B.J. Habibie - Presiden Indonesia yang Diakui Kecerdasannya oleh Dunia

B.J. Habibie bukan sekadar ilmuwan dan tokoh politik. Dia adalah tokoh multidimensional yang menjadi contoh, panutan, dan kebanggaan bangsa Indonesia

Reidfile - Tidak hanya dikenal sebagai Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. Dr. –Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie adalah seorang cendikiawan dengan segudang prestasi akademis dan karya intelektual di bidang teknologi pesawat terbang. B.J. Habibie juga seorang tokoh bangsa yang cerdas, tegas, dan rasional. Tidak hanya itu, keuletan, kesederhanaan, serta romantisme kehidupannya pun menjadi inspirasi tersendiri bagi seluruh bangsa Indonesia. 

Masa Remaja B.J. Habibie

Terlahir di Pare-Pare Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936, Baharuddin Jusuf Habibie merupakan anak ke-4 dari 8 Bersaudara dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

Sedari kecil, Habibie sudah dikenal sangat cerdas. Setelah ayahnya wafat, keluarganya memutuskan untuk pindah ke Bandung dan Habibie pun melanjutkan sekolahnya di sana. Setelah lulus dari Gouverments Middlebare School (setingkat SMA) pada tahun 1954, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia Bandung (sekarang ITB), dan mengambil jurusan teknik mesin.

Baru setahun menempuh kuliah, B.J. Habibie mendapatkan tawaran beasiswa dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Habibie terinspirasi oleh visi Presiden Soekarno, bahwa dengan kondisi geografis yang ada, Indonesia membutuhkan penguasaan teknologi maritim dan dirgantara. Itu sebabnya dia mengambil jurusan teknik penerbangan dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen.

Masa-Masa Menempuh Pendidikan di Jerman

Habibie menjalani pendidikannya dengan sungguh-sungguh. Masa liburannya pun dia habiskan untuk mengikuti ujian dan mencari uang untuk membeli buku. Tahun 1960, Habibie menyelesaikan kuliahnya dan mendapatkan gelar Dipl. Ing, dengan predikat Cum Laude atau dengan nilai rata-rata 9,5.

Setelah lulus Habibie bekerja di Firma Talbot, sebuah industri kereta Api. Di sana dia menerapkan ilmu konstruksi pesawat terbang pada bidang perkeretaapian dan mencapai keberhasilan.

Dia pun memutuskan untuk melanjutkan studinya ke jenjang doktoral di kampus yang sama. Di tengah masa pendidikannya, B.J. Habibie pulang ke tanah air dan menikahi Hasri Ainun Besari pada tahun 1962. Ainun pun diboyong ke Jerman dan menemani Habibie menempuh pendidikan dan membangun kariernya di sana.

Tahun 1965. Habibie berhasil menyelesaikan program Doktornya dengan menyandang predikat “Summa Cum Laude” atau dengan nilai rata-rata 10.

Kejeniusan Habibie dan karya-karya yang dia hasilkan, mengantarkannya menjadi ilmuwan yang diakui secara internasional, beberapa di antaranya adalah oleh lembaga-lembaga bergengsi seperti:
  • Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt - Jerman 
  • The Royal Aeronautical society – Inggris
  • The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences – Swedia
  • The Academie Nationale de l’Air et de l’Espace – Perancis
  • The US Academie of Engineering – Amerika Serikat
Habibie juga pernah menerima penghargaan setara Nobel, yaitu Award von Karman, serta  penghargaan bergengsi tingkat internasional lainnya, seperti Edward Warner Award.

Dia pun mendapatkan status warga negara kehormatan dari pemerintah Jerman. Hal yang sangat sulit diperoleh tanpa adanya kontribusi yang sangat besar terhadap negara tersebut.

Karier Industri di Jerman dan di Indonesia

Setelah menempuh gelar Doktor, B.J. Habibie bekerja di sebuah perusahaan penerbangan terkemuka—Masserschmit Boelkow Blohmt—yang berpusat di Hamburg. Dia bahkan sempat menduduki posisi wakil direktur utama bidang teknologi di perusahaan tersebut.

Pada tahun 1973, atas permintaan Presiden soeharto dan atas kesadarannya ingin membangun bangsa, Habibie kembali ke tanah air dan mengabdikan dirinya di Indonesia.

Di tanah air, Habibie mendirikan IPTN dan berhasil menciptakan dan mendesain beberapa proyek pesawat terbang, seperti:
  • Vertical Take Off & Landing (VTOL) Pesawat angkut Do-31
  • Hansa Jet 320 (pesawat eksekutif)
  • TRANSALL C-130 (Pesawat angkut militer)
  • Airbuss A-300 pesawat komersil untuk 300 penumpang
  • CN-235
  • N-250
  • Serta penghitungan dan desain proyek dirgantara, rudal, dan satelit, lainnya.

Karier Politik di Indonesia

Kemampuannya berpikir secara mikro dan makro tidak hanya diapresiasikan dalam dunia Industri, namun juga pemerintahan. Sikapnya yang tegas dan pemikirannya yang rasional, dilatarbelakangi keilmuan, membuatnya dipercaya memegang sejumlah jabatan penting di pemerintahan.

Pada tahun 1978, Presiden Soeharto menunjuk B.J. Habibie menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi. Dia pun menempati jabatan tersebut selama hampir 20 tahun.

Tidak hanya itu, Habibie juga dipercaya untuk memimpin 10 BUMN Industri strategis, menjadi ketua umum ICMI (Ikatan cendikiawan Muslim Indonesia), dan bahkan dipilih oleh MPR sebagai wakil presiden RI dalam Kabinet Pembangunan VII.

Puncak karier politik B.J Habibie adalah pada saat dia diberikan mandat untuk menduduki posisi sebagai Presiden RI, setelah Soeharto dilengserkan melalui aksi demonstrasi dan kerusuhan pada bulan Mei 1998.

Habibie mendapatkan warisan negara dalam kondisi yang carut marut, dengan keterpurukan ekonomi, pelanggaran HAM, serta anjloknya kepercayaan dunia internasional. Namun demikian dengan sikap optimis, Habibie pun melakukan berbagai pembenahan.

Diawali dengan pembentukan kabinet baru dan mencari dukungan moneter untuk memulihkan ekonomi yang ambruk. Kemudian dia pun membebaskan tahanan-tahahan politik  dan mengurangi kontrol kebebasan berpendapat dan berorganisasi yang di masa orde baru amat dibatasi.

Dalam jangka waktu kurang dari dua tahun, berbagai kebijakan strategis diterbitkan di era pemerintahannya. Beberapa undang-undang seperti seperti UU Anti Monopoli, UU Partai Politik, dan UU Otonomi Daerah, mampu menjadi landasan kukuh dan menghindarkan Indonesia dari gejolak disintegrasi yang diwarisi sejak era orde baru.

Kontroversi politik pun dihadapi oleh Habibie ketika dia memberikan opsi otonomi luas dan bebas menentukan nasib sendiri kepada rakyat Timor Timur. Pelaksanaan jejak pendapat menghasilkan keputusan bahwa mereka menginginkan kemerdekaan, dan hal ini membuat Indonesia harus rela melepaskan Timor Timur sebagai provinsi ke 27.

Permasalahan ini menjadi penyebab ditolaknya laporan pertanggungjawaban Persiden Habibie pada Sidang Umum tahun 1999. Hal ini lah yang membuatnya tidak mencalonkan diri kembali menjadi presiden RI.

Di awal reformasi pemerintahan Habibie mendapat pandangan yang cenderung negatif oleh para reformis. Namun seiring waktu, masyarakat dapat melihat betapa optimalnya upaya yang dilakukan Habibie dalam memulihkan kondisi Indonesia.

Habibie di Masa Senja

Wafatnya Ibu Ainun menjadi pukulan berat bagi B.J. Habibie di masa pensiunnya. Kisah hidupnya bersama ibu Ainun pun dia tuangkan ke dalam bentuk buku dan tulisan. Romantisme tersebut diangkat dalam bentuk Film berjudul “Habibie dan Ainun”. Sebuah cerita manis yang menemani hari tuanya bersama anak cucunya.

B.J. Habibie bukan sekadar ilmuwan dan tokoh politik. Dia adalah tokoh multidimensional yang menjadi contoh, panutan, dan kebanggaan bangsa Indonesia.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: B.J. Habibie - Presiden Indonesia yang Diakui Kecerdasannya oleh Dunia
B.J. Habibie - Presiden Indonesia yang Diakui Kecerdasannya oleh Dunia
B.J. Habibie bukan sekadar ilmuwan dan tokoh politik. Dia adalah tokoh multidimensional yang menjadi contoh, panutan, dan kebanggaan bangsa Indonesia
https://3.bp.blogspot.com/-0vU-LQG5_s0/V2weuUznvQI/AAAAAAAAEes/N_vKUghdCHY2_yX8m5OuAKkZnT1Q1UCMwCLcB/s320/reidfile-BJ-Habibie.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-0vU-LQG5_s0/V2weuUznvQI/AAAAAAAAEes/N_vKUghdCHY2_yX8m5OuAKkZnT1Q1UCMwCLcB/s72-c/reidfile-BJ-Habibie.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/06/bj-habibie-presiden-indonesia-yang.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/06/bj-habibie-presiden-indonesia-yang.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy