Kronologi Perang Dunia I

Kronologi Perang Dunia I, Peperangan Parit, Peperangan Lautan, Peperangan Area Selatan, Peperangan Timur, Awal Perseteruan Banyak Negara

Reidfile - Perang Dunia I berlangsung mulai 28 Juli 1914 dan berakhir di tahun 11 November 1918. Selama 4 tahun, 3 bulan, dan 2 minggu, perang telah menghancurkan banyak aspek mulai dari infrastruktur, ekonomi, dan geopolitik. Banyak negara yang akhirnya pecah atau bahkan runtuh hingga tak eksis lagi sampai sekarang.

Perang Dunia I atau The Great War berjalan sangat alot. Banyaknya negara yang terlibat dan banyaknya kepentingan yang tampak atau pun tersembunyi membuat kehancuran tak bisa dihindarkan. Berikut kronologi Perang Dunia I yang telah merenggut jutaan nyawa tak berdosa.

Awal Perseteruan Banyak Negara (1914)  

Kesalahpahaman Kekuatan Sentral antara Jerman dan Austria-Hungaria membuat suasana mendadak memanas. Jerman awalnya memang berjanji akan membantu Austria-Hungaria untuk melakukan misi invasi ke Serbia. Namun di saat yang sama Jerman harus menghadapi Rusia yang mulai melakukan aksi-aksi penyerangan. Akibat hal ini tentara Austria-Hungaria terpecah menjadi dua untuk menghadapi Rusia dan pasukan Serbia.

Penyerangan tentara Austria-Hungaria membuat kawasan Serbia memanas. Perang yang memanas akhirnya dimenangkan Serbia dan membuat kekecewaan besar bagi Astro-Hungaria. Kekuatan yang kecil, terbagi, dan tak ada bantuan dari Jerman membuat negara ini kalah dengan telak.

Saat konflik Serbia dan Austria-Hungaria meledak, Jerman sedang gencar menekan Belgia dan Prancis agar tunduk kepadanya. Peperangan sengit pun terjadi dan menyebabkan Eropa yang tenang menjadi lautan perang. Menyaksikan sekutunya Prancis digempur, Inggris tak tinggal diam. Negara itu mengirim pasukan dari India yang merupakan negara koloni untuk ikut bergabung ke Eropa.

Tentara Kerajaan Ottoman bergabung dengan Kekuatan Sentral untuk menghadapi serangan dari Rusia. Sementara itu, tentara dari India yang didatangkan ke Eropa juga dihadang agar tidak membuat kekuatan sekutu semakin meningkat tajam.

Peperangan Parit (1915-1917)  

Salah satu strategi perang yang banyak dipraktikkan saat Perang Dunia I adalah dengan bersembunyi di parit. Pihak-pihak yang berseteru seperti Sentral yang dikomando oleh Jerman serta Sekutu yang dikomando Inggris membuat parit untuk bersembunyi dan melakukan penyerangan di medan pertempuran. Dalam pertempuran ini Inggris dan Prancis mengalami kekalahan yang cukup fatal dari Jerman. Meski demikian, sekutu terus berusaha menembus blokade Jerman yang sangat kuat.

Peperangan Lautan (1915-1917)  

Sementara di daratan peperangan berlangsung dengan alot. Kawasan laut di sekitar Eropa kian memanas akibat Jerman melakukan penyerangan yang bertubi-tubi. Kapal-kapal perang dan dagang miliki Inggris dan sekutunya dihancurkan dengan tembakan melalui kapal selam U-Boats yang dikenal sangat lihat dalam pertempuran laut.

Pihak sekutu yang tak terima dengan serangan ini melakukan serangan balik yang jauh lebih besar. Sekutu berusaha meledakkan U-Boats meski tidak maksimal. Akibat perang yang terjadi di lautan ini Sekutu mengalami kehancuran 5.000 kapal sedangkan Jerman hanya mengalami kehancuran sekitar 199 kapal selam U-Boats.

Peperangan Area Selatan (1916-1918)  

Kalah dengan Serbia membuat Austria-Hungaria marah dan akhirnya melakukan serangan balik ke Serbia. Namun, sebelum hal ini terjadi, Austria-Hungaria terlebih dahulu melakukan serangan ke Italia. Saat mendapatkan kekuatan dari Bulgaria, Slovenia, Kroasia, dan Bosnia, Austria-Hungaria baru menyerang Serbia dengan kekuatan penuh. Kekalahan telak Serbia akhirnya terjadi dan membuat tentara yang bertahan harus diungsikan ke Yunani.

Beberapa tahun berselang, Prancis menyokong kekuatan Serbia hingga membuat negara ini mampu menembus kekuatan Austria-Hungaria yang dibantu Jerman. Sejak saat itu kekuatan dua kubu menjadi seimbang dalam peperangan.

Peperangan Timur (1916-1918)  

Saat Perang Dunia I masih berlangsung dengan sengit. Rusia mengalami revolusi besar-besaran hingga menyebabkan Tsar Nicholas II ditangkap. Revolusi ini membuat pemerintah Rusia melakukan negosiasi dengan Jerman. Negosiasi ini membuat beberapa kelompok tentara sekutu menyerang Rusia agar Jerman tidak melakukan eksploitasi sumber daya alam dari sana.

Pada tahun 1918 legiun Czechoslovak melakukan serangan ke Austria-Hungaria untuk mendapatkan kemerdekaan bagi Czechoslovakia. Legiun ini perlahan-lahan juga melakukan serangan ke Jerman yang sudah mulai porak-poranda hingga mendapatkan kemenangan.

Tawaran Damai (1916)  

Setelah mengalami perang hebat selama 10 bulan melawan Serbia. Jerman menawarkan adanya damai agar perang tidak berlarut-larut. Mengetahui hal ini Amerika ikut campur dan melakukan intervensi yang cukup besar. Akibat intervensi ini tawaran damai pun gagal karena kedua belah pihak tidak sepakat dengan syarat-syarat yang diajukan. Akhirnya perang yang lebih besar terjadi di seluruh penjuru Eropa, tak hanya kawasan tengah yang dikuasai oleh Kekuatan Sentral.

Konflik Hebat di Berbagai Wilayah (1917-1918)  

Konflik hebat terjadi di berbagai wilayah Eropa setelah perjanjian damai gagal dilakukan. Peperangan di lautan utara terjadi sangat sengit. Tahu kalau pasukannya mendapatkan blokade, Jerman mengerahkan U-Boats sebanyak-banyaknya untuk menjatuhkan kapal Inggris yang jumlahnya sangat banyak. Akhirnya, peperangan Laut Utara melebar hingga kekalahan kekuatan Sentral terjadi.

Pada tahun 1917 terjadi peperangan sengit di kawasan Timur Tengah. Tentara Kerajaan Ottoman yang dibantu Jerman mendapatkan serangan balik dari tentara Inggris. Konflik di Gaza, dan beberapa daerah lain tak bisa dihindarkan. Peperangan ini akhirnya berakhir setelah konflik berlanjut ke kawasan Aleppo, Suriah.

Berakhirnya Perang (1918)  

Perang akhirnya berakhir setelah Kekuatan Sentral yang didalangi Jerman, Asutro-Hunagria dan Kerajaan Ottoman ambruk. Sekutu memenangkan peperangan dengan telak meski kedua kekuatan sama-sama mengalami kekalahan yang sangat besar. Akibat Perang Dunia I ini revolusi besar-besar terjadi di banyak sekali negara. Situasi geopolitik dan ekonomi benar-benar kacau. Kemiskinan dan inflasi membuat banyak negara nyaris ambruk meski di sisi lain perang juga membangkitkan sisi teknologi dan mendorong terbentuknya lembaga perdamaian seperti Liga Bangsa Bangsa.(*)

COMMENTS

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Biografi,9,Islam,1,Jejak,7,Jelajah,1,Komunis,5,Konflik,16,Konspirasi,1,Kota,1,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,45,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Kronologi Perang Dunia I
Kronologi Perang Dunia I
Kronologi Perang Dunia I, Peperangan Parit, Peperangan Lautan, Peperangan Area Selatan, Peperangan Timur, Awal Perseteruan Banyak Negara
https://2.bp.blogspot.com/-yLaRr-41rh0/V0RaJEuzbNI/AAAAAAAAEC4/MhutD0-hAs47xhFgKmw1xYKiXZ5Zy0lGACKgB/s320/reidfile%2Bperang%2Bdunia%2BI.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-yLaRr-41rh0/V0RaJEuzbNI/AAAAAAAAEC4/MhutD0-hAs47xhFgKmw1xYKiXZ5Zy0lGACKgB/s72-c/reidfile%2Bperang%2Bdunia%2BI.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/05/kronologi-perang-dunia-i.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/05/kronologi-perang-dunia-i.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy