Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia I

Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia I, Krisis dan Perpecahan di Eropa (Sebelum 1914), Perang Italia-Turki (1911-1912)

Reidfile - Perang Dunia I bisa terjadi akibat adanya pertentangan antara dua kubu yang berkuasa. Kubu Entente yang terdiri dari Inggris, Rusia, dan Prancis. Beradu kekuatan dengan Kubu Alliance yang beranggotakan Jerman, Austria-Hungaria, dan Italia. Inggris dan Jerman mencoba adu kuat dalam hal perdagangan dan kekuatan militer laut. Sementara itu imperialisme dan nasionalime juga semakin mewabah. (Untuk sebab umum terjadinya perang dunia 1 bisa anda simak di sini.)

Selain sebab umum yang terjadi secara global. Perang Dunia I juga terjadi karena alasan-alasan khusus. Pertama adalah krisis di berbagai negara dan juga pembunuhan beberapa pemimpin penting. Berikut uraian lengkap tentang sebab khusus terjadinya Perang Dunia I.

Krisis Maroko Pertama (1905-1906)

Sejak akhir abad ke-19, Eropa mengalami yang namanya polarisasi atau munculnya banyak sekali kubu-kubu yang saling berselisihan. Krisis di banyak negara membuat situasi di Eropa lambat laun memanas dan tidak bisa dikendalikan. Pada tahun 1905 terjadi krisis besar di Maroko yang menyebabkan hubungan Jerman dan Prancis memanas. Kala itu, Jerman berusaha memberikan provokasi agar Maroko melakukan perlawanan terhadap Prancis yang melakukan kolonialisasi.

Krisis Bosnia (1908)

Setelah krisis di Maroko selesai, muncul lagi krisis cukup besar di kawasan Eropa bagian selatan. Pada tahun 1908 Austria-Hungaria mengumumkan telah mencaplok wilayah Bosnia dan Herzegovina. Pencaplokan ini membuat goncangan hebat di wilayah Balkan hingga membuat hubungan Austria-Hungaria dengan Serbia memanas. Keadaan ini semakin buruk ketika Rusia ikut melakukan intervensi.

Krisis Maroko Kedua (1911)

Setelah Maroko sempat melawan dan mendapatkan bantuan yang besar. Prancis mulai berontak untuk mempertahankan daerah kekuasaannya tersebut. Serangan di dalam negara Maroko kembali memanas dan membuat Jerman mengirimkan banyak bantuan persenjataan di pelabuhan Agadir.

Saat krisis terjadi, Prancis didukung penuh oleh Entente yang berisi Inggris dan Rusia. Maroko akhirnya kembali memanas dan membuat ketegangan Eropa dan dunia kembali tersulut dengan sangat cepat. Akibat krisis ini hubungan Jerman dan Entente kian memburuk dan memupuk adanya perang yang lebih ganas.

Perang Italia-Turki (1911-1912)

Pada tahun 1911 konflik di kawasan Balkan kian memanas. Kali ini Kerajaan Ottoman yang saat ini sudah menjadi Turki terlibat peperangan dengan Kerajaan Italia. Akibat peperangan ini, beberapa wilayah dari Kerajaan Ottoman yang terletak di Italia diambil alih. Wilayah yang diambil oleh Kerajaan Italia antara lain Fezzan, Cyrenaica, dan Tripoli. Kemenangan Italia membuat Kerajaan Ottoman geram dan akhirnya bergabung dengan Kekuatan Sentral saat Perang Dunia I berjalan secara resmi.

Perang Balkan (1912-1913)

Perang Balkan membuat perubahan besar di kawasan Eropa bagian selatan. Negara-negara di kawasan Balkan menyerang Kerajaan Ottoman habis-habisan hingga membuat wilayah kerajaan Islam yang terletak di Eropa benar-benar habis. Selain Kerajaan Ottoman, Bulgaria juga kalah dalam peperangan. Sementara itu kekuatan Serbia semakin besar hingga mulai mencaplok beberapa wilayah di kawasan Austria-Hungaria.

Kekuatan dari Serbia membuat Austria-Hungaria panik dan membuat Jerman berjanji akan membantu negara itu melakukan invasi. Perang Balkan membuat Jerman bergabung dengan Austia-Hungaria untuk mendapatkan tambahan kekuatan. Kerajaan Ottoman yang kalah perang di Balkan ikut bergabung untuk menghalau kekuatan Inggris yang dikirim dari India saat Perang Dunia I terjadi mulai 28 Juli 1914.

Aliansi Prancis-Rusia (1911-1913)

Krisis di Balkan antara Jerman, Austria-Hungaria, Kerajaan Ottoman melawan Italian dan beberapa negara lain membuat Prancis memiliki pandangan baru. Negara itu sadar bahwa kawasan Balkan sangat penting bagi Rusia. Akhirnya kedua negara tersebut bergabung dan menjadi aliansi yang kuat. Prancis menjadikan Serbia sebagai bagian skenario perang untuk melawan Jerman yang terus membantu Austria-Hungaria untuk melakukan invasi besar-besaran.

Krisis Juli 1914

Sejak akhir Juni hingga sepanjang Juli 1914, kawasan Eropa mengalami krisis yang sangat parah. Krisis ini membuat Perang Dunia I berlangsung lebih cepat dan akhirnya membuat kawasan Eropa menjadi lautan darah.

Pada tanggal 28 Juni 1914 sebuah kejadian besar mengguncang kawasan Austria-Hungaria. Archduke dari kerajaan ini yang bernama Franz Ferdinant dibunuh. Akibat pembunuhan kerajaan Austria-Hungaria mengamuk dan melakukan serangan ke Serbia yang menjadi dalang pembunuhan. Archduke Franz Ferdinant dan istri dibunuh saat melakukan kunjungan ke wilayah Sarajevo. Pembunuhan ini dianggap sebagai sinyal perang yang ditujukan Etente ke Alliance.

Mengetahui Austria- Hungaria mengalami goncangan yang sangat hebat. Sejak tanggal 5-6 Juli 1914, Jerman mulai mendekat untuk memberikan janji-janji. Negara itu mengatakan akan membantu Austria-Hungaria dalam balas dendam dan merebut wilayah dari Serbia.

Sadar akan bencana besar yang akan datang, Prancis langsung menghubungi Rusia untuk membahas kemungkinan serangan Austria-Hungaria ke Serbia dalam waktu dekat.

Pada tanggal 23 Juli 1914, Austria-Hungaria mengirimkan ultimatum ancaman kepada Serbia. Negara yang membunuh Archduke Franz Frerdinant ini akhirnya meminta bantuan kepada Rusia. Setelah Rusia menyanggupi akan mengirim bantuan (pasukan angkatan laut dan darat sejumlah 1,1 juta orang), Serbia dengan bangga menerima ultimatum yang dikirimkan oleh Austria-Hungaria.

Tepat pada tanggal 28 Juli 1914 Austria-Hungaria melakukan serangan habis-habiskan kepada Serbia. Pada perang ini Jerman berusaha membantu Austria-Hungaria hingga membuat Inggris marah. Akhirnya bentrok secara terang-terangan antara Jerman dan Inggris terjadi dan Perang Dunia I resmi berlangsung. Sebulan berselang, Jepang ikut bergabung dengan Inggris untuk melawan Austria-Hungaria yang didukung penuh oleh Jerman dan Kerajaan Ottoman.(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia I
Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia I
Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia I, Krisis dan Perpecahan di Eropa (Sebelum 1914), Perang Italia-Turki (1911-1912)
https://4.bp.blogspot.com/-LlI0Yjf2dqM/V0EvfQ47dMI/AAAAAAAAEBM/h9q9OpFZyawy2oLKqCyuwg6PULh477uHwCLcB/s320/perang%2Bdunia%2B1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-LlI0Yjf2dqM/V0EvfQ47dMI/AAAAAAAAEBM/h9q9OpFZyawy2oLKqCyuwg6PULh477uHwCLcB/s72-c/perang%2Bdunia%2B1.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/05/sebab-khusus-terjadinya-perang-dunia-i.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/05/sebab-khusus-terjadinya-perang-dunia-i.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy