Sir Isaac Newton: Sang Pencetus Teori Gravitasi Umum

Isaac Newton lahir di Woolsthrope, sebuah desa di daerah Lincolnshire, Inggris, pada tanggal 4 Januari 1643.

Reidfile - Bagi para pencinta ilmu alam, terutama fisika, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pencetus teori gravitasi umum, atau yang juga dikenal dengan Hukum Newton. Jika membaca biografi pencetusnya, yaitu yang dikenal dengan nama Sir Isaac Newton, Anda pasti akan banyak menemukan pencapaian mengagumkan dari sosok yang satu ini.

Menurut biografinya, Isaac Newton lahir di Woolsthrope, sebuah desa di daerah Lincolnshire, Inggris, pada tanggal 4 Januari 1643. Namun, karena waktu itu Inggris masih mengadopsi sistem Kalender Julian, tanggal lahir Isaac dicatat sebagai 25 Desember 1942 atau tepatnya pada Hari Natal. Nama Isaac diambil dari nama ayahnya sendiri, yang pada waktu itu sudah meninggal sekitar tiga bulan sebelum Isaac kecil lahir.

Lahir prematur, Isaac tidak diharapkan dan sempat dikira tidak akan bertahan hidup. Bahkan saking kecilnya, ibunya, Hannah Ayscough-Newton,  sampai pernah berkata bahwa Isaac kecil bisa muat bila diletakkan di dalam cangkir (sekadar informasi tambahan, satu cangkir waktu itu memuat 1,1 liter).

Saat Isaac berusia tiga tahun, ibunya kemudian menikahi lelaki lain dan meninggalkan Isaac kecil hanya dengan neneknya. Sang nenek (yang ternyata tidak begitu akur dengan ayah tiri Isaac dan tidak pernah merestui pernikahan kedua ibunya), mengirim Isaac ke sekolah dasar di Grantham. Isaac  yang cerdas dan gemar belajar menumpang tinggal di rumah seorang apoteker bernama William Clarke. Anne Storer, adik angkat William, merupakan cinta pertama Isaac muda. Sayang sekali, begitu Isaac mulai kuliah di Universitas Cambridge pada usia 18, kesibukannya menuntut ilmu di sana merenggangkan hubungannya dengan Anne. Tidak tahan dengan ketidakpastian hubungan mereka, akhirnya Anne dan Isaac putus. Anne kemudian menikah dengan orang lain. Meski demikian, sepertinya cinta pertama memang tidak terlupakan. Cukup banyak versi biografi Isaac Newton yang beredar, namun tidak pernah ada cerita jelas apakah sang pencetus teori gravitasi umum ini pernah menjalin cinta lagi atau menikah dengan orang lain setelah putus dari Anne.

Pada awalnya, keluarga Isaac sempat mengeluarkannya dari sekolah dengan harapan agar Isaac mau menjadi petani saja. Namun, ternyata pemuda cerdas ini malah tidak bahagia dengan pekerjaan barunya. Karena dia masih gemar mempelajari banyak ilmu serta tidak cepat puas dan selalu penasaran dengan segala hal, akhirnya keluarga Isaac menyerah dan membiarkannya melanjutkan pendidikan. Meski di sekolah dasar dulu Isaac sempat malas-malasan, ternyata otaknya termasuk cerdas dan dapat menyerap pelajaran dengan mudah. Bahkan akhirnya dia lulus dari Grantham pada usia 18 tahun dengan nilai-nilai yang sangat memuaskan. Rupanya keputusan keluarga Isaac untuk membiarkannya mengejar impian dan cita-cita sangat tepat.

Seperti mahasiswa-mahasiswa rajin lainnya, Isaac tidak pernah berhenti belajar dan mencari ilmu. Dia terinspirasi dari banyak ilmuwan, seperti Galileo yang percaya bahwa bumi itu bulat dan matahari sebagai pusat semesta. Lalu Isaac mulai melakukan penelitiannya sendiri, salah satunya dengan teropong bintang yang pada pertengahan abad ke-17 baru ditemukan. Penelitian astronomi tersebut kemudian membuatnya menjadi pencetus teori gravitasi umum atau yang juga dikenal dengan Hukum Newton.

“Philosophiae Naturalis Principia Mathematica” merupakan salah satu buku yang ditulis oleh Isaac Newton. Buku ini membahas teori gravitasi secara umum. Isaac juga bekerja sama mengembangkan teori kalkulus dengan rekan sesama akademisi bernama Gottfried Leibniz. Isaac juga menyempurnakan Hukum Kepler. Pada awalnya, teori ini ditemukan oleh seorang ilmuwan lain bernama Johannes Kepler yang menemukan tata gerak planet-planet di seputar matahari. Teori ini membuktikan bahwa tidak semua yang melingkar harus berupa lingkaran sempurna (misalnya: elips, hiperbola, atau parabola). Selain itu, spektrum warna juga termasuk yang ditemukan oleh Isaac, yaitu pada saat dia melakukan eksperimen dengan melewatkan sinar putih pada sebuah prisma. Dari sanalah dia percaya bahwa sinar merupakan sekumpulan partikel.

Sayangnya, waktu itu ilmu pengetahuan belum menjadi konsumsi umum. Hanya kalangan terpelajar saja yang mendiskusikannya dan saling bertukar ilmu serta informasi, sama seperti yang kerap dilakukan Isaac Newton dan rekan-rekan akademisinya. Isaac sendiri bahkan tidak begitu antusias membagi banyak penemuannya. Bahkan, banyak sekali hasil temuan dan karyanya yang kurang terkenal terpaksa disisihkan, meskipun ada makna penting di balik semua hal tersebut.

Pada 1668, Isaac bahkan menyempurnakan teropong bintang dengan tambahan refleksi optik. Penemuan ini, ditambah dengan kumpulan percobaan optik, dipersembahkannya kepada Kerajaan Inggris pada saat Isaac berusia 29 tahun, usia yang terbilang cukup muda untuk kalangan ilmuwan pada masa itu. Tidak mengejutkan bila Kerajaan Inggris kemudian memberinya gelar kehormatan atas semua penemuannya yang bermanfaat bagi masyarakat banyak pada tahun 1705. Saat itu, Ratu Anne yang menobatkan Isaac. Sejak itulah, sang pencetus teori gravitasi umum mendapatkan gelar ‘Sir’, sehingga lengkapnya dipanggil dengan Sir Isaac Newton.

Jadi, apa sajakah buku-buku yang sudah pernah diterbitkan oleh Sir Isaac Newton sang pencinta ilmu alam? Ini dia daftarnya:
  • Method of Fluxions (1671) 
  • De Motu Corporum (1684)
  • Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (1687)
  • Opticks (1704)
  • Reports as Master of the Mint (1701-1725)
  • Arithmetica Universalis (1707)
  • An Historical Account of Two Notable Corruptions of Scripture(1754)
Sayangnya, pada tahun 1693, Isaac mengalami sakit saraf yang parah. Dia sempat dirawat oleh Charles Montague, rekannya dari Trinity College, yang juga pernah bekerja sama dengannya dalam Percetakan Uang Logam Kerajaan atau Royal Mint.

Sir Isaac Newton wafat pada 1727 dan dimakamkan di Westminster-Abbey. Keracunan raksa dalam jangka panjang (terutama akibat riset-risetnya yang melibatkan bahan-bahan kimia) menjadi penyebab kematiannya.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Sir Isaac Newton: Sang Pencetus Teori Gravitasi Umum
Sir Isaac Newton: Sang Pencetus Teori Gravitasi Umum
Isaac Newton lahir di Woolsthrope, sebuah desa di daerah Lincolnshire, Inggris, pada tanggal 4 Januari 1643.
https://2.bp.blogspot.com/-2jfaK6udBBs/V20CFI1yx7I/AAAAAAAAEhI/KReLvpmpSkEIqVKPGnG54zyJAsLjV3_pQCLcB/s320/Sir%2BIsaac%2BNewton%2BSang%2BPencetus%2BTeori%2BGravitasi%2BUmum%2B-%2BREIDFILE.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-2jfaK6udBBs/V20CFI1yx7I/AAAAAAAAEhI/KReLvpmpSkEIqVKPGnG54zyJAsLjV3_pQCLcB/s72-c/Sir%2BIsaac%2BNewton%2BSang%2BPencetus%2BTeori%2BGravitasi%2BUmum%2B-%2BREIDFILE.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/07/sir-isaac-newton-sang-pencetus-teori.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/07/sir-isaac-newton-sang-pencetus-teori.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy