Pembaharuan itu Bernama Meiji Restorasi

Meiji Restorasi dimulai dengan mengubah ibukota Edo menjadi Tokyo, Pembaharuan itu Bernama Meiji Restorasi, Meiji restorasi, Reidfile

Meiji restorasi, sebuah frasa yang tidak asing bagi kita. istilah yang muncul ketika negeri matahari terbit mampu menggeser kolonial di nusantara. Bagaimana itu bisa terjadi? Simak yang berikut ini.

Reidfile - Perang kilat bin singkat yang dilancarkan Jepang ke Pearl Harbour di Hawai, akhirnya mampu menumbangkan pertahanan ABCD-Front. Sistem kamizake dengan jibakunya, Jepang menyerang dari segala penjuru, darat-laut hingga udara dan tak ayal, serangannya pun mampu meruntuhkan moril tentara Amerika Serikat. Filiphina yang berhasil diambil alih Jepang dari tangan Amerika Serikat, menjadi titik tolak Jepang mulai merengsek masuk ke Indonesia. ABDC- Front pun akhirnya mau tidak mau mencoba menahan serangan Jepang yang akan ke Indonesia dengan melakukan pembagian pertahanannya, namun sangat disayangkan, upaya ini pun tetap menemui jalan buntu, hingga akhirnya Jepang benar-benar menduduki nusantara.

Strategi Jepang untuk mendekati rakyat Indonesia patut diacungi jempol. Pasalnya kedatangan Jepang terhitung sangat dadakan dan langsung disambut meriah oleh bangsa ini. Propaganda Jepang yang sangat efektif dengan mendekati umat islam dan ulama menjadi kunci utama keberhasilannya. Salah satu bentuk pendekatan yang dilakukan, misalnya tentara Jepang Islam masuk ke Masjid Kwitang Jakarta, menunjukkan bahwa dirinya merupakan saudara tua bangsa Indonesia. Strategi yang dilakukan oleh Jepang pun sebenarnya telah dirancang dengan sangat matang dan lama, dengan mendapatkan simpati dari umat islam di Timur Tengah terlebih dahulu.

“ Jepang mulai melakukan usaha untuk bangkit dari negara yang tertutup (closed country) setelah dipaksa Commodor Perry tahun 1854 M menjadi negara yang terbuka (opened country) dan berubah lag menjadi negara peniru barat (imitation country).”

Keputusan Jepang dalam meniru barat tidak lepas dari pertimbangan dalam berbagai bidang. Jepang merasa tertinggal dalam berbagai bidang dibanding barat, misalnya dalam aspek kekuatan militernya yang akhirnya mencontoh negara Jerman (angkatan darat), dalam kekuatan angkatan laut meniru Kerajaan Protestan Angklikan Inggris. Perubahan-perubahan yang dilakukan Jepang tidak lepas dari peran Kaisar Meiji yang berhasil menumbangkan kekuasaan Tokugawa. Kaisar Meiji kemudian melakukan berbagai perubahan untuk menuju cita-cita Jepang menjadi negara modern. Pembaharuan yang digagas oleh Kaisar Meiji ini dikenal dengan Meiji Restorasi yang berlangsung pada 1867-1912 M.

Meiji Restorasi dimulai dengan mengubah ibukota Edo menjadi Tokyo. Pembaharuan yang selajutnya yaitu dengan upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia menjadi modern melalu pembaharuan pendidikan dan agama. Jepang menggunakan sebuag gerakan bummeikaika untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Gerakan memperadabkan bangsa Jepang ini dilakukan dengan meninggalkan ajaran ketakhayulan dan feodalisme. Jepang juga melakukan pembaharuan dalam pendidikan untuk menuju kehidupan modern. Berbagai universitas didirikan untuk mendukung pembangunan pendidikan tinggi, misalnya Keio University, Waseda University, The Imperial University dan Doshisha University.

Selain membangun perguruan tinggi, Jepang juga melakukan pembaharuan sistem pendidikan sehingga muncullah tokoh-tokoh pembaharu, seperti Fukuzawa Yukichi (1834-1901 M). Dalam pembaharuan bidang politik, Jepang memiliki Nakoe Chomin (1847-1901 M). Kedua tokoh ini pun menjadi pelopor konsep modernisasi dengan ilmu dan teknologi barat namun tidak meninggalkan tradisi lama. Pembaharuan yang dilakukan oleh Jepang menunjukkan bahwa bangsa ini pun meniru barat hingga berubah menjadi negara imperalis. Jepang menjadi negara imperialis baru dengan kekuatan militer yang sangat kuat dan tak tertandingi.

Negara imperialisme timur pun akhirnya terlahir. Jepang sebagai bangsa pioner, memulainya dengan menggulirkan Perang Asia Timur Raya. Seperti pada umumnya, negara-negara imperalis memiliki cita-cita ingin menguasai dunia dan dalam mewujudkan impiannya, keduanya menggunakan teori yang sama yaitu :
  1. Teori Walter Raleigh yang memiliki pemahaman tentang pentingnya menguasai lautan atau maritime. Kerajaan-kerajaan imperalis yang menganut ini pun terbukti berhasil menguasai dunia, sebut saja Kerajaan Anglikan Inggris yang dapat mengembangakan penjajahannya hingga ke seluruh dunia karena mengembangkan armada lautnya. Kerajaan Protestan Belanda juga melakukan hal yang sama dan diikuti oleh Amerika Serikat yang akhirnya mmapu menjajah Karibia, Alaska, Panama, Hawaii, P.Guam, Jepang dan Filiphina.
  2. Sir Harold Mackinder, seorang Guru Besar Geografi Universitas Oxford yang mengutamakan teori penguasaan daratan. Dengan menguasai darat yang luas dapat menguasai dunia. Adapaun wilayah darat yang luas yang dimaksud yaitu daratan Rusia dan Jerman. Bentuk penguasaan daratan luas diwujudkan dengan dibangunnya transportasi kereta api. Rusia membangun jalan kereta api membentang hingga dari Mukden, di Indonesia juga dibangun jalan kereta api hingga Benteng Stelsel oleh Kolonial Belanda. Teori ini pun berkembang menjadi penggabungan penguasaan darat dan laut yang dikenal dengan sebutan daerah jantung (heartland).
  3. Nicolas Spykman (1944), mengembangkan  teori The Geography of The Peace yang menyatakan bahwa pentingnya membagi wilayah dengan sebutan daerah jantung dan tepian laut, daerah pinggir yang menjadi daerah penyangga konflik (daerah pinggir tersebut yaitu Eropa dan Asia yang mengelilingi Jerman dan Rusia. Adapun strategi penguasaannya dijawab oleh Alexander Pde Seversky yaitu dengan kekuatan udara yang kuat, sehingga tidak heran jika Amerika Serikat mengutamakan pertahanan udaranya.
Teori-teori geopolitik tersebut menunjukkan bahwa pentingnya bagi suatu bangsa untuk memahami kondisi geografis. Kekuatan sebuah bangsa bisa dilihat dari seberap mampu bangsa tersebut menguasai medan perang di negara sendiri, dan terbukti bangsa ini masih belum tuntas dalam menyelesaikannya karena lemahnya dalam geografi. Seringnya Indonesia “kecolongan” pulau-pulau terluar yang potensial, kaya akan sumberdaya lautnya karena tidak mampu menguasai kondisi geografis bangsa sendiri.

Pendudukan Jepang yang semakin jelas sebagai imperalis yang berkamuflase dan bersembunyi dalam gerakan nipponisasi mencoba mengubah kultur Asia menjaid kultur Jepang, misalnya tidak diperbolehkan memiliki rambut panjang melainkan harus gundul seperti Jepang, dilarang menggunakan bahwa Inggris atau Belanda.

Kita banyak belajar dari Jepang, meski pernah dijajah namun prestasi-prestasinya patut ditiru bangsa ini, karena bangsa yang besar bukan berarti wilayahnya yang besar pula, tapi bangsa yang besar bisa dilihat dari kualitas manusianya. Wallahu’alam >_<

     Catatan Khusus tentang Kapitulasi Kalidjati     

Walaupun Gubernur Jenderal Tjarda Van Starkenborgh menolak melakukan penyerahan Indonesia karena mentaati perintah P.M. Prof. Gebrandy dari London, namun Jenderal Ter Porten bersedia melakukan penandatanganan penyerahan Indonesia tanpa syarat kepada Jenderal Hitoshi Imamura pada 8 Maret 1942 atau 20 Safar 1361. Tjardan dan Ter Porten merasakan betapa pedihnya di penjara Sukamiskin Bandung. Penjara ynag dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda untuk memenjarakan para ulama dan para pejuang kemerdekaan Indonesia, berbalik memenjarakan pembangunnya. >_<

Dari Sukamiskin, dia dipindahkan ke Jakarta, Singapura, Taiwan dan Manchuria. Mirip dengan apa yang dikerjakan oleh pemerintahan kolonial Belanda dalam memindahkan tempat pembuangan para ulama. Tjardan dan Ter Porten merasakan bagimana rasanya kalia kehilangan kemerdekaan. Perang Dunia II dan Perang Asia Timur Raya, perang antara imperalis, membuka pikiran dan kesadaran penjajah betapa pedihnya menjadi bangsa yang terjajah (Suryanegara, 2010). (Sandy Kun)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Pembaharuan itu Bernama Meiji Restorasi
Pembaharuan itu Bernama Meiji Restorasi
Meiji Restorasi dimulai dengan mengubah ibukota Edo menjadi Tokyo, Pembaharuan itu Bernama Meiji Restorasi, Meiji restorasi, Reidfile
https://4.bp.blogspot.com/-Lwgoi5T7xOg/WZw2KeB_k9I/AAAAAAAAACs/IoYaOMqBr4EYUJ6pdlLZSc8DL0xGGGyLQCLcBGAs/s320/Pembaharuan%2Bitu%2BBernama%2BMeiji%2BRestorasi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Lwgoi5T7xOg/WZw2KeB_k9I/AAAAAAAAACs/IoYaOMqBr4EYUJ6pdlLZSc8DL0xGGGyLQCLcBGAs/s72-c/Pembaharuan%2Bitu%2BBernama%2BMeiji%2BRestorasi.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/05/pembaharuan-itu-bernama-meiji-restorasi.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/05/pembaharuan-itu-bernama-meiji-restorasi.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy