondisi muak dengan imperialisme dan kolonisasi Belanda.

Untuk semakin memperkuat dan memperluas pengaruhnya, PKI pun mengadaptasi pemikiran Tan Malaka untuk merangkul kelompok agamis. Mereka mendekati para ulama yang memiliki pengaruh di masyarakat.

Dengan lihainya tokoh-tokoh komunis seperti Alimin dan Muso mengaitkan perjuangan komunis dengan paham-paham keagamaan yang sama-sama membela kaum tertindas dan menyamakannya dengan Perang Sabil. Propaganda ini berhasil diterima oleh daerah-daerah dengan basis islam yang kuat seperti Banten dan Sumatra Barat.

Pada tahun 1926 PKI melakukan pemberontakan besar-besaran yang disebut Revolusi 1926. Namun demikian gelagat ini sudah tercium terlebih dahulu oleh pemerintah kolonial Belanda, dan  gerakan ini berakhir dengan kegagalan.

Revolusi ini menyebabkan ribuan orang dibunuh, sekitar 1300 orang ditahan, dan kader-kader PKI diasingkan ke Boven Digul.

Bangkitnya PKI di Pascakemerdekaan RI

Setelah kegagalan yang terjadi pada revolusi 1926 dan tidak lama setelah kepulangan Muso dari Uni Sovyet, PKI mulai menyusun kembali kekuatannya. Muso mulai mengobarkan kembali semangat komunisme dan mendidik calon-calon pemimpin PPKI, di antaranya D.N. Aidit.

Pascaperang Kemerdekaan RI, Perjuangan Soekarno mulai cenderung ke arah kiri dan mendukung berbagai gerakan yang memiliki aspek penyatuan rakyat. Dengan dukungan tersebut, PKI menjadi salah satu kekuatan politik yang diperhitungkan di Indonesia.

Setelah Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959, politik luar negeri Indonesia semakin mengarah ke Blok Timur. Presiden pun mengambil langkah-langkah berhaluan kiri seperti  OLDEFO (Old Established Forces), NEFO (New Emerging Forces), serta pembentukan poros Jakarta-Pnompenh-Hanoi-Peking-Pyongyang.

Pada tahun 1948 PKI melancarkan pemberontakan ke-2 dan berniat meruntuhkan RI dan menggantinya dengan negara komunis namun mengalami kegagalan.

Kondisi semakin memanas di tahun 1965 tatkala PKI dan militer RI saling bertentangan dan bermusuhan akibat munculnya wacana dari PKI untuk membentuk “Angkatan Kelima” sebagai angkatan perang yang berdiri sendiri di luar ABRI.

Di luar hal tersebut, kegagalan operasi militer ke Malaysia menyebabkan Soekarno dan sejumlah pasukan militer lainnya kecewa terhadap para petinggi Angkatan Darat dan mulai merapat ke PKI.

Di saat yang bersamaan berembus kabar bahwa akan ada kudeta oleh TNI terhadap Soekarno yang sedang sakit parah. Keseluruhan hal tersebut memicu PKI melancarkan gerakan pemberontakan dan menyebabkan insiden yang disebut sebagai Gerakan 30 September.

Insiden G30 S PKI ini menjadi titik kehancuran PKI di Indonesia. Dengan berbekal Surat Perintah 11 Maret (Supersemar), Soeharto mengambil alih kekuasaan dan mengadakan sapu bersih antek antek PKI.  Dan gerakan komunis dalam bentuk apa pun dilarang secara hukum di Indonesia.

Panjangnya perjalanan komunisme di Indonesia tidak pernah mencapai kesuksesan yang berarti. Komunis gagal menjalankan program-program kesetaraannya. Perjuangan yang lebih condong ke arah kediktatoran menyebabkan terjadinya disintegrasi dan berbagai kesusahan dalam kehidupan masyarakat. Itu sebabnya ideologi ini dianggap berbahaya dan tidak layak diterapkan di negara Indonesia yang hidup dalam kemajemukan. (*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Komunisme di Indonesia dan Serangkaian Kegagalan Perebutan Kekuasaan di Tanah Air (Sejarah Perkembangan Komunisme Bagian 3)
Komunisme di Indonesia dan Serangkaian Kegagalan Perebutan Kekuasaan di Tanah Air (Sejarah Perkembangan Komunisme Bagian 3)
Komunisme di Indonesia dan Serangkaian Kegagalan Perebutan Kekuasaan di Tanah Air, Sejarah PKI, PKI Indonesia, Komunis, Komunis Indonesia
https://4.bp.blogspot.com/-KLaGbmc4-f0/V70FfjXgX8I/AAAAAAAAFXI/wr65BTgINYs13emFfJ0LJMxTz8ccrJTKgCLcB/s320/Komunisme%2Bdi%2BIndonesia%2Bdan%2BSerangkaian%2BKegagalan%2BPerebutan%2BKekuasaan%2Bdi%2BTanah%2BAir%2B-%2Breidfile.com.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-KLaGbmc4-f0/V70FfjXgX8I/AAAAAAAAFXI/wr65BTgINYs13emFfJ0LJMxTz8ccrJTKgCLcB/s72-c/Komunisme%2Bdi%2BIndonesia%2Bdan%2BSerangkaian%2BKegagalan%2BPerebutan%2BKekuasaan%2Bdi%2BTanah%2BAir%2B-%2Breidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/08/komunisme-di-indonesia-dan-serangkaian.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/08/komunisme-di-indonesia-dan-serangkaian.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy