Perang, Dampak Politik Jalan Buntu

Perang, Dampak Politik Jalan Buntu, Blok Sekutu, Perang Dunia 2, Perang Dunia 1. Reidfile

ReidFile - Perang Dunia I (1914-1919 M) yang melibatkan Blok Sekutu yang terdiri dari negara Jepang, Perancis, Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Italia dan Belgia dengan Blok sentral yang meliputi negara Bulgaria, Kesultanan Turki, Austria, Jerman ternyata memunculkan sikap netral Kerajaan Protestan Belanda untuk tidak ikut terlibat perang. Kekuatan yang berbeda antara Blok Sekutu dan Blok Sentral ketika Perang Dunia I dan Perang Dunia II, menimbulkan sebuh pertanyaan “Mengapa terjadi pecah perang antarnegara imperialis barat?”.

Carl Von Clausewitz dalam On War menyatakan bahwa War is a Clash Between Major Inters yang berarti bahwa perang terjadi benturan antar kepentingan utama dan politik merupakan Rahim. Perang dapat terjadi jika terjadi politik jalan buntu, yang semula diawali dari embrio yang sangat kecil, tersembunyi dalam rahim, tumbuh berkembang terus-menerus, dan lahirlah bayi yang besar (pecahlah perang secara terang-terangan).“War as an instrument of politics- perang sebagai instrument politik”, lanjut Carl Von Clausewitz.

Pemaknaan politik pun akhirnya beragam, bahkan kini politik sekan menjadi sebuak momok bagi masyarakat luas yang penuh intrik dan “tipu-tipu”, lalu apa yang dimaksud dengan politik? Carl Von Clausewitz menambahkan bahwa  politics as an objective interest of the government and of the citizens as modified by ambitions, personal interests and vanities- Politik sebagai tujuan dari interest pemerintah dan warga negara yang diubah oleh ambisi-ambisi, kepentingan pribadi dan opini pribadi yang berlebihan.

Negara-negara yang terlibat perang, bisa dipastikan memiliki kepentingan tertentu, sehingga terbentuknya kedua blok ketika Perang Dunia I maupun  Perang Dunia II telah diiikat dengan kesamaan atau perbedaan kepentingan sehingga kepentingan tersebut menentukan siapa lawan dan siapa kawan. Dalam politik pun berlaku hukum adagium- there is no permanent friend and enemy, but there is permanent interest. Adanya adagium dibuktikan dalam Perang Dunia I, misalnya upaya Jepang untuk memperoleh tanah jajahan Jerman di Samudera Pasifik, maka ia berpihak ke Blok Sekutu, sebaliknya pada Perang Dunia II, Jepang justru bersatu dengan Axis Pact-Jerman.

Perilaku yang sama juga ditunjukkan oleh Austria pada Perang Dunia I, bersekongkol dengan Jerman, namun berlawanan ketika Perang Dunia II karena Jerman telah berhasil menguasainya. Kesultanan Turki yang pada Perang Dunia I juga memihak kepada Kekaisaran Jerman dan di Perang Dunia II justru berda dalam tubuh Sekutu dengan diikuti perubahan sistem pemerintahan dari Kekhalifahan Turki menjadi Republik Sekuler Turki.

Perubahan sistem pemerintahan Kesultanan Turki menjadi sejarah tersendiri bagi perkembangan dan kekuatan islam di dunia. Pada awal abad ke 20, negara-negara di Eropa mengalami perkembangan dalam bidang teknologi industri dan militer. Khalifah Ahmad III (1703-1730) yang menyadari hal itu, memerintahkan Ottoman  untuk mendatangkan ahli militer dari Eropa dalam rangka melakukan  pembaharuan militer dalam kerajaan ( misalnya tahun 1717 M, seorang perwira Prancis bernama De Rochefort, mengembangkan Korp Artileri dan mendalami ilmu militer modern, kemudian tahun 1729 Ottoman mendatangkan Comte de Bonneval, yang mengajarkan cara menggunakan Meriam).

Kekhalifahan Turki Usmani yang merupakan tonggak kekuatan islam sebenarnya memiliki kekuatan yang cukup besar pada saat Perang Dunia I, terbukti meskipun berada dalam kemunduran setelah bertahan selama ratusan tahun namun kuantitas militer yang dimiliki Turki Utsmani  cukup besar. Turki Ustmani merupakan kekuatan yang cukup disegani dengan memiliki pasukan “Royal Jannisery” yang terkenal handal dan kuat. Turki Utsmani pun terlibat dalam Perang Dunia I atas bujukan Jerman yang khawatir Turki Utsmani akan bergabung dengan blok sekutu, selain itu Turki secara kebetulan juga memiliki hubungan yang kurang baik dengan salah satu anggota blok sekutu, yaitu Rusia.

Hubungan kurang baik ini disebabkan oleh Perjanjian San Stefano dan Perjanjian Berlin yang akhirnya membuat Turki Ustmani bergabung dengan  Poros Utama Jerman, Austro- Hungaria, Bulgaria. Setelah Perang Dunia I berakhir  dengan kekalahan blok Jerman, Autro-Hungaria, Bulgaaria, Ottoamn, akhirnya berakhir pulalah sistem pemerintahan Islam yang menggunakan kekhalifahan. Negara-negara yang sebelumnya bergabung dengan Ottoman akhirnya mendirikan Nasional sendiri karena taktik Lawrene of Arabia dari Inggris, menyebabkan Nasional menjadi lebih dipentingkan dibanding agama.

Negara-negara tersebut di antaranya Tunisia, Aljazir, dan Syiria di Timur Tengah atau Pakistan, Afganistan, Palestina di Asia. Semua terpecah menjadi negara-negara kecil sendiri. Turki sendiri kemudian menjadi sebuah negara sekuler dibawah pemerintahan Mustafa Kemal Attaturk, Turki Modern. Graham A Fowler dalam bukunya “ Republik Turki yang Baru” berpandangan bahwa Musthafa Kemal Attarturk telah memutus semua yang berkaitan dengan Republik Turki yang notabenenya lahir ndi wilayah Timur Tengah terutama Arab yang islami dan menjadikan negara barat dan Eropa menjadi percontohan.

Attarturk berupaya mengikis akar negara Turki yang Islami dan menanamkan impian Eropa pada otak generasi muda Turki yang menjadikan empat generasi Turki berikutnya meyakini bakwa Turki bukanlah negara Timur Tengah. Perpolitikan Turki seiring dengan berjalannya waktu mengalami perubahan. Saat ini, Turki telah menjadi negara demokrasi dengan hadirnya pemerintahan Erdogan pada kemenangan pemilu tahun 2007. Erdogan yang memiliki nama lengkap Recep Tayyep Erdogan, telah melakukan reformasi secara fundamental.

Erdogan menunjukkan kepada dunia mengenai wajah baru Turki yang islami namun masih tetap membuka diri terhadap negara lain. Perubahan yang yang terjadi pada Turki sekarang menurut Fowler bahwa Turki sekarang menganggap Amerika sebagai penyebab utama ketidakstabilan di Timur Tengah. Tantangan pemerintahan Erdogan pun tiada henti, salah satunya mengenai hal yang dilakukan oleh kelompok sekuleris demokrasi yang melarang Suku Kurdi untuk berbicara menggunakan Bahasa mereka, Erdogan telah membukakan pintu bagi Suku Kurdi untuk menghidupkan kembali warisan leluhur mereka dan membebaskan Abdulla Eljan dari tempat pengasingan (Taghian,2011).

Hal baru yang amat penting dalam perpolitikan Turki adalah adanya kerelaan semua pihak dengan bergabungnya Turki ke dalam persatuan Uni Eropa. Kerelaan tersebut muncul seiring dengan meredanya perselisihan antar negara Uni Eropa yang berkenaan dengan keanggotaan Turki dalam Uni Eropa. Perpolitikan Turki kini juga terus mengalami pergolakan dengan negara-negara Uni Eropa yang lainnya karena faktor politik kepentingan. Itulah bukti bahwa perang merupakan dampak dari buntunya politik. (Sandy Kun)

COMMENTS

$hide=home

$show=/p/contact.html

Name

Email *

Message *

$type=three$author=hide$com=0$rm=hide$c=6$d=0$sn=0$show=404

Name

Api Sejarah,12,Biografi,17,Islam,6,Jejak,10,Jelajah,6,Komunis,5,Konflik,18,Konspirasi,1,Kota,3,Perang Dunia I,5,Perang Dunia II,5,Sejarah,60,Terpilih,18,Tragedi,3,
ltr
item
Reidfile: Perang, Dampak Politik Jalan Buntu
Perang, Dampak Politik Jalan Buntu
Perang, Dampak Politik Jalan Buntu, Blok Sekutu, Perang Dunia 2, Perang Dunia 1. Reidfile
https://1.bp.blogspot.com/-VLo8pBpxLxg/WZwrRIm5tpI/AAAAAAAAABc/-TQOskNtFZwY16jKTBDQeS5vjfk7IP0KgCLcBGAs/s320/2509_510.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VLo8pBpxLxg/WZwrRIm5tpI/AAAAAAAAABc/-TQOskNtFZwY16jKTBDQeS5vjfk7IP0KgCLcBGAs/s72-c/2509_510.jpg
Reidfile
http://www.reidfile.com/2016/04/peran-ulama-dalam-pembangunan_15.html
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/
http://www.reidfile.com/2016/04/peran-ulama-dalam-pembangunan_15.html
true
4280540735251631184
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy