Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia I

Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia I, persaingan ekonomi, perebutan negara jajahan (imperialisme), hingga adu kekuatan senjata

Reidfile - Penyebab utama Perang Dunia I masih menjadi kontroversi hingga sekarang. Namun, berdasarkan analisis dari ahli sejarah dunia, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan perang berlangsung begitu masif dan memakan banyak korban jiwa.

Penyebab Perang Dunia I dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah sebab umum dan yang kedua adalah sebab khusus. Sebab umum terjadinya Perang Dunia I terdiri dari beberapa masalah seperti persaingan ekonomi, perebutan negara jajahan (imperialisme), hingga adu kekuatan senjata. Berikut uraian selengkapnya. (Untuk melihat sebab khusus Perang Dunia I, simak di sini.)

Persaingan Ekonomi yang Ketat

Sebelum Perang Dunia I atau The Great War akhirya pecah di tahun 1914, Eropa memiliki dua kubu besar yang memegang kekuatan di berbagai sektor. Kubu pertama adalah Triple Entente yang terdiri dari Inggris, Prancis, dan Rusia. Kubu kedua bernama Triple Alliance terdiri dari Jerman, Austria-Hungaria, dan Italia. Dua kubu hebat ini saling bertarung untuk mendapatkan kekuasaan satu sama lain. Seperti yang terjadi antara Jerman dan Inggris.

Awal abad ke-20, Inggris memiliki industri yang sangat kuat. Barang-barang dari negara ini hampir menguasai seluruh Eropa. Melihat hal ini, Jerman terobsesi untuk menyainginya. Akhirnya Jerman membuat produk serupa dan dijejalkan ke berbagai negara termasuk Inggris. Persaingan ini membuat Inggris memberikan label produknya dengan tulisan Made from England. Pembeli tentu lebih memilih produk dari Inggris yang kualitasnya terjamin.

Produk Jerman pun akhirnya anjlok dan kerugian besar didapatkan. Untuk memukul mundur produk Inggris, Jerman menurunkan harga barangnya hingga konflik semakin memanas antara dua kubu yang menginginkan dominasi di pasar Eropa.

Persaingan Bidang Perkapalan dan Angkatan Laut

Kekuatan darat Jerman di awal abad ke-20 bisa dibilang sangat hebat. Perang atau konflik darat bisa dimenangkan negara ini tanpa bersusah payah. Namun, untuk urusan laut, Jerman masih selangkah di belakang jika dibandingkan dengan Inggris. Negara kepulauan yang terletak di utara Eropa itu memiliki sistem kelautan yang sangat andal. Bukti keandalan Angkatan Laut Inggris dibuktikan dengan banyaknya negara jajahan di berbagai penjuru dunia.

Mengetahui sektor Angkatan Lautnya yang buruk, Jerman mengerahkan banyak dana untuk mengembangkan sektor kelautan. Proyek pengembangan kapal hingga kapal selam dilakukan secara besar-besaran. Inggris yang mengetahui ini tak bisa tenang. Jerman adalah kekuatan besar yang susah dikalahkan. Jika negara ini maju di sektor laut, maka kejayaan Inggris di lautan bisa terganggu.

Dua negara ini akhirnya terus bersaing untuk menciptakan kapal terhebat. Inggris memiliki kapal perang seperti HMS Dreadnought yang disebut sebagai raja lautan. Sementara itu Jerman menghasilkan U-Boats yang merupakan kapal selam pembunuh.

Perebutan Daerah Jajahan (Imperialisme)

Sebelum abad ke-20 datang, negara-negara di Eropa telah banyak melakukan ekspedisi ke berbagai negara. Belanda akhirnya membuat koloni di Indonesia. Sementara itu Inggris membuat koloni di Australia, India, dan Singapura. Prancis pun juga tak kalah banyak memiliki daerah jajahan di kawasan Afrika. Hal ini membuat Jerman sedikit iri karena meski memiliki kekuatan besar, mereka tidak memiliki daerah jajahan.

Akhirnya Jerman memiliki sebuah strategi untuk memecah belah daerah jajahan negara Eropa. Jerman memberikan sokongan kekuatan agar negara jajahan melakukan gerakan pembebasan. Setelah bebas, negara tersebut akan membalas budi ke Jerman entah dalam hal dukungan kekuatan atau ikut bergabung agar wilayah Jerman menjadi luas.

Persaingan untuk mendapatkan daerah baru entah dengan perang, mencaplok, atau cara halus seperti membantu kemerdekaan memicu perang yang besar. Salah satu bukti dari taktik Jerman ini adalah bantuan pasukan ke Maroko yang saat itu masih menjadi koloni dari Prancis. Akibat hal ini Maroko mengalami krisis hingga dua kali.

Persaingan Bidang Militer

Tidak bisa dimungkiri lagi jika kekuatan militer selalu bisa menyebabkan perang muncul dengan mengerikan. Salah satu penyebab Perang Dunia I adalah adanya perkembangan kekuatan militer baik darat, laut, maupun udara. Di awal-awal abad ke-20, kekuatan militer di Jerman berkembang dengan sangat pesat jika dibandingkan dengan Inggris dan Prancis. Kekuatan ini membuat banyak negara mulai memiliki rasa saling curiga dan was-was jika sewaktu-waktu mengalami serangan.

Kekuatan militer yang sangat besar juga membuat negara berkuasa, dalam hal ini Inggris dan Jerman beradu membuat kebijakan publik. Kawasan Eropa pun akhirnya harus tunduk dengan dua kebijakan yang kadang selalu berseberangan. Inggris yang notabene raja Eropa tidak mau dikalahkan oleh Jerman yang dianggap sebagai negara peniru.

Persaingan bidang militer antara Jerman dan Inggris memicu perang besar di daratan dan juga lautan. Kedua negara ini adu kekuatan demi menunjukkan eksistensinya sebagai penguasa Eropa meski perang membuat membuat keduanya bangkrut.

Tumbuhnya Rasa Nasionalisme

Sebab lain yang menyebabkan Perang Dunia I akhirnya pecah adalah bangkitnya rasa nasionalisme dan perasaan ingin bebas. Orang-orang di daerah Bosnia dan Herzegovina ingin menjadi bagian dari Serbia daripada Austria-Hungaria. Akibat hal ini Austria-Hungaria melakukan serangan habis-habiskan ke Serbia dengan bantuan Jerman yang kala itu juga berkonflik dengan Prancis dan Rusia.

Balas dendam Prancis kepada Jerman akibat dua wilayahnya (Alsace dan Lorraine) dicaplok juga sangat kuat. Negara-negara di kawasan Balkan bergejolak ingin merdeka dan menjalankan pemerintahannya sendiri. Keinginan ini tak disambut baik oleh Jerman dan Austria-Hungaria yang terus menekan mereka. Bahkan pembantaian besar-besaran dilakukan agar konflik bisa mereda dengan cepat.

Sebab umum terjadinya perang dunia I di atas menyebabkan Eropa, bahkan kawasan dunia memanas. Perang selama empat tahun pecah dan membunuh jutaan nyawa tak berdosa.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia I
Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia I
Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia I, persaingan ekonomi, perebutan negara jajahan (imperialisme), hingga adu kekuatan senjata
https://2.bp.blogspot.com/-Qb76cYqOHH4/V0EpHkPiNYI/AAAAAAAAEA8/f7zwwJ3w4XoYIovoCR4bxcawpHDi0J3WgCLcB/s320/apsukaa%2Bperang%2Bdunia%2B1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Qb76cYqOHH4/V0EpHkPiNYI/AAAAAAAAEA8/f7zwwJ3w4XoYIovoCR4bxcawpHDi0J3WgCLcB/s72-c/apsukaa%2Bperang%2Bdunia%2B1.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/05/sebab-umum-terjadinya-perang-dunia-i.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/05/sebab-umum-terjadinya-perang-dunia-i.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy