Kronologi Terjadinya Perang Dunia II

Kronologi Terjadinya Perang Dunia II, Jepang, Bom Atom, Hiroshima dan Nagasaki, Pearl Harbor

Reidfile - Perang Dunia II melibatkan sejumlah negara besar yang membentuk aliansi dan berlomba-lomba unjuk kehebatan angkatan bersenjata. Pada peristiwa terbesar pada abad 20, negara-negara adidaya di dunia terbagi ke dalam dua blok yang saling bertentangan: Blok Axis, terdiri dari Jerman, Italia dan Jepang, serta Blok Sekutu yang beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Berikut ini merupakan kronologi terjadinya Perang Dunia II yang dimulai di Eropa pada tahun 1939:

Perang Dunia II Zona Eropa (1939-1945)

Pertempuran di wilayah Eropa dimulai saat Jerman melakukan penyerangan ke wilayah Danzig, Polandia. Keberhasilan Jerman menguasai Danzig tersebut kemudian disusul oleh wilayah-wilayah lainnya seperti Norwegia, Denmark, Belgia, Belanda, Luxemburg, dan Perancis. Akibat adanya agresi pasukan Nazi Jerman yang dilakukan di Perancis, pemerintah negara tersebut pun akhirnya terpecah belah menjadi dua kubu, yakni kubu Charles de Gaulle yang mendirikan pemerintahan darurat di London, kontra Vichy yang tunduk pada angkatan militer Jerman. Selanjutnya, pada tahun 1940 Jerman melancarkan serangan udara ke wilayah Inggris yang menimbulkan kerusakan parah di kota London. Akibat serangan tersebut, pihak militer Inggris segera melancarkan serangan balasan dengan menjatuhkan bom di kota-kota penting Jerman, yakni Bremen dan Hamburg.

Keberhasilan Jerman dalam menguasai negara-negara di kawasan Eropa menginspirasi negara Fasis sekutunya, Italia, untuk melancarkan serangan ke wilayah Yugoslavia dan Yunani. Namun, sebelum berhasil menguasai dua negara tersebut, tentara Italia terlebih dahulu digempur oleh pasukan tentara Yunani dan Yugoslavia yang dibantu Inggris. Jerman yang mengetahui bahwa sekutunya belum berhasil menguasai wilayah Yugoslavia, akhirnya mengirimkan bala bantuan militer untuk melancarkan misi invasi ke wilayah tersebut yang kemudian berakhir kemenangan bagi pihak Jerman dan Italia. Pasukan Inggris yang merasa terdesak oleh gempuran Jerman dan Italia akhirnya melarikan diri ke wilayah Kreta. Namun, pasukan Jerman berhasil mendesak pasukan Inggris untuk kembali melarikan diri ke Malta.

Setelah berhasil menduduki sebagian besar wilayah Eropa, Jerman memutuskan untuk melakukan penyerangan terhadap Uni Soviet. Penyerangan tersebut merupakan bentuk pelanggaran dari perjanjian untuk tidak akan melakukan agresi. Uni Soviet yang tidak mengantisipasi penyerangan yang dilakukan Jerman sempat mengalami kesulitan. Namun, berkat badai salju yang terjadi di wilayah Stalingard, pasukan Uni Soviet berhasil memukul mundur pasukan Jerman yang tidak siap untuk berperang di tengah badai salju. 

Kekalahan pertama Jerman di Uni Soviet tersebut seakan menjadi pertanda kekalahan selanjutnya yang akan diderita Jerman. Pada tahun 1942, pasukan sekutu mulai melakukan penyerangan langsung terhadap Jerman. Puncaknya terjadi pada tanggal 6 Juni 1944 ketika pasukan Amerika Serikat yang dipimpin Jenderal Eisenhower mendarat di wilayah Normandy dan akhirnya berhasil menduduki Jerman. Negara-negara di wilayah Eropa Barat pun dengan cepat dibebaskan dari kekuasaan Jerman.

Perang Dunia II Zona Afrika (1940-1943)

Agresi militer di wilayah Afrika dilancarkan oleh pasukan Jerman dan Italia. Pasukan Inggris dan beberapa negara sekutunya pun sudah bersiap melawan pasukan negara fasis. Pada tahun 1949, Italia melancarkan serangan ke Mesir yang kemudian berhasil digagalkan oleh pasukan Inggris. 

Selanjutnya, pada tanggal 23 Oktober 1942, dalam sebuah pertempuran di kota El-Alamien yang merupakan perbatasan Mesir dan Libya, pasukan Inggris yang dipimpin Jenderal Montgomery berhasil memukul mundur pasukan tentara Jerman. Setelah berhasil mengalahkan pasukan Jerman dan Italia, pasukan Inggris kemudian membebaskan negara-negara di wilayah Afrika Utara. Hingga akhirnya Afrika Utara sepenuhnya bebas dari kekuasaan negara fasis pada tahun 1943.

Perang Dunia II Zona Asia-Pasifik (1941-1945)

Wilayah Asia-Pasifik merupakan zona peperangan Jepang melawan pasukan negara blok demokrasi yakni Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Jepang yang terdorong atas keberhasilan Jerman dalam menguasai wilayah Eropa pun berambisi untuk menyatukan negara-negara di kawasan Asia di bawah kepemimpinannya. 

Perang Dunia II meletus di kawasan Asia-Pasifik pasca serangan mendadak tentara Jepang ke Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat yang berada di Pearl Harbor, Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941. Agresi Jepang ke wilayah Angkatan Laut Amerika Serikat tersebut mau tidak mau memaksa pasukan Amerika Serikat untuk turut terlibat dalam perang Asia-Pasifik. Setelah sukses membombardir Pearl Harbor, Jepang pun melanjutkan misinya untuk menguasai negara-negara Asia. Beberapa negara di Asia yang berhasil diduduki militer Jepang dalam waktu singkat di antaranya adalah: Filipina, Vietnam. Kamboja, Laos, Thailand, Indonesia, serta Burma.


Kondisi Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat yang berada di Pearl Harbor setelah penyerangan

Demi menghadapi keganasan pasukan militer Jepang, negara-negara sekutu bersatu dalam Front ABCD (America, Britsh, China, Dutch). Selain membentuk ABCD, negara sekutu juga turut membentuk ABDACOM (America, British, Dutch, Australian Command). Pasukan sekutu yang dipimpin Jenderal Douglas McArthur menerapkan stretgi perang yang dinamakan strategi loncat katak. Strategi tersebut dilakukan dengan cara menyerang pertahanan lawan dari satu titik ke titik lain yang pertahanannya sedang lemah.

Pada bulan April 1944, satu per satu wilayah kepulauan di Australia dan Jepang berhasil dikuasai pasukan sekutu. Tidak cukup menguasai wilayah yang dulunya diduduki Jepang, pasukan sekutu pun akhirnya menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6-9 Agustus 1945 yang membuat Jepang akhirnya menyerah tanpa syarat pada pasukan sekutu. Pada tanggal 2 September 1945, Jepang menandatangi deklarasi gencatan senjata di atas Kapal Missouri di Teluk Tokyo. Kekalahan Jepang tersebut sekaligus menandakan berakhirnya Perang Dunia II. 

Kelalaian Jepang dalam menangani Perang Dunia II dimanfaatkan oleh para pemimpin dan pejuang kemerdekaan Indonesia untuk melepaskan diri dari belenggu pendudukan Jepang di Indonesia. Lantas, seperti apakah keadaan dan posisi Indonesia selama masa Perang Dunia II?(*)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,15,Islam,6,Jejak,9,Jelajah,5,Komunis,5,Konflik,17,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,59,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Kronologi Terjadinya Perang Dunia II
Kronologi Terjadinya Perang Dunia II
Kronologi Terjadinya Perang Dunia II, Jepang, Bom Atom, Hiroshima dan Nagasaki, Pearl Harbor
https://1.bp.blogspot.com/-oJvw2jAZTms/VzS2ugDflhI/AAAAAAAAD3M/qxxyhO7JzYg0kA0dd6hIXIcNyfXrp_E5wCLcB/s320/3944755_20140127074555.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oJvw2jAZTms/VzS2ugDflhI/AAAAAAAAD3M/qxxyhO7JzYg0kA0dd6hIXIcNyfXrp_E5wCLcB/s72-c/3944755_20140127074555.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/05/kronologi-terjadinya-perang-dunia-ii.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/05/kronologi-terjadinya-perang-dunia-ii.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy