dr. Zakir Naik - Ulama Kontemporer Dunia

Sebagai seorang cendikiawan, dr. Zakir naik memang terkenal sangat cerdas dan jenius. Kemampuannya menghafal sangat tinggi.

Reidfile - Kecerdasan dan penguasaan yang mendalam mengenai dakwah islamiah dan ilmu agama-agama lain, menjadikan dr. Zakir Naik seorang tokoh muslim dunia yang begitu fenomenal di era kebebasan media sekarang ini. Dukungan, larangan & ancaman pun datang bersamaan, seiring dengan tingginya antusiasme umat terhadap dasar-dasar pemikirannya mengenai konsep modernitas Islam yang tegas dan lugas.

Siapakah Dr. Zakir Naik?

dr. Zakir Naik, demikian ulama yang bergelar dokter ini biasa disebut. Terlahir pada tanggal 18 Oktober 1965, di Maharastra, Mumbai. Cendikiawan berkebangsaan India ini memiliki nama asli ज़ाकिर अब्दुल करीम नायक atau Zakir Abdul Karim Naik.

dr. Zakir Naik menempuh pendidikan dasar hingga sarjananya di Mumbai. Setelah menyelesaikan sekolahnya di St. Peter’s High School (ICSE), ia mempelajari ilmu kesehatan di Topiwala International Medical College and Nair Hospital dan mendapatkan gelar Bachelor of Medicine and Surgery(MBBS)-nya di University of Mumbai.

dr. Naik menjalani profesinya sebagai tenaga medis hingga tahun 1991 dan mulai menggeluti bidang dakwah atau proselitisme Islam karena merasa terpanggil untuk membangkitkan kembali dasar-dasar pemikiran Islam khususnya di era modern. 

Masa Memperdalam Agama Islam

Terinspirasi oleh Syeikh Ahmad Deedat—seorang ulama sufi ahlussunah wal jamaah yang berasal dari Afrika Selatan dan fokus pada perbandingan agama— dr. Zakir Naik muda mulai fokus mempelajari dan mengaji agama Islam sambil menempuh pendidikan di jurusan kedokteran.

Menghafal Kitab-Kitab Agama yang Ada di Dunia

Sebagai seorang cendikiawan, dr. Zakir naik memang terkenal sangat cerdas dan jenius. Kemampuannya menghafal sangat tinggi. Ia mampu memahami konsep-konsep yang ada di dalam kitab-kitab yang ia baca dan menjadikannya rujukan atas setiap ceramah atau orasinya.

Selama bertahun-tahun—secara otodidak—ia menghafal dan mendalami tidak hanya isi Al-Quran dan Hadist di semua tingkatan, namun juga melahap kitab-kitab agama lain, mulai dari berbagai versi Injil, Weda, Tripitaka, Bhagavad Gita, serta berbagai buku-buku lainnya.  Kekayaan ilmu inilah yang membuatnya mampu menanggapi dan mematahkan berbagai perdebatan mengenai agama Islam.

Membangkitkan Semangat Kaum Muda untuk Meresapi Dasar-Dasar Pemikiran Islam dalam Konteks Modernitas

Dalam syiarnya, dr. Zakir Naik berusaha merangkul kaum muda, khususnya remaja muslim berpendidikan yang kurang memiliki pondasi agama yang kuat. Ia juga berupaya menghilangkan bias dan kesalahpahaman masyarakat tentang Islam melalui berbagai penjelasan argumentatif yang dilandasi ilmu agama dan perkembangan sains. 

Mendirikan Islamic Research Foundation (IRF)

Agar dakwahnya lebih terstruktur dan terkordinir, pada tahun 1991 ia mendirikan Islamic Research Foundation (IRF), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki jaringan Peace TV, yaitu saluran TV gratis dari Mumbai – India. 

Melalui organisasi inilah ia mengembangkan dakwahnya dan merebut perhatian publik mengenai dasar-dasar pemikiran Islam dan kaitannya dengan sains atau ilmu pengetahuan. 

Menjadikan Media Masa sebagai Platform Syiar Islamiah

Berbeda dengan ulama-ulama terdahulu, materi dakwah dr. Zakir Naik bisa begitu meluas dan populer karena ia mengoptimalkan media sebagai platform syiarnya. Perkembangan teknologi Internet pun memilki andil yang besar dalam membantu menyebarkan misi dakwah islamiahnya.

Sebagai penceramah, ia memang kerap berbicara di depan ratusan hingga ribuan orang di berbagai negara, namun popularitasnya lebih terdongkrak melalui pergerakan media, baik itu berupa siaran-siaran televisi, channel Youtube, hingga fanpage media sosial dan rekaman-rekaman tidak resmi yang tersebar melalui DVD.

Dakwahnya pun biasa direkam dalam bahasa Inggris dan disiarkan di sejumlah jaringan TV kabel di lingkungan Muslim Mumbai dan tentunya di saluran TV yang dikelolanya “Peace TV”.

Tidak hanya media elektronik, dr. Zakir Naik juga dikenal sebagai seorang penulis. Ia memanfaatkan media cetak untuk menyampaikan berbagai ilmu agama dalam bentuk buku atau karya tulis lainnya. Artikel-artikelnya sering diterbitkan di majalah-majalah India ternama, seperti misanya Islamic Voice.

Kontoversinya Sebagai Platform Publik

dr. Zakir naik disebut sebagai salah satu tokoh muslim yang paling berpengaruh di India. Ia tercatat sebagai salah satu dari 100 orang terkuat di India dan menjadi salah satu dari 10 guru spiritual terbaik di negara tersebut.

Cara penyempaiannya yang lugas dan semangatnya dalam menjawab setiap tantangan debat tak pelak menimbulkan ketidaksukaan sejumlah golongan. 

Sushi Das, seorang Jurnalis di Australia, menuliskan bahwa materi dakwah dr. Zakir Naik—dalam Konferensi Islamic & Services Network of Australasia yang diselenggarakan di Selandia Baru dan Melbourne—mengandung cercaan atas kepercayaan lain dan terlalu memuji superioritas moral dan spiritual Islam.

Di India sendiri, materi ceramah dr. Zakir Naik mendapat pertentangan dari kelompok Agama setempat. Seorang jurnalis lokal bernama Khuswant Singh, menyatakan bahwa kata-kata ulama tersebut “kejam” dan tidak cocok untuk masuk dalam debat tingkat akademisi.

Kontroversi terbaru, seorang pemimpin pro Hindutva India bernama Sadvi Prachi membuat sayembara dan akan memberikan hadiah sebesar 50 juta Rupee atau sekitar 9,7 Miliar Rupiah, bagi siapa pun yang bisa membunuh ulama Islam dari India ini.  

Ia begitu geram dengan sepak terjang dr. Zakir Naik, dan menganggapnya bukan pemimpin agama, melainkan seorang Teroris.

Kontroversinya dengan kaum Syiah  (Agama Syiah) 

dr. Zakir Naik memang memiliki pandangan yang tegas mengenai golongan syiah. Dalam salah satu  ceramahnya di konferensi damai di Mumbai yang dihadiri puluhan cendikiawan muslim dari seluruh dunia, dr. Zakir Naik membahas tentang ajaran tersebut dan mengucapkan “Radhiyallah taa’la anhu” yang artinya “Semoga Allah mengampuninya”. 

Hal ini memicu kemarahan komunitas tersebut. Naik diklaim sengaja menyebutkan kata-kata yang menyinggung syiah dan menyatakan bahwa pertempuran Karbala dilatarbelakangi oleh kepentingan politik.

puncaknya, tidak lama berselang setelah sayembara Sadvi Prachi di awal Juli 2016, salah seorang pendukung Syiah bernama Hussaini Tigers juga menawarkan hadiah sebesar 15 Lakh, atau sekitar 2,9 Miliar rupiah untuk ditukarkan dengan kepala dr. Zakir Naik, karena dianggap telah melecehkan keyakinan mereka.

Dalam sebuah Konferensi lain di Mumbai pada tahun 2007, dr. Zakir Naik membela kedudukan mereka (Muawiyyah dan Yazid), pendapat dr. Zakir Naik ini adalah mengikuti pendapat para ulama besar kaum Muslimin empat mazhab dari dulu hingga sekarang, (Dulu, ada Syi’ah yang paling rendah kadar kesesatannya, yaitu Syi’ah Zaidiyah (sekarang sudah langka), mereka hanya mengkafirkan Muawiyyah bin Abu Sufyan dan Yazid bin Muawiyyah -radhiyallah taa’la anhum ; semoga Allah meridhai mereka)

Dalam ceramahnya tersebut, dr. Zakir Naik menambahkan kata pujian ‘Radhiallahu’anhu’, saat setiap kali menyebut nama ‘Yazid’. Inilah yang menjadi sebab dr. Zakir Naik dicaci maki oleh golongan Syiah

dr. Zakir Naik menjelaskan, “Syiah memiliki aqidah yang mengharuskan kita melaknat para Sahabat, mereka paling benci kepada Umar bin Khattab, dan setiap bulan Muharram mereka memiliki ritual melaknat tiga sahabat utama, lalu bagaimana bisa mereka melaknat para sahabat sementara kita bisa diam saja?”

Menghadapi kemarahan Syi’ah ini, dr. Zakir Naik berkata kepada mereka, “Silahkan kalian melaknat aku 1000 kali! Aku tidak permasalahkan, tapi.. hentikan laknat kalian kepada Abu Bakar, Umar dan Utsman!”

Dan setelah saat itu, mulai terlihat orang-orang yang tidak bertanggung jawab mulai menebar fitnah, setelah orang-orang Syiah, sebagian kaum muslimin pun mulai terhasut untuk menghembuskan isu/sebutan “Wahabi” kepada dr. Zakir Naik

Padahal, sebutan yang sering diucapkan Syiah itu adalah untuk menipu kaum Muslimin sejak lama, oleh karenannya jangan heran jika Anda Anti Syi’ah pasti akan disebut sebagai Wahabi.

Di luar berbagai kontroversi tersebut, berbagai dukungan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui dunia maya masih deras mengalir, dan dr. Zakir Naik masih terus melanjutkan dakwahnya hingga saat ini.

Ia memberikan beberapa klarifikasinya mengenai berbagai kontroversi atas materi ceramahnya dan menganggap bahwa berbagai tuduhan yang ditujukan pada dirinya sebagai fitnah media. 
“SEMOGA ALLAH MENJAGA BELIAU DALAM BERDAKWAH SERTA MEMBALAS KEBAIKAN BELIAU”

COMMENTS

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Biografi,9,Islam,1,Jejak,7,Jelajah,1,Komunis,5,Konflik,16,Konspirasi,1,Kota,1,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,45,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: dr. Zakir Naik - Ulama Kontemporer Dunia
dr. Zakir Naik - Ulama Kontemporer Dunia
Sebagai seorang cendikiawan, dr. Zakir naik memang terkenal sangat cerdas dan jenius. Kemampuannya menghafal sangat tinggi.
https://1.bp.blogspot.com/-WWG7dwy2Vbo/V5IW8vB6cHI/AAAAAAAAFQM/mvsXmXr42mY00uXDvyfHiLflPX1VX1FzwCLcB/s320/Zakir-Naik-Reidfile.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WWG7dwy2Vbo/V5IW8vB6cHI/AAAAAAAAFQM/mvsXmXr42mY00uXDvyfHiLflPX1VX1FzwCLcB/s72-c/Zakir-Naik-Reidfile.com.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/07/dr-zakir-naik-ulama-kontemporer-dunia.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/07/dr-zakir-naik-ulama-kontemporer-dunia.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy