Sebab Khusus yang Melatarbelakangi Terjadinya Perang Dunia II

Perang Dunia II, Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II, Nazi Jerman, Uni Soviet, Amerika, Pearl Harbor

Reidfile - Meletusnya Perang Dunia II selain dilatarbelakangi oleh munculnya ideologi fasisme di tiga negara poros, juga disebabkan oleh penyerangan-penyerangan yang merupakan kelanjutan dari kebijakan ekspansi. Konflik ekspansi dan penyebaran ideologi Fasisme tersebut  terbagi ke dalam tiga zona utama, yakni zona EropaAfrika Utara, dan Asia-Pasifik

Penyerangan di Wilayah Eropa

a.  Serangan terhadap Polandia

Antara tahun 1919 dan 1939, Polandia mengusulkan kebijakan non-agresi antara Uni Soviet dan Nazi Jerman. Namun, Jerman melakukan penekanan terhadap Polandia dan mendesak negara tersebut untuk menyetujui Pakta Anti-Kominterm, yang merupakan persetujuan antara Nazi Jerman dan Kekaisaran Jepang untuk melakukan perlawanan terhadap Komunis Internasional, terutama Uni Soviet. Selain itu, Jerman juga menuntut agar Polandia masuk menjadi anggota negara satelit Jerman. Karena takut akan kehilangan hak kemerdekaannya, Polandia menolak tawaran Jerman tersebut. 

Langkah Jerman yang berusaha menjadikan Polandia sebagai wilayah ekspansinya ini menuai kecaman dan ancaman dari Britania Raya dan Perancis. Kedua negara tersebut menyatakan bahwa penyerangan terhadap Polandia berarti awal sebuah peperangan. Inggris dan Perancis juga membujuk Uni Soviet untuk turut andil untuk menindak langkah Jerman tersebut. Pada awalnya, Uni Soviet setuju untuk membantu Inggris dan Perancis dalam melawan Jerman, namun pemerintah negara tersebut juga merasa diuntungkan jika bekerja sama dengan Jerman karena dapat menguasai sebagian wilayah Polandia dan negara-negara Baltik.

Akhirnya, Jerman pun menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939 dan menolak perintah Inggris dan Perancis untuk mundur. Akibat langkah Jerman yang menolak untuk mundur tersebut, kedua negara tersebut kemudian menyatakan perang terhadap Jerman pada tanggal 3 September 1939. 

Pada April 1940, Jerman melakukan penyerangan ke wilayah utara hingga berhasil menduduki Denmark dan Norwegia. Satu bulan kemudian, Belanda pun akhirnya berhasil ditaklukkan. Italia menyusul langkah Jerman untuk menyatakan perang pada Inggris dan Perancis pada Juni 1940 serta langsung melakukan agresi ke Perancis. Kekuatan militer dua negara fasis tersebut semakin menjadi-jadi dengan dijatuhkannya bom di berbagai negara sasaran serta serangan ke wilayah angkatan laut Inggris. Pada tanggal 27 September 1940, Jerman, Italia, dan Jepang menyatukan kekuatan  melalui Perjanjian Tiga Negara.

b.  Serangan terhadap Uni Soviet

Pada tanggal 22 Juni 1941, Jerman melancarkan serangan terhadap Uni Soviet dengan bantuan Finlandia dan Rumania. Serangan Jerman terhadap Rusia tersebut melanggar perjanjian untuk tidak saling melakukan penyerangan. Hitler memiliki keyakinan bahwa Uni Soviet dapat dikalahkan dalam sekali serangan sebab pada saat itu, Uni Soviet tidak mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya serangan. Kubu Jerman yang merasa percaya diri akan memperoleh kemenangan atas serangannya ke Uni Soviet ini berharap bahwa kemenangan tersebut dapat memaksa Inggris untuk menyerah dan menghentikan peperangan. Namun, siapa yang menyangkabahwa serangan yang diberi nama Operasi Barbarossa tersebut berbuah kegagalan bagi pihak Jerman? Serangan Jerman terhadap Uni Soviet tersebut berakhir pada Desember 1941 ketika badai salju melanda Moskow dan menyebabkan pasukan Jerman tidak mampu bertahan akibat persediaan dan peralatan perang yang tidak disiapkan untuk kondisi bersalju. 

Penyerangan di Wilayah Afrika Utara

Invasi Jerman ke wilayah Afrika Utara dipimpin oleh seorang Jenderal bernama Erwin Rommel. Serangan pasukan Jerman di wilayah tersebut dapat ditahan oleh pasukan Inggris di bawah pimpinan Montgomery, dan pasukan militer Amerika Serikat yang dipimpin oleh Eisenhower. Kedatangan pasukan Amerika Serikat pada tanggal 12 November 1942 membuat pertahanan pasukan Jerman semakin goyah yang kemudian disusul oleh invasi Uni Soviet ke wilayah Jerman dan berhasil menduduki Berlin.

Penyerangan Jepang terhadap Pangkalan Laut Amerika

Perang Dunia II di kawasan Asia-Pasifik diawali dengan penyerangan Jepang terhadap pangkalan armada Angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941. Peristiwa invasi militer Jepang di Pearl Harbor tersebut sering disebut juga dengan istilah Perang Asia Timur Raya. Julukan tersebut berasal dari propaganda Jepang yang menyerukan bahwa peperangan tersebut bertujuan untuk mewujudkan kemakmuran di wilayah Asia Timur Raya. 

Pada hari yang sama pula, militer Jepang melakukan penyerangan ke wilayah Persemakmuran Filipina yang berada di bawah kekuasaan Amerika Serikat, serta ke wilayah Singapura, Malaya, dan Hongkong yang merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Inggris. Serbuan Jepang tersebut kemudian dilanjutkan ke wilayah Asia lainnya seperti Muangthai (Thailand), Burma (Myanmar), dan Hindia Belanda (Indonesia). Penyerangan yang dilancarkan Jepang terhadap wilayah-wilayah Asia tersebut membuat Inggris dan Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jepang. Sementara, serangan Jepang tersebut mengakibatkan jatuhnya korban sebanyak 2.403 jiwa, hancurnya puluhan kapal-kapal perang, serta 188 unit pesawat tempur Amerika Serikat. 

Penyerangan Jepang terhadap Pangkalan Angkatan Laut Amerika tersebut pun berbuntut panjang terhadap reaksi negara-negara aliansi. Beberapa hari kemudian, Amerika Serikat kembali terlibat dalam peperangan di wilayah Eropa, bersamaan dengan deklarasi perang dari Jerman dan Italia terhadap Amerika Serikat. Pernyataan perang tersebut tetap dilancarkan meskipun Hitler dan Mussolini tidak memiliki hak untuk melakukan penyerangan terkait salah satu pasal dalam Perjanjian Tiga Negara. Hitler yang tidak mengetahui langkah Jepang yang menyerang Pearl Harbor merasa cemas ketika Amerika Serikat kembali terlibat dalam peperangan di wilayah Eropa sebab Hitler belum sepenuhnya menguasai Eropa. 

Peristiwa penyerangan Jepang terhadap Pearl Harbor merupakan momentum kebangkitan perjuangan bangsa Indonesia. Kemenangan mutlak yang diperoleh Jepang atas Amerika Serikat menumbuhkan rasa percaya diri para pejuang Indonesia untuk terlepas dari belenggu penjajah.

Invasi negara-negara Fasis ke wilayah lain sebagai bagian dari politik ekspansinya tersebut dimulai dari pendudukan wilayah Polandia oleh tentara Nazi Jerman. Untuk lebih jelasnya, baca juga Kronologi Terjadinya Perang Dunia II.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Sebab Khusus yang Melatarbelakangi Terjadinya Perang Dunia II
Sebab Khusus yang Melatarbelakangi Terjadinya Perang Dunia II
Perang Dunia II, Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II, Nazi Jerman, Uni Soviet, Amerika, Pearl Harbor
https://2.bp.blogspot.com/-6H3rXhgbDTQ/VzQxqzFv5VI/AAAAAAAAD2o/1qsaqYgmWFUijeAhoN1V5cVOjEo3gIIcACLcB/s320/battle-of-berlin.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-6H3rXhgbDTQ/VzQxqzFv5VI/AAAAAAAAD2o/1qsaqYgmWFUijeAhoN1V5cVOjEo3gIIcACLcB/s72-c/battle-of-berlin.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/05/sebab-khusus-yang-melatarbelakangi_12.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/05/sebab-khusus-yang-melatarbelakangi_12.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy