Akibat dari Perang Dunia I

Akibat dari Perang Dunia I, Akibat Umum Perang Dunia I, Akibat Khusus Perang Dunia I, Perang Dunia I, Reidfile

Reidfile - Perang Dunia I atau yang sering disebut dengan The Great War berlangsung selama kurang lebih 4 tahun. Peperangan antara kekuatan sekutu (Allied Powers) dan kekuatan sentral (Central Powers) menyebabkan kehancuran yang para di kawasan Eropa. Akibat Perang Dunia I, sektor-sektor penting pun bobrok hingga kerugian besar harus ditanggung oleh banyak sekali negara yang ikut bertarung.

Secara garis besar, Perang Dunia I memberikan efek fatal yang dirasakan negara-negara kawasan Eropa dan dunia. Kawasan Eropa hancur lebur sementara di luar Eropa bergejolak hebat. Berikut uraian selengkapnya tentang akibat dari Perang Dunia I.

Akibat Umum Perang Dunia I  

Akibat umum dirasakan oleh semua negara di dunia baik yang terlibat maupun yang tidak terlibat dan berada di kawasan jauh seperti Asia dan Australia. Selama empat tahun, Perang Dunia I berhasil memengaruhi beberapa sektor penting seperti ekonomi, geopolitik, hingga perkembangan teknologi.

Korban Perang yang Banyak

Perang Dunia I yang terjadi di tahun 1914 memakan banyak korban jiwa baik dari prajurit yang ikut bertempur hingga masyarakat sipil yang tak tahu apa-apa. Kekuatan militer yang dimiliki oleh pihak sekutu mencapai 42 juta pasukan. Sementara itu pihak tengah memiliki kekuatan hingga 25 juta pasukan.

Akibat kekuatan pasukan yang sangat banyak dan didukung peralatan perang yang canggih di zamannya. Korban berjatuhan tak bisa dihindarkan. Setidaknya nyaris 10 juta pasukan gugur di medan perang. Jumlah itu belum ditambahkan dengan korban masyarakat sipil yang kemungkinan juga berjumlah jutaan jiwa.

Perubahan Ekonomi yang Drastis

Secara umum, Eropa mengalami bencana kerugian yang cukup parah akibat Perang Dunia I. Adu kekuatan antara Sekutu dan Tengah membuat kerusakan fisik baik berupa bangunan dan alat perang sangat parah. Eropa mengalami inflasi cukup tajam hingga banyak negara yang mengalami kelesuan ekonomi yang berlanjut-lanjut. Jerman menjadi salah satu negara yang mengalami kerugian parah hingga negara ini nyaris runtuh.

Banyak perusahaan melakukan produksi massal terhadap barangnya dan menggunakan mesin sebagai ganti buruh yang biasanya bekerja. Pada masa ini jam kerja buruh diatur menjadi 8 jam per hari untuk memberikan stimulasi pada ekonomi agar meningkat secara perlahan-lahan.

Perubahan Pemerintahan pada Negara dan Kerajaan

Perang membuat banyak negara mengalami perubahan yang mendasar dalam sistem pemerintahannya. Sebelum Perang Dunia I terjadi, Eropa hanya memiliki 19 monarki dan 3 republik. Beberapa saat setelah perang usai, Eropa memiliki 13 monarki, 14 republik, dan 2 regency. Ada negara yang beralih dari monarki ke republik dan ada juga negara yang pecah menjadi banyak negara baru. Perubahan ini terjadi karena banyak orang ingin memiliki kehidupan yang lebih baik hingga melakukan revolusi.

Keinginan untuk Mendapatkan Perdamaian

Perang Dunia I menyebabkan adanya kehancuran yang parah. Kemiskinan pun akhirnya tumbuh dengan sangat masif hingga banyak orang menuntut adanya perdamaian dan keadilan. Pada masa ini, banyak negara melakukan perjanjian damai dan mengangkat hak-hak yang lebih pada wanita. Setelah perjanjian damai dilakukan di Paris pada tahun 1919 berdirilah Liga Bangsa Bangsa yang merupakan cikal bakal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Perkembangan Teknologi yang Berjalan Cepat

Selain memunculkan adanya organisasi perdamaian dunia seperti LBB, dampak positif lain dari Perang Dunia I adalah percepatan perkembangan teknologi. Negara-negara yang kalah perang seperti Jerman melakukan riset mendalam hingga menciptakan banyak sekali senjata perang seperti tank, kapal selam, senapan, hingga teknologi bom dan nuklir. Revolusi industri pun perlahan terjadi dengan memanfaatkan teknologi yang baru.

Akibat Khusus Perang Dunia I  

Akibat khusus dari perang dunia I dialami oleh beberapa negara besar seperti Jerman, Austria-Hungaria, Kerajaan Ottoman, Rusia, dan Inggris. Negara atau kerajaan tersebut mengalami perubahan besar hingga ada yang mengalami perpecahan.

Jerman

Jerman mengalami banyak sekali kehancuran setelah perang dunia I. Negara ini harus membayar banyak kerugian akibat perang sebesar $132 Miliar. Akibat hal ini, ekonomi Jerman mengalami hyperinflasi dan membuat negara harus mencetak banyak uang. Jerman harus harus mengurangi banyak tentara agar keuangan tidak semakin jeblok. Di tengah bencana yang datang bertubi-tubi, Jerman mampu bangkit dengan teknologi perang seperti tank dan kapal selam.

Austria-Hungaria

Austria-Hungaria akhirnya pecah menjadi beberapa negara seperti Republik Jerman Austria, Republik Demokrasi Hungaria, Czechoslovakia, Polandia, dan Romania. Pembentukan negara baru ini membuat banyak warga terpecah belah dengan keluarganya yang berada di negara baru yang tak bisa didatangi kapan saja. Terlebih negara-negara baru kadang memperlakukan pendatang dengan tidak baik.

Kerajaan Ottoman

Kerajaan Ottoman yang saat ini menjadi negara Turki ambruk setelah berjaya nyaris 7 abad. Kerajaan yang tergabung dengan Kekuatan Sentral ini ambruk setelah terjadi perjanjian Sevres. Sekutu telah mendesain perjanjian agar kerajaan Islam yang besar ini ambruk meski Sultan belum menyetujui perjanjian yang dibuat sepihak oleh sekutu. Setelah Kerajaan Ottoman Ambruk, Turki modern bangkit dan berkembang sampai sekarang.

Rusia

Rusia mengalami bencana besar pascaperang besar ini. Negara ini harus berusaha mempertahankan wilayah-wilayah seperti Lithuania, Latvia, dan Estonia yang menuntut adanya kebebasan untuk menjalankan negaranya sendiri. Selain itu, wilayah-wilayah seperti Armenia, Georgia, dan Azerbaijan juga tidak mau kalah ingin bebas dari cengkeraman Rusia.

Inggris

Inggris mengalami kerugian yang parah setelah Perang Dunia I berakhir. Inflasi di negeri ini sangat besar dan mengakibatkan ekonomi merosot. Negara-negara yang berada di bawah Inggris mulai berontak dan menginginkan kemerdekaannya sendiri. Wilayah jajahan seperti Australia, Kanada, dan Selandia baru mulai berontak untuk mendapatkan kebebasan.(*)

COMMENTS

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Biografi,9,Islam,1,Jejak,7,Jelajah,1,Komunis,5,Konflik,16,Konspirasi,1,Kota,1,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,45,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Akibat dari Perang Dunia I
Akibat dari Perang Dunia I
Akibat dari Perang Dunia I, Akibat Umum Perang Dunia I, Akibat Khusus Perang Dunia I, Perang Dunia I, Reidfile
https://1.bp.blogspot.com/-VMO2juJe5PU/V0m3N3rQ92I/AAAAAAAAEGE/T4HycAgsl3o7SSa5sODj_tqBlkbtlk5OgCLcB/s320/AKIBAT%2BPERANG%2BDUNIA%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VMO2juJe5PU/V0m3N3rQ92I/AAAAAAAAEGE/T4HycAgsl3o7SSa5sODj_tqBlkbtlk5OgCLcB/s72-c/AKIBAT%2BPERANG%2BDUNIA%2B1.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/05/akibat-dari-perang-dunia-i.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/05/akibat-dari-perang-dunia-i.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy