Masjid Agung Cordoba : Ada Islam Di Andalusia

Masjid Agung Cordoba yang kini dikenal dengan sebutan Cathedral of Our Lady of The Assumption merupakan bukti sejarah bahwa di bawah kepemimpinan Bani Umayah, islam telah mencapai Andulusia (provinsi di Spanyol).

Reidfile - Masjid Agung Cordoba yang kini dikenal dengan sebutan Cathedral of Our Lady of The Assumption merupakan bukti sejarah bahwa di bawah kepemimpinan Bani Umayah, islam telah mencapai Andulusia (provinsi di Spanyol). Cordoba merupakan kota paling besar dan paling maju di seluruh penjuru Eropa, melebihi kehebatan Byzantium dan Bagdad dalam berbagai bidang sains, seni serta budaya. Cordoba menjadi pusat ilmu pengetahuan dan terbukti jumlah kunjungan perpustakaan mencapai 400.000 melebihi perpustakaan-perpustakaan di Eropa yang jarang emncapai angka seribu.

Cordoba mencapai puncak kejayaannya di abda 9 dan 10 dengan pencapaian pembangunan kota yang luar biasa. Berdiirnya 200.000 rumah di dalam kota diikuti banyaknya jumlah masjid, sejumlah 600 masjid, 900 public baths, 50 rumah sakit dan sejumlah pasar yang besar sebagai pusat perekonomian dan perdagangan. Perlu dicatat bahwa kejayaannya ini banyak menginspirasi penulis barat sebagai cikal bakal pembawa kemajuan bagi barat di masa sekarang. Bukti bahwa islam mampu memberikan kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bagi sebuah peradaban.

Kota Cordoba yang merupakan tempat berdirinya Masjid Cordoba ini, merupakan kota yang sudah berkali-kali mengalami invasi dan setiap pergantian penguasa, masing-masing penguasa meninggalkan jejak arsitekturnya. Masjid Agung Cordoba merupakan salah satu peninggalan kejayaan islam di Andalusia. Masjid ini sangat menonjol dalam bentuk-bentuk lengkungnya yang berjumlah 856 kolom yang dibangun dari batu granit, onyx, marmer dan batu berwarna yang sangat indah. Pilar-pilar lengkung tersebut ada untuk menahan beban bangun. Subhanallah…., namun kini Masjid Agung Cordoba berubah fungsinya menjadi gereja setelah kejayaan islam direbut oleh katolik kembali.

Pada mulanya sebelum islam berkembang di wilayah Andalusia, Masjid Agung Cordoba merupakan sebuah gereja katolik visigothic yang dibangun sekitar tahun 600 M.  Islam yang hadir di Spanyol di masa Emir Abd Ar-Rahman I, kemudian merubahnya menjadi masjid dengan memberikan penambahan di beberapa bagian bangunan. Pembangunan masjid dimulaia pada tahun 784 M dan berlangusung hingga dua abad sesudahnya. Abd Ar –Rahman I, seblumnya memberikan nama masjid ini dengan sebutan Masjid Almana, sesuai dengan nama istrinya, namun dalam perjalannanya, masjid ini pun mengalami banyak perubahan.

Masjid Agung Cordoba menjadi bagian penting dalam perjalanan islam di Andalusia selama sekitar tiga abad. Masjid Agung ini, dikenal sebagai jantung dan pusat dari ibukota. Aristektur Masjid Agung Cordoba memiliki kemiripan dengan Masjid Agung Damaskus. Setiap khalifah yang memimpin melakukan penambahan pada bangunan masjid ini.  Pada masa pemerintahan Abd Ar-Rahman III, dibangun menara batu yang disebut dengan menara Alminar (Torre del Alminar) yang digunakan untuk menyerukan adzan.

Para pengunjung masjid pun bisa menaiki menara tersebut (jika berani), untuk melihat pemandangan kota Cordoba dari ketinggian. Pembangunan berlanjut pada tahun 961 M oleh Al Hakam II yang memperluas bnagunan ini dan menghias mihrab (tempat imam). Penambahan bangunan terakhir dilakukan oleh Al AMnsur Ibn Abi Aamir tahun 987 M dengan mengubungkan bangunan masjid ini pada Istana Calibh dengan membangun sebuah jalan setapak. Pembangunan pun berlanjut dengan menambahkan sebuah kebun jeruk dan kolam yang indah (kebun jeruk ini dikenal dengan nama Patio de Los Naranjos).


Masjid Agung Cordoba memiliki banyak ruangan yang memiliki fungsi beragam. Ruang utama digunakan untu berbagai hal, mislanya sebagai tempat belajar, beribadah dan sebagainya. Masjid ini memiliki ruan berdoa beberbentuk persegi yang sangat besar dan atapnya terbuat dari kayu yang disangga berbentuk melengkung yang merupakan ciri khas dari Masjid Agung Cordoba. Bagian dinding masjid dihiasi oelh kaligrafi ayta-ayat Al Qur’an. Slaah satu bagian gedung yang terkenal adalah sebuah halaman terbuka (sahn) yang dikelilingi oleh gang-gang yang dinaungi atap, sekat-sekat kayum menarta-menara, mosaik-mosaik , berwarna dan jendela-jendela dengan kaca yang berwarna-warni.

Tahun 1236 M, kota Cordoba berhasil direbut oleh Raja Ferdinand II of Castile dan merubah fungsi masjid ini menjadi gereja katolik dengan nama Santiago de Compostela. Penambahan bangunan pun dilakukan, mislanya penambahan kapel villaviciosa dan kapel Royal yang dilakukan oleh Alfonso X. Raja Hendry II juga menambahkan bangunan kapel di dalam kompleks Masjid Agung Cordoba di abad ke-14. Tahun 1512 atas bantuan King Carlos V, sebuah gerja dibangun di samping bangunan masjid. Perubahan yang paling siginifkan dari perubahan pembangunan masjid ini adalah dibangunnya sebuah katedral bergaya renaissance di bagian tengah dari struktur bangunan ini. Tahun 1931 M, Dr. Allama Muhammad Iqbal menjadi muslim pertama yang melakukan ibadah di dalam masjid tersbeut sejak jatuhnya dinasti islam Bani Umayah dan ditutupnya bangunan tersebut bagi orang islam. Tahun 1984, Masjid Agung Cordoba masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Meski telah menjadi tempat ibadah nasrani, tempat ini masih disebut oleh rakyat Spantol dan wisatawan sebagai masjid bukan katedral. Pihka katolik Spanyol berubaya untuk mengambil sepenuhnya Masjid Agung Cordoba dari kepemilikan umum rakyat Spanyol sebagai wujud bahwa pihak gereja ingin menghilangkan identitas islam pada bangunan bersejarah tersebut. Uskup Agung Cordoba pun mengambil alih bangunan tersebut dengan menghilangkan simbol-simbol islam di dalam masjid, serta melakukan berbagai usaha kristenisasi. Umat islam di Spanyol pun menyatakan kemarahannya atas inisiatif gereja tersebut, karena Masjid Agung Cordoba merupakan salah satu sisa peninggalan islam di Spanyol.

Masjid Agung Cordoba merupakan tempat wisata penting di Andalusia, yang paling penting kedua setelah Alhambra (istana Alhambra). Pada tahun 2006, keuskupan Cordoba mendaftarak situs terkenal di dunia tersebut dengan nama katedral Cordoba dengan hanya biaya $30. Tahun 2013, sebuah kelompok yang menamakan dirinya platform untuk Masjid Cordoba, memulai kampanye untuk merebut situs dari control gereja katolik ke tangan manajemen publik. Platform ini mengangkat kasus ketika Masjid Cordoba menghilang dari google maps digantikan oleh Katedral Cordoba, namun dua hari kemudian nama itu kembali. Namun, umat islam tentu sangat tersakiti jika bukti sejarah perdaban islam tersebut dihilangkan begitu saja dari bukti sejarah, termasuk di negeri tercinta, Indonesia.

Selain Cordoba, ada bebrapa tempat yang menjadi bukti sejarah islam di Spanyol, diantaranya Medina Azzahra atau Madinat Al Zahra, sebuah kota yang dibangun oleh Khalifah Abdurrahman III yang dilanjutkan Khalifah Alhakam II. Tempat ini diproyeksikan sebagai pusat pemerintahan di Andalusia. Selain Medina Azahra, kota Toledo merupakan salah satu kota yang juga menyisakan sejarah islam. Kota yang unik dan artistic ini dibangun di atas bukit yang dibawahnya dilalui Sungai Tagus. Toledo dahulunya merupakan kota pemerintahan Gothic Spanyol yang berhasil ditaklukkan oleh Thariq Bin Ziyad tahun 711-an. Toledo terkenal dengan kehidupan rukun antar umat beragama di bawah pemerintahan islam. Masyarakatnya terdiri dari pemeluk islam, kristen dan yahudi yang kehdiupannya dijamin kesejahteraan dan keamananya oleh Kekahlifahan Andalusia. (Sandy Kun)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,14,Islam,6,Jejak,7,Jelajah,3,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,57,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Masjid Agung Cordoba : Ada Islam Di Andalusia
Masjid Agung Cordoba : Ada Islam Di Andalusia
Masjid Agung Cordoba yang kini dikenal dengan sebutan Cathedral of Our Lady of The Assumption merupakan bukti sejarah bahwa di bawah kepemimpinan Bani Umayah, islam telah mencapai Andulusia (provinsi di Spanyol).
https://1.bp.blogspot.com/-pRf232woAuU/WZw1mG-lwPI/AAAAAAAAACk/39torWUIZIAWrJWv6ygMZbq_dsx3L-FAgCLcBGAs/s320/Masjid%2BAgung%2BCordoba%2B%2BAda%2BIslam%2BDi%2BAndalusia.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-pRf232woAuU/WZw1mG-lwPI/AAAAAAAAACk/39torWUIZIAWrJWv6ygMZbq_dsx3L-FAgCLcBGAs/s72-c/Masjid%2BAgung%2BCordoba%2B%2BAda%2BIslam%2BDi%2BAndalusia.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/06/masjid-agung-cordoba-ada-islam-di.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/06/masjid-agung-cordoba-ada-islam-di.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy